Bocoran Erick Thohir soal Harga Vaksin COVID-19 untuk Peserta Mandiri

Mudah-mudahan nggak mahal ya

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah menyiapkan vaksin virus corona untuk masyarakat Indonesia. Nantinya, ada masyarakat yang akan mendapat bantuan dari pemerintah berupa imunisasi vaksin gratis dan ada yang harus membayar secara pribadi (mandiri).

Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, mengungkapkan harga vaksin untuk virus corona belum bisa dipastikan. Sebab, harga vaksin yang diperoleh Indonesia dari sejumlah negara berbeda-beda nilainya.

"Mengenai harga, harga itu dinamika tinggi tergantung masing-masing penjual. Yang menetapkan bukan saya, tapi penjualnya. Itu kenapa vaksin harus kita buat. Supaya kalau negara lain mau beli kita yang menetapkan harga," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/9/2020).

1. Meski harga vaksin berbeda, namun kualitas dijamin sama

Bocoran Erick Thohir soal Harga Vaksin COVID-19 untuk Peserta MandiriIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Erick menjelaskan, harga vaksin dari setiap negara berbeda-beda. Namun, dia memastikan bahwa kualitas vaksin dari semua negara sama lantaran telah dilakukan uji klinis yang ketiga.

"Kalau ditanya vaksin titik-titik kenapa US$5 (Rp74.135 ribu), US$8, US$20. Ya itu (tergantung) penjualnya. Kalau kualitas tidak berpengaruh. Kenapa (beda harga)? Mungkin cara menemukan lebih mahal. kapasitas produksi lebih sedikit. Macam-macam dinamikannya. Oleh karena itu vaksin merah putih harus kita lakukan," jelas dia.

Baca Juga: Erick Thohir: 93 Juta Masyarakat Dapat Vaksin COVID-19 Gratis

2. Pemerintah jamin tak ada diskriminasi vaksin untuk penerima bantuan maupun mandiri

Bocoran Erick Thohir soal Harga Vaksin COVID-19 untuk Peserta MandiriIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Pria yang juga Menteri BUMN ini memastikan bahwa tidak ada diskriminasi kualitas vaksin terhadap masyarakat yang menerima bantuan dari pemerintah maupun peserta mandiri. Erick menjamin seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksin dengan kualitas terbaik.

"Apakah tadi yang kita namakan menjadi bantuan (vaksin) dari pemerintah, menghitung.. oh nanti vaksin yang digratisakan itu paling murah. Enggak juga! Negara dipastikan hadir untuk rakyat," tegas dia.

3. Para pengusaha akan jadi prioritas peserta mandiri

Bocoran Erick Thohir soal Harga Vaksin COVID-19 untuk Peserta MandiriIDN Times/ Istimewa

Perihal peserta mandiri, Erick telah melakukan komunikasi dengan para pengusaha. Dirinya telah meminta para pelaku usaha untuk menjadi bagian dari peserta vaksin corona mandiri.

"Saya minta para pengusaha tadi menjadi bagian yang mandiri," ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Harga Vaksin COVID-19 Dibanderol hingga Rp438 Ribu

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya