Comscore Tracker

Hasil Tes Pasar Kebon Semai Sekip, 3 Orang Reaktif Rapid COVID-19

Pengawasan tracing pihak yang telah kontak fisik

Palembang, IDN Times - Tiga orang warga Sekip dinyatakan reaktif COVID-19 setelah mengikuti tes rapid, Selasa (26/5). Mereka terindikasi kontak langsung dengan pedagang pasar Kebon Semai Sekip suspect COVID-19 yang meninggal beberapa hari lalu.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) dari Dinas Kesehatan Palembang, Yudhi Setiawan menerangkan, pihaknya sudah melaksanakan uji rapid kepada 34 orang dan swab untuk 20 orang lainnya.

"Untuk hari ini yang reaktif ada tiga orang. Dua orang yang terjadwal rapid kedua kontak dengan PDP di RS Hermina. Sedangkan satu orang kontak dengan pasien positif," kata Yudhi.

1. Salah satu orang reaktif rapid test COVID-19 adalah tukang pijat NY

Hasil Tes Pasar Kebon Semai Sekip, 3 Orang Reaktif Rapid COVID-19Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Direktur Utama Perusahaan Dagang (Dirut PD) Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal menambahkan, hasil rapid test di Puskesmas Kebon Semai menyatakan bahwa orang yang sempat kontak dengan NY hasilnya reaktif.

"Hari ini ada pedagang dan pengelola jalani rapid test termasuk tukang pijat yang juga sempat kontak dengan NY yang meninggal suspect COVID-19. Hasilnya tukang pijat reaktif rapid test COVID-19,” katanya kepada IDN Times.

Baca Juga: Harnojoyo Evaluasi Pasar Pasca Pedagang Suspect COVID-19 Meninggal

2. Rapid test terus dilakukan hingga Jumat, 29 Mei 2020

Hasil Tes Pasar Kebon Semai Sekip, 3 Orang Reaktif Rapid COVID-19Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Pengelola pasar berencana terus melanjutkan rapid hingga Jumat, 29 Mei mendatang. Setiap hari ditargetkan 30 orang pedagang dan warga mengikuti tes tersebut. Namun orang yang kontak langsung dengan NY menjadi prioritas pemeriksaan.

Selama pemeriksaan dan hasil swab dari laboratorium belum keluar, pengelola pasar Kebon Semai Sekip belum menjalankan aktivitas jual dan beli seperti sedia kala. Pengelola menyebut akan tetap menutup pasar hingga 10 hari ke depan.

3. Keluarga terdekat menjadi ODP

Hasil Tes Pasar Kebon Semai Sekip, 3 Orang Reaktif Rapid COVID-19Wali Kota Palembang Harnojoyo. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo menyampaikan, pihaknya bakal melakukan penelusuran keluarga dan orang-orang yang telah kontak fisik dengan NY, mendiang pedagang buah di pasar Kebon Semai yang suspect COVID-19.

"Sebelum ada (kejadian pedagang suspect COVID-19), kita sampaikan kepada pedagang utamakan pakai masker. Tetapi sebagian dari mereka belum memahami protokol ini. Nanti kita tracing keluarga yang otomatis ODP," katanya usai memantau Posko Check Point di Dekranasda Palembang, Selasa (26/5).

Baca Juga: Gubernur Sumsel Sebut New Normal Terobosan Jokowi Bakal Genjot Ekonomi

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya