Comscore Tracker

Bahas Natuna, Menhan Prabowo dan Komisi I Gelar Rapat Tertutup 

Selain Prabowo, sejumlah menteri terkait juga hadir

Jakarta, IDN Times - Komisi I DPR RI menggelar rapat dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (20/1).

Rapat dilakukan secara tertutup, pewarta dilarang melakukan peliputan di dalam ruang rapat Komisi I.

1. Prabowo tiba di ruang rapat Komisi I sekitar pukul 10.05 WIB

Bahas Natuna, Menhan Prabowo dan Komisi I Gelar Rapat Tertutup Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Pantauan IDN Times di lokasi, Prabowo datang sekitar pukul 10.05 WIB dengan mengenakan setelan jas berwarna putih didampingi dengan sejumlah ajudannya.

Sebelum masuk ke ruang sidang, Prabowo sempat menyapa awak media dengan senyum sambil melambaikan tangannya.

Baca Juga: Dianggap Lembek Urus Natuna, Prabowo: Gak Apa-apa, Silakan Saja Bicara

2. Agenda utama rapat mengenai kisruh Natuna

Bahas Natuna, Menhan Prabowo dan Komisi I Gelar Rapat Tertutup Kapal Coast Guard China-5202 membayangi KRI Usman Harun-359 saat melaksanakan patroli mendekati kapal nelayan pukat China yang melakukan penangkapan ikan di ZEE Indonesia, utara Pulau Natuna. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Saat ditanya mengenai materi rapat, Prabowo menjawab salah satu agenda utamanya adalah mengenai kisruh di laut Natuna beberapa waktu yang lalu.

“Materinya tentang.. saya kira banyak, beberapa masalah. Saya kira pasti dibicarakan mungkin Natuna, pembangunan kekuatan, beberapa masalah tapi dengan menteri-menteri lain kan,” kata Prabowo sebelum memasuki ruang sidang Komisi I.

3. Komisi I juga memanggil Menteri Luar Negeri dan Panglima TNI soal Natuna

Bahas Natuna, Menhan Prabowo dan Komisi I Gelar Rapat Tertutup Presiden Joko Widodo berada di geladak heli KRI Usman Harun 359 saat kunjungan kerja di Faslabuh Lanal Ranai, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, pada 8 Januari 2020. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meninjau kesiapan KRI tambahan yang akan bergabung untuk melakukan operasi pengendalian wilayah laut, khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara. ANTARA FOTO/HO/Dispen Koarmada

Selain rapat bersama Menhan, Komisi I juga memanggil Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Badan Keamanan Negara (Bakamla), serta menteri luar negeri Retno Marsudi. Namun Retno berhalangan hadir dan diwakilkan oleh Wamenlu Mahendra Siregar.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Tanggapi Isu Kapal Asing di Natuna, Prabowo: Jangan Panas-panasin Ya

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya