Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Minta Orangtua Bersabar Dampingi Anak

Seluruh anak Indonesia harus merasakan kegembiraan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA),
Bintang Puspayoga, menilai Hari Anak Nasional tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab peringatan Hari Anak Nasional kali ini berlangsung di tengah pandemik COVID-19.

”Hari ini adalah hari kalian anak-anakku, jadi hari ini seluruh anak Indonesia harus merasakan kegembiraan, dan kebahagiaan, meski kita tahu saat ini situasi pandemik COVID-19 melanda seluruh dunia," ujar Bintang di puncak Hari Anak Nasional yang digelar secara virtual, Kamis (23/7/2020).

1. Berbagai persoalan anak muncul akibat pandemik

Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Minta Orangtua Bersabar Dampingi AnakRapid test di Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai (Dok.IDN Times/Humas Bandara Ngurah Rai)

Bintang mengakui anak-anak Indonesia tengah mengalami berbagai persoalan akibat wabah COVID-19, seperti persoalan pengasuhan bagi anak yang orang tuanya positif COVID-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

"Bagi anak-anak Indonesia yang bunda sayangi, semoga kalian semua tetap sehat dan optimistis ya. Perubahan yang terjadi sejak pandemik COVID-19 melanda negeri kita, membuat tahun ini bukanlah tahun yang mudah untuk kalian semua, khususnya dalam menjalankan proses belajar," ujarnya

2. Anak-anak harus belajar di rumah dan tidak bisa bertemu teman sekolah

Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Minta Orangtua Bersabar Dampingi AnakIlustrasi belajar dari rumah (Istimewa)

Bintang mengatakan karena kebijakan belajar di rumah, anak-anak tidak bisa pergi sekolah, bertemu teman-teman dan guru, dan bahkan tidak bisa bermain di luar rumah.

"Namun, ingatlah bahwa kalian tidak sendiri. Teman-teman, bapak dan ibu guru di sekolah, serta orang tua kalian juga merasakan hal yang sama. Berjuang bersama dengan beradaptasi pada kebiasaan baru," terangnya.

3. Anak Indonesia dapat memanfaatkan waktu di rumah dengan hal-hal positif, kreatif dan inovatif

Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Minta Orangtua Bersabar Dampingi AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Bintang meminta anak Indonesia dapat manfaatkan waktu di rumah dengan hal-hal yang positif, kreatif dan inovatif. Menjadikan waktu luang untuk terus belajar dan mengembangkan diri dengan hati yang gembira.

"Bunda yakin kondisi sulit ini tidak akan menjadi hambatan bagi kalian untuk meraih cita-cita, melainkan justru menjadi tantangan untuk berpikir kreatif dan pantang menyerah," pesannya.

4. Orangtua harus bersabar mendampingi anak

Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Minta Orangtua Bersabar Dampingi AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Bintang juga berpesan pada orangtua agar bersabar mendampingi anak di rumah meski sulit karena orangtua juga bekerja.

"Jadikan ini sebagai kesempatan untuk menjalin kembali komunikasi dengan anak. Jadilah orang tua yang kreatif dan inovatif. Ingatlah bahwa anak-anak kita membutuhkan kasih sayang dan rasa aman," katanya.

Tetap semangat dan bahagia ya anak Indonesia...

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Ribuan Anak Indonesia Alami Kekerasan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya