Comscore Tracker

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   

Selesaikanlah dengan pikiran dan hati yang jernih, ya!

Saat berhubungan dengan orang lain, tak jarang kita dihadapkan pada sebuah konflik. Kehadirannya merupakan suatu hal alami, meski banyak dari kita berupaya menghindarinya.

Bila konflik sudah terjadi, maka tugas selanjutnya adalah mengendalikannya agar tak jadi bola liar. Namun, kita sering kebingungan mengantisipasi munculnya konflik.

Alih-alih menyelesaikan atau minimal menekan pecahnya konflik yang lebih besar, kita justru bersembunyi di balik konflik itu. Agar tak terjadi hal demikian, cermati cara redam konflik berikut ini!

1. Terimalah konflik dengan tangan terbuka. Kehadirannya memang tak bisa dielakkan

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   imdb.com

Hal pertama yang dilakukan ketika konflik telah naik ke permukaan adalah menerimanya. Semakin kita mengelak, konflik malah akan terus bergulir tiada henti.

Menyadari adanya konflik, akan membentuk fokus kita untuk mengentaskan masalah. Dengan begitu, kita akan berupaya mencari jalan keluar yang terbaik.

Lantas, jalan keluar ini akan menghasilkan win-win solution. Gak mau kan waktu terbuang percuma hanya mengurusi masalah yang tak kunjung kelar?

 

2. Cermati apa yang jadi permasalahan selama ini. Hindari menggunakan asumsi tanpa bukti!

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   imdb.com

Setelah menerima kenyataan bahwa konflik ada di depan mata, langkah selanjutnya ialah menelisik musabab dari masalah. Bersikaplah seperti seorang detektif andal! Cermati faktor pencetus konflik yang bersumber dari internal atau eksternal diri kita.

Menyelidiki penyebab timbulnya konflik, dapat mencegah kita berprasangka yang tidak benar. Asumsi- asumsi yang berkembang selama konflik berlangsung, dapat membuat keruh suasana. Hasilnya, pihak yang sedang berkonflik akan saling lempar tuduhan yang tidak berdasarkan fakta. 

3. Pisahkan pribadi orang yang terlibat masalah dengan masalah itu sendiri. Fokus pada jalan keluar, bukan latar belakang orang lain

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   imdb.com

Ketika dilanda konflik, kita tidak hanya dihadapkan pada masalah. Kita juga berhadapan dengan orang lain yang berada pada pusaran masalah. Pada posisi ini, kita diuji untuk bijak dan fokus dalam menyelesaikan masalah.

Mencurahkan fokus dalam mencari penyelesaian masalah, akan mempercepat selesainya konflik. Sebaliknya, konflik jadi bola panas yang membesar bila kita sekadar cari kesalahan orang lain dan mengaitkannya pada latar belakangnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Sampai Memukul Pasangan Saat Ada Konflik Pernikahan

4. Bagikan pendapat dan pemikiran yang kita punya. Sampaikan dengan jelas agar saling memahami kondisi masing-masing

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   imdb.com

Salah satu kunci mengatasi konflik adalah keterbukaan. Menutupi apa pun, akan menimbulkan kecurigaan yang malah menggiring pada asumsi tidak benar.

Oleh karenanya, kedua belah pihak yang terlibat masalah, perlu duduk bersama dan menyampaikan pendapat. Sampaikan keinginan atau solusi yang ingin dicapai. Dengan begitu, mereka akan memahami situasi dan sama-sama mencari jalan keluar.

5. Jadilah pribadi yang tenang dalam menghadapi konflik! Emosi tak akan bisa selesaikan masalah

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   imdb.com

Ketika manusia bertemu dengan masalah besar, emosi lebih sering menguasai pikiran. Alhasil, keputusan-keputusan yang diambil bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Untuk itu, dibutuhkan ketenangan dalam menyelesaikan masalah. Sebab, hal ini membantu kita memilih dan memilah solusi yang tepat. Pasti tidak mau kan masalah terkatung-katung tidak jelas dan menjadi bola liar yang merembet ke mana-mana?

6. Hindari lari dari konflik. Masalah bisa tak kunjung usai dan timbulkan rumor kurang baik

Yuk Ciptakan Kedamaian! Ini Cara Meredam Konflik dengan Pihak Lain   imdb.com

Segala sesuatu pasti ada ujungnya, termasuk konflik. Tapi, itu tidak akan berakhir bila terus-menerus menghindarinya. Justru, kita akan menambah masalah baru dari sikap kucing-kucingan tersebut.

Selain merusak kepercayaan orang lain kepada kita, lari dari masalah akan menambah rumor tidak benar. Orang lain akan menuduh yang tidak benar pada pihak-pihak yang sedang bermasalah, termasuk kita.

Dampaknya, masalah menjadi lebih rumit dan sulit dituntaskan. Kalau begini terus, kamu bisa rugi tenaga dan perasaan nih!

Itulah cara redam konflik dengan orang lain. Mengatasi konflik memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, itu bukanlah alasan kita membiarkan sebuah problem tanpa adanya penyelesaian. Jadi, selesaikanlah sebelum semakin sukar ya!

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

 

Baca Juga: 5 Sikap 'Anak Kecil' yang Justru Bikin Hubungan Jadi Penuh Konflik

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You