Comscore Tracker

Miris, 3 Kakak Beradik Jatuh Pingsan di Pinggir Jalan Diduga Kelaparan

Jika ada anak jalanan sapa dan tanya sudah makan belum?

Jakarta, IDN Times - Tiga anak kecil ditemukan warga jatuh pingsan di Jalan Mitra Batik, Tasikmalaya, Jawa Barat. Ketiganya diduga jatuh pingsan karena kelaparan dan kelelahan. Peristiwa diketahui dari video yang viral di media sosial (medsos). Dalam video itu, ketiga bocah pingsan di samping gerobak miliknya.

Lewat akun Facebook bernama Yuni Rusmini, tiga anak yang merupakan kakak beradik ini pingsan karena kelelahan dan juga kelaparan di tengah pandemik COVID-19.

"TIGA ORANG ANAK ditemukan polisi kondisi TERKAPAR pingsan DI PINGGIR JALAN TASIKMALAYA," tulis akun Yuni Rusmini seperti dilansir IDN Times, Jumat (4/9/2020).

1. Mereka diduga kelelahan dan kelaparan

Miris, 3 Kakak Beradik Jatuh Pingsan di Pinggir Jalan Diduga KelaparanAnak-anak menjadi manusia silver di tengah pandemik di Jalan Raya Caman, Rabu (12/8/2020) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Yuni menceritakan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (27/8/2020) malam. Warga menemukan tiga bocah yang pingsan itu dekat gerobak mereka. Melihat kondisi ketiganya, warga spontan memberi bantuan.Bahkan setelah sadar dan siuman, ketiganya diberikan makanan cepat saji oleh polisi yang menolong.

"Mereka diduga ditelantarkan orang tuanya. Dari hasil interogasi, mereka katanya kelelahan dan kelaparan saat berhenti di Mitra Batik tidak kuat dan pingsan," tulisnya.

Baca Juga: Bocah 5 Tahun di Palembang Ditabrak Truk Tangki dan Terseret 200 Meter

2. Minta warga peduli sekitar

Miris, 3 Kakak Beradik Jatuh Pingsan di Pinggir Jalan Diduga KelaparanSeorang pengepul yang ada di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat pada Rabu, (5/8/2020) (IDN Times/Aldila Muharma)

Yuni pun meminta netizen agar peka terhadap lingkungan sekitar, lalu menyisihkan rezeki bagi mereka yang kekurangan.

"Klu sdh begini siapa yg salah?, Kita ketemu atau gk sengaja berpapasan dgn anak" yg hidup di jalanan . Tolong setidaknya Sapa Dan Tanya sdh makan blm , bila blm sisihkan rejeki utknya ya luuur lgsg belikan makanan suruh lgsg di makan. Insa Allah berkah," tulis akun Yuni.

3. Netizen minta pemerintah peduli, sebab dalam UU disebut anak terlantar dipelihara oleh negara

Miris, 3 Kakak Beradik Jatuh Pingsan di Pinggir Jalan Diduga KelaparanInstagram.com/ridwankamil

Video itu membuat netizen sedih, hingga meminta pemerintah memperhatikan. Kejadian tersebut dianggap netizen cukup tragis, padahal di dalam Undang-Undang jelas mengatur anak-anak terlantar yang dipelihara oleh negara.

"Kondisi ini seolah tidak tersentuh atau mungkin tidak dipedulikan oleh pemerintah, tragis padahal jelas anak terlantar dipelihara negara," tulis seorang netizen di kolom komentar.

Sementara netizen lainnya meminta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membaca berita tersebut. "@kpai ini dibaca beritanya jgn bahas anjay mllu," tulis netizen itu.

Baca Juga: 1.147 Orang Terlantar dan Korban PHK Akibat COVID-19 Ditampung di GOR

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya