Polisi Bandung Beri Miras pada Warga Papua karena Hubungan Emosional

Oknum polisi sama-sama berasal dari Indonesia Timur

Bandung, IDN Times – Hari ini, Jumat (23/8), Polisi Daerah (Polda) Jabar menggelar jumpa pers terkait dengan anggota mereka yang ketahuan mengirim dua kardus minuman keras ke Asrama Mahasiswa Papua, kemarin.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jabar, Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko, membenarkan bahwa Komisaris Sarce Christianty, polisi wanita yang diduga mengirim dua kardus miras, merupakan anggotanya.

1. Sarce punya kesamaan emosional dengan mahasiswa Papua

Polisi Bandung Beri Miras pada Warga Papua karena Hubungan EmosionalANTARA FOTO/Novrian Arbi

Menurut Trunoyudo, peristiwa pengiriman dua kardus miras bermerek Topi Koboi tersebut merupakan inisiatif dari Sarce. Sang polwan, yang sama-sama merupakan perantau, dinilai punya hubungan emosional dengan mahasiswa Papua di Bandung.

“Kompol Sarce ada kesamaan rantauan dari (Indonesia) timur, jadi punya hubungan emosional yang sudah dibangun sejak saudari Sarce dinas di Jawa Barat, tepatnya di Bandung,” tutur Trunoyudo, kepada wartawan di Markas Polda Jabar, Kota Bandung, Jumat (23/8).

“Jadi, kami ingin menyampaikan, bahwa ini adalah bersifat pribadi. Hubungan emosional saudari Sarce pada warga Papua.”

2. Kompol Sarce tengah diperiksa

Polisi Bandung Beri Miras pada Warga Papua karena Hubungan EmosionalPikiran Merdeka

Saat ini, kata Trunoyudo, Sarce sendiri tengah diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Propam) Polda Jabar terkait kasus tersebut. Pemeriksaan sudah dilakukan sejak Kamis (22/8) malam.

“Yang bersangkutan saat ini sudah jadi terperiksa internal. Mari kita lihat sejauh mana prosesnya, karena saat ini kita harus melihat fakta-fakta lain di lapangan,” ujar Trunoyudo.

3. Polda Jabar menjamin warga Papua di Bandung aman

Polisi Bandung Beri Miras pada Warga Papua karena Hubungan EmosionalIDN Times/Galih Persiana

Trunoyudo memastikan bahwa tindakan Sarce kemarin merupakan inisiatif pribadi. Pasalnya, Polda Jabar sendiri justru berkomitmen untuk menjamin keamanan para mahasiswa Papua dan Papua Barat.

“Artinya, agar kita di Jawa Barat ini guyub. Kita bersatu,” tuturnya.

4. Akan diberi sanksi tegas bila terbukti

Polisi Bandung Beri Miras pada Warga Papua karena Hubungan EmosionalIDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, Komisaris Besar Irman Sugema, Kepala Polisi Resor Kota Besar Bandung, tengah menunggu hasil dari pemeriksaan Propam Polda Jabar. “Kami baru akan menindaklanjuti bila yang bersangkutan terbukti melanggar. Kami akan berikan sanksi tegas,” kata dia.

Sarce sendiri, kata Irman, merupakan anggotanya yang berdinas di Polisi Sektor Sukajadi.

Baca Juga: Polda Jabar Periksa Polisi yang Kirimkan Miras untuk Mahasiswa Papua

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya