Comscore Tracker

Catat, Pengaduan Bansos untuk Warga Terdampak COVID-19 di Sini

Pengaduan bisa melalui What'sApp dan surel

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) menerima pengaduan masyarakat terkait bantuan sosial atau bansos, dari warga terdampak COVID-19. Bantuan melalui pusat layanan What'sAapp bisa diakses ke nomor 08111022210, atau surel melalui bansoscovid19@kemsos.go.id.

Sekretaris Jenderal Kemensos, Hartono Laras, pembukaan layanan pengaduan masyarakat tentang bansos sejalan dengan Surat Edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (SE KPK) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan data non-DTKS dalam Pemberian Bantuan Sosial kepada Masyarakat. SE yang dikeluarkan pada 21 April 2020.

"Layanan pengaduan bantuan memudahkan akses masyarakat agar bisa menyampaikan, merespons, menjawab dan mencarikan solusinya," paparnya dalam YouTube channel Kemensos, Selasa (28/4).

1. Kemensos akan tambah nomor pengaduan

Catat, Pengaduan Bansos untuk Warga Terdampak COVID-19 di SiniBansos Sembako (Dok. Kemensos)

IDN Times mencoba layanan nomor pengaduan bansos di WhatsApp nomor 08111022210, namun nomor tersebut belum merespons dan pesan pun hanya centang satu yang artinya tidak aktif.

Hartono mengakui bahwa sejak diumumkan Menteri Sosial, Juliari P Batubara di acara Mata Najwa, terjadi lonjakan pengaduan. "Akan segera diperbaiki dan kami akan menambahkan nomor pengaduan," imbuhnya.

Baca Juga: Penerima Bansos di Sumsel Bertambah, 132.110 KK Terdampak COVID-19

2. Layanan surel bansoscovid19@kemsos.go.id tidak melayani tanya jawab

Catat, Pengaduan Bansos untuk Warga Terdampak COVID-19 di SiniKemensos Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Tangerang, Sabtu ( 25/4)/ dok Kemensos

Sebaliknya, saat IDN Times mengirimkan aduan melalui surel bansoscovid19@kemsos.go.id, langsung mendapat balasan cukup lengkap terkait informasi bansos.

"Terima kasih telah menghubungi Layanan BANSOS COVID-19. Pemerintah memberikan Perlindungan Sosial kepada masyarakat miskin dan rentan yang terdampak Covid-19. Melalui Bantuan Sosial diharapkan kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi selama masa pandemi. Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak, dapat mencari informasi ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat atau mengunjungi website https://cekbansos.siks.kemsos.go.id," demikian isi surel tersebut.

Hanya saja surel tersebut tidak melayani tanya jawab.

3. Kemensos bagi dua tipe bansos

Catat, Pengaduan Bansos untuk Warga Terdampak COVID-19 di SiniMensos Temui Warga, Cek Langsung Penyaluran Bansos Sembako (Dok. Kemensos)

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari Batu Bara menambahkan, sesuai arahan Presiden Jokowi maka Kemensos sudah menyalurkan sejumlah bantuan yang dikelola.

"Kami bagi dua, antara lain bansos reguler seperti PKH dan kartu sembako. Sudah berjalan sangat lancar dengan perluasan menjadi 10 juta keluarga untuk PKH dan 20 juta keluarga untuk yang program kartu sembako. Itu sudah on going dengan daerah masing-masing," ujarnya dalam teleconference usai ratas, Senin (28/4).

4. Belum semua daerah dapatkan bansos tunai

Catat, Pengaduan Bansos untuk Warga Terdampak COVID-19 di Sini(Ilustrasi bantuan uang tunai) Dok. IDN Times

Juliari menjelaskan, program tambahan dari Kemensos yakni bansos yang dirancang khusus untuk penanggulangan COVID-19.

"Kami sudah sudah memulai sekitar 1 minggu ini untuk yang program bansos sembako Jabodetabek dan program bansos tunai untuk di luar Jabodetabek," imbuhnya.

Sedangkan bansos tunai sudah berkala dilakukan Kemensos, namun masih banyak daerah yang belum mendapatkan karena data-data yang dilakukan dengan hati-hati.

"Apabila kami nanti mengirimkan uang, salah, tentunya nanti terjadi permasalahan di lapangan yang tidak kami inginkan, dan pemda tidak inginkan," ujarnya.

Baca Juga: Mensos: Ada Masalah Bansos Bicarakan Baik-baik, Bukan Unggah di Medsos

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya