Comscore Tracker

Ditanya Nasib Gaji ke-13 ASN, Ini Kata Menkeu Sri Mulyani

Ditunggu ya..

Jakarta, IDN Times - Aparatur Sipil Negara (ASN) menunggu kepastian pencairan gaji ke-13 mereka tahun ini. Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, pemerintah masih melakukan evaluasi pencairan gaji ke-13.

"Terkait gaji ke-13, kita akan melakukan evaluasi bagaimana menggunakan anggaran negara sebaik mungkin. Kita akan lihat gaji ke-13 nanti," ujarnya dalam video conference APBN Kita, Senin (20/7/2020).

1. Gaji ke-13 berpedoman pada PP nomor 35 tahun 2019

Ditanya Nasib Gaji ke-13 ASN, Ini Kata Menkeu Sri Mulyaniilustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Pencairan gaji ke-13 untuk ASN berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 35 Tahun 2019, tentang Perubahan Ketiga Atas PP nomor 19 tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Insentif diberikan kepada ASN hingga anggota Polri terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja (tukin). Sedangkan pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupa pensiunan pokok, dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan. Jumlah gaji ke-13 PNS yang diterima sebesar gaji yang diterima sebelumnya.

Baca Juga: Gaji ke-13 Belum Turun, Ini Besaran Upah PNS Berdasarkan Golongannya

2. Besaran gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok hingga tunjangan melekat

Ditanya Nasib Gaji ke-13 ASN, Ini Kata Menkeu Sri MulyaniIlustrasi uang (IDN Times/Mela Hapsari)

Gaji ke-13 merupakan tambahan bagi ASN. PP yang diteken Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 6 Mei 2019, disebutkan jika ASN, TNI, Polri, dan pejabat lainnya, mendapat gaji ke-13 sebesar penghasilan pada Juni.

Besaran gaji tambahan ini termasuk dalam beberapa komponen antara lain gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan melekat. Tunjangan melekat yang dimaksud adalah tunjangan suami atau istri, tunjangan anak, tunjangan beras, tunjangan jabatan, tunjangan makan, dan tunjangan lainnya.

3. Pensiunan juga menerima gaji ke-13

Ditanya Nasib Gaji ke-13 ASN, Ini Kata Menkeu Sri MulyaniIlustrasi dompet dan keuangan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Selain ASN, pensiunan juga dipastikan menerima gaji ke-13 berupa pensiun pokok, tunjangan keluarga dan atau tunjangan tambahan penghasilan. Sedangkan penerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.

Besaran gaji ASN juga termaktub dalam PP nomor 15 tahun 2019, tentang Perubahan Kedelapan Belas atas PP nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Sedangkan besaran gaji atau penghasilan akan berbeda menyesuaikan tiap golongan.

Baca Juga: THR Sudah Cair, Bagaimana Nasib Gaji ke-13 PNS?

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya