Comscore Tracker

Larang Aplikasi Zoom, BNPT Ingatkan Pencurian Data dari Aplikasi 

Tidak ada jaminan keamanan selama menggunakan Zoom

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengeluarkan larangan penggunaan aplikasi Zoom untuk mengadakan rapat online, baik pihak internal maupun eksternal.

Dalam Surat Edaran BNPT nomor 08/2020, tertulis larangan tersebut karena tidak adanya jaminan keamanan data dari pihak penyedia aplikasi Zoom. Ada juga dugaan duplikasi traffic yang dilaporkan pihak penyedia aplikasi Zoom ke server yang berada di negara lain, namun dapat dimonitor oleh pihak yang tidak berkepentingan.

1. Pelarangan untuk cegah kebocoran data dan informasi

Larang Aplikasi Zoom, BNPT Ingatkan Pencurian Data dari Aplikasi Zoom meeting FJPI Diskusi Jurnalis Perempuan Bicara Kartini di Era Pandemik Virus Corona (IDN Times/Uni Lubis)

Surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Utama BNPT, Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi itu, sebagai pedoman agar menghentikan menggunakan aplikasi konferensi video Zoom, lalu menggantinya dengan naplikasi sejenis lainnya.

"Tujuannya untuk mencegah kebocoran data dan informasi ke pihak yang tidak bertanggung jawab," tulisnya.

Baca Juga: Hacker Bobol Keamanan Pengguna Zoom, Data 530 Ribu Akun Diijual

2. BNPT tidak gunakan Zoom saat rapat penanganan terorisme

Larang Aplikasi Zoom, BNPT Ingatkan Pencurian Data dari Aplikasi IDN Times/Uni Lubis

Surat edaran tersebut juga berdasarkan arahan pimpinan BNPT terkait keamanan data dan informasi pada saat pelaksanaan video conference.

Dalam surat dijelaskan jika semua unit kerja di lingkungan BNPT tidak menggunakan aplikasi Zoom, apalagi saat mengadakan rapat dengan pihak internal maupun eksternal yang membahas penanganan terorisme.

3. Seluruh pejabat dan staf diminta segera uninstall aplikasi Zoom

Larang Aplikasi Zoom, BNPT Ingatkan Pencurian Data dari Aplikasi Penggunaan aplikasi zoom bersama Gubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setelah melarang penggunaan Zoom, BNPT mendorong penggunaan aplikasi lain yang telah terjamin enkripsinya

Seluruh pejabat dan staf yang masih terdapat aplikasi Zoom Meeting di smartphone atau laptopnya, diminta segera menghapus atau uninstall untuk menghindari terjadinya potensi pencurian data atau scamming.

Baca Juga: Zoom Dinilai Tidak Aman, India Larang Penggunannya di Pemerintahan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya