Hari Ini Pemerintah Resmikan Palapa Ring di Istana Negara

Sudah ada 18 perusahaan yang tertarik uji coba Palapa Ring

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan peresmian Palapa Ring akan dilakukan pada hari ini, Senin (14/10).

"Saya dapat undangan untuk peresmian peluncuran Palapa Ring, karena kan yang Timur, Agustus kemarin sudah selesai," ujar Rudiantara ditemui usai temu media "Kick Off Piala Presiden Esport 2020" di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/10).

1. Akan ada telekonferensi dari berbagai tempat

Hari Ini Pemerintah Resmikan Palapa Ring di Istana NegaraANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Rudiantara mengatakan, acara undangan Menteri Sekretariat Negara itu akan digelar di Istana Negara pukul 10.00 WIB. Dalam acara tersebut, telekonferensi akan dilakukan untuk menjajal jaringan.

"Rencananya ada (conference) dari berbagai tempat, dari barat, dari timur, dari tengah," katanya.

Baca Juga: Rudiantara: Ada 20 Negara Sebarkan Konten Hoaks Saat Rusuh di Papua 

2. 18 perusahaan yang telah mengajukan permintaan uji coba

Hari Ini Pemerintah Resmikan Palapa Ring di Istana NegaraUnsplash/SpaceX

Pembangunan Palapa Ring Timur telah selesai pada Agustus 2019. Saat ini, menurut Rudiantara, terdapat 18 perusahaan yang telah mengajukan permintaan uji coba.

Rudiantara mengatakan dua dari 18 perusahaan tersebut sedang melakukan uji coba jaringan, yakni Telkom dan Primacom.

"Uji coba sampai November, tiga bulan. Palapa Ring itu seperti jalan tolnya, backbone-nya. Nanti ada yang bangun aksesnya, ya operator-operator. Ada juga penyelenggara jasa internet," ujar Rudiantara.

3. Dijuluki tol langit

Hari Ini Pemerintah Resmikan Palapa Ring di Istana NegaraIDN Times/Irfan Fathurohman

Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Belakangan, proyek ini dijuluki tol langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.

Palapa Ring yang terbagi ke dalam tiga segmen, yaitu Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur sudah dibangun konstruksinya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas dan Informasi (Bakti).

Baca Juga: Proyek Palapa Ring akan Dorong Industri Manufaktur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya