Comscore Tracker

Erick Thohir Ungkap Golongan Peserta Mandiri Vaksin COVID-19

Mudah-mudahan nggak mahal ya

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menyiapkan vaksin COVID-19 untuk masyarakat. Meski ada masyarakat yang mendapat bantuan dari pemerintah berupa imunisasi vaksin gratis, tapi ada juga anggota masyarakat yang harus membayar secara pribadi (mandiri).

Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir mengungkapkan, harga vaksin untuk virus corona belum bisa dipastikan. Sebab harga vaksin yang diperoleh Indonesia dari sejumlah negara berbeda-beda nilainya.

"Mengenai harga itu dinamika, tinggi tergantung masing-masing penjual. Yang menetapkan bukan saya, tapi penjualnya. Itu kenapa vaksin harus kita buat. Supaya kalau negara lain mau beli, kita yang menetapkan harga," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/9/2020).

1. Kualitas vaksin bakal sama meski harga berbeda

Erick Thohir Ungkap Golongan Peserta Mandiri Vaksin COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Erick menjelaskan, harga vaksin dari setiap negara bakal berbeda-beda. Namun dirinya memastikan, kualitas vaksin dari semua negara itu bakal sama karena sudah diuji klinis yang ketiga.

"Kalau ditanya vaksin titik-titik kenapa US$5 (Rp74.135 ribu), US$8, US$20. Ya itu (tergantung) penjualnya. Kalau kualitas tidak berpengaruh. Kenapa (beda harga)? Mungkin cara menemukan lebih mahal. kapasitas produksi lebih sedikit. Macam-macam dinamikannya. Oleh karena itu vaksin merah putih harus kita lakukan," jelas dia.

Baca Juga: Erick Thohir: 93 Juta Masyarakat Dapat Vaksin COVID-19 Gratis

2. Pemerintah jamin tak ada diskriminasi vaksin untuk penerima bantuan maupun mandiri

Erick Thohir Ungkap Golongan Peserta Mandiri Vaksin COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Erick yang juga Menteri BUMN ini memastikan, tak ada diskriminasi kualitas vaksin terhadap masyarakat yang menerima bantuan dari pemerintah, maupun peserta mandiri. Erick menjamin seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksin dengan kualitas terbaik.

"Apakah tadi yang kita namakan menjadi bantuan (vaksin) dari pemerintah, menghitung.. oh nanti vaksin yang digratisakan itu paling murah. Enggak juga! Negara dipastikan hadir untuk rakyat," tegas dia.

3. Para pengusaha akan jadi prioritas peserta mandiri

Erick Thohir Ungkap Golongan Peserta Mandiri Vaksin COVID-19IDN Times/ Istimewa

Perihal peserta mandiri, Erick mengaku sudah berkomunikasi dengan para pengusaha. Dirinya meminta para pelaku usaha menjadi bagian dari peserta vaksin corona mandiri.

"Saya minta para pengusaha tadi menjadi bagian yang mandiri," ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Harga Vaksin COVID-19 Dibanderol hingga Rp438 Ribu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya