Comscore Tracker

Hari Anak Nasional, Tiap Anak Indonesia Wajib Merasakan Kebahagiaan

Seluruh anak Indonesia harus merasakan kegembiraan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA),
Bintang Puspayoga, menyebut perayaan Hari Anak Nasional tahun berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab Hari Anak Nasional kali ini diperingati saat pandemik COVID-19.

”Hari ini adalah hari kalian anak-anakku, jadi hari ini seluruh anak Indonesia harus merasakan kegembiraan, dan kebahagiaan, meski kita tahu saat ini situasi pandemik COVID-19 melanda seluruh dunia," ujar Bintang di puncak Hari Anak Nasional secara virtual, Kamis (23/7/2020).

1. Berbagai persoalan anak muncul akibat pandemik

Hari Anak Nasional, Tiap Anak Indonesia Wajib Merasakan KebahagiaanRapid test di Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai (Dok.IDN Times/Humas Bandara Ngurah Rai)

Bintang mengakui, anak-anak Indonesia mengalami berbagai persoalan akibat pandemik. Seperti pengasuhan bagi anak dengan orangtuanya positif COVID-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar selama pandemik akibat kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

"Bagi anak-anak Indonesia yang bunda sayangi, semoga kalian semua tetap sehat dan optimistis ya. Perubahan yang terjadi sejak pandemik COVID-19 melanda negeri kita, membuat tahun ini bukanlah tahun yang mudah untuk kalian semua, khususnya dalam menjalankan proses belajar," ujarnya.

2. Anak-anak harus belajar di rumah dan tidak bisa bertemu teman sekolah

Hari Anak Nasional, Tiap Anak Indonesia Wajib Merasakan KebahagiaanIlustrasi belajar dari rumah (Istimewa)

Bintang mengatakan, kebijakan belajar di rumah membuat anak-anak tak bisa mendatangi sekolah dan bertemu teman-teman atau gurunya. Bahkan mereka tak diizinkan bermain di luar rumah.

"Namun, ingatlah bahwa kalian tidak sendiri. Teman-teman, bapak dan ibu guru di sekolah, serta orangtua kalian juga merasakan hal sama. Berjuang bersama dengan beradaptasi pada kebiasaan baru," terangnya.

Baca Juga: Astaga, Sudah 7.008 Anak Terjangkit COVID-19 di Indonesia

3. Anak Indonesia harus didorong memanfaatkan waktu dengan hal-hal positif, kreatif, dan inovatif

Hari Anak Nasional, Tiap Anak Indonesia Wajib Merasakan KebahagiaanIlustrasi anak-anak (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Bintang meminta anak Indonesia bisa didorong memanfaatkan waktu di rumah dengan hal-hal yang positif, kreatif, serta inovatif. Menjadikan waktu luang untuk terus belajar dan mengembangkan diri dengan hati yang gembira.

"Bunda yakin kondisi sulit ini tidak akan menjadi hambatan bagi kalian untuk meraih cita-cita, melainkan justru menjadi tantangan untuk berpikir kreatif dan pantang menyerah," pesannya.

4. Orangtua diminta bersabar mendampingi anaknya di rumah

Hari Anak Nasional, Tiap Anak Indonesia Wajib Merasakan KebahagiaanIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Bintang juga berpesan pada orangtua, agar selalu bersabar mendampingi anak di rumah meski sulit karena harus tetap bekerja.

"Jadikan ini sebagai kesempatan untuk menjalin kembali komunikasi dengan anak. Jadilah orang tua yang kreatif dan inovatif. Ingatlah bahwa anak-anak kita membutuhkan kasih sayang dan rasa aman," katanya.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Ribuan Anak Indonesia Alami Kekerasan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya