Diduga Lakukan Penyerangan di Tangerang, Kelompok John Kei Ditangkap

Kelompok John Kei juga diduga membacok orang di Cengkareng

Jakarta, IDN Times - Jajaran Polres Metro Bekasi Kota dan Polda Metro Jaya menangkap pelaku kasus penembakan di Cluster Australia Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, Banten, dan pembacokan di Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, ada 25 orang yang ditangkap di Perumahan Taman Titian Indah, Kalibaru Timur, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat.

"Malam ini kita melakukan penangkapan sebanyak 25 orang kelompoknya John Kei. Cuma masih dilakukan pemeriksaan lebih dalam, siapa yang melakukan itu," kata Tubagus saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (21/6) malam.

1. Para pelaku ditangkap di markas kelompok John Kei di Bekasi Barat

Diduga Lakukan Penyerangan di Tangerang, Kelompok John Kei DitangkapKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, 25 orang itu ditangkap pada Minggu (21/6) pukul 20.15 WIB. John Kei juga turut ditangkap.

"Ada dua orang yang diduga pelaku. Kemudian ada AN, C, dan JK (John Kei), dan mengamankan 20 orang kelompok John Kei yang berada di dalam markas yang berusaha menghalangi tindakan kepolisian," kata Yusri.

Baca Juga: PKPI Gaet John Kei dan Ninoy Karundeng Jadi Kader Baru

2. Puluhan tombak hingga senjata tajam disita

Diduga Lakukan Penyerangan di Tangerang, Kelompok John Kei DitangkapClurit, Ilustrasi Senjata Tajam (Dok. Humas Polres Metro Jakarta Barat)

Dari tempat penangkapan tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti. Antara lain 28 tombak, 24 senjata tajam, dua ketapel panah, tiga anak panah, dua stik bisbol,17 handphone, dan satu dekorder hikvision.

"Tersangka dan barang bukti dibawa ke Polda (Metro Jaya) untuk pemeriksaan lanjutan," kata Yusri.

3. Kronologi penembakan di Cipondoh Tangerang

Diduga Lakukan Penyerangan di Tangerang, Kelompok John Kei DitangkapKasus penembakan di Cluster Australia Green Lake City, Cipondoh, Tangerang (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, video viral di media sosial menayangkan suara diduga letusan tembakan berkali-kali, yang kuat dugaan berada di Cluster Australia, Green Lake City, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Minggu (21/6), sekitar pukul 12.30 WIB. Informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut bukanlah aksi perampokan, tapi diduga kelompok massa yang bertikai.

Para pelaku awalnya berkendara menggunakan Toyota Alya warna putih nopol B 253 SID. Saat memasuki area Cluster Australia, mereka dimintai identitas oleh satpam yang  berjaga, namun para pelaku malah menodongkan pistol dan membuka boom gate sendiri.

Tak lama berselang, kendaraan jenis Toyota hitam nopol B 2394 AE, Toyota putih nopol B 114 EVE dan Toyota hitam nopol B 8300 PG mengikuti kendaraan yang ada di depannya.

Satpam yang berjaga tersebut langsung menginformasikan ke seluruh sekuriti untuk meminta bantuan. Saat gerbang ditutup, kendaraan pelaku keluar dan menabrak gerbang itu.

Akibatnya, salah seorang satpam bernama Aji Nugroho tertabrak pelaku. Selain itu, ada beberapa ojek online yang menjadi sasaran tembak oleh pelaku yang menggunakan kendaraan Toyota putih nopol B 114 EVE.

Para pelaku kemudian menuju ke salah satu rumah yakni, Bapak Nuskey. Kemudian mereka mengacak-acak seisi rumah, setelah itu kabur dengan menabrak gerbang cluster.

4. Tak jauh dari lokasi penyerangan, seseorang terkapar dengan luka bacok di Cengkareng

Diduga Lakukan Penyerangan di Tangerang, Kelompok John Kei DitangkapIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Tak lama berselang, sebuah insiden pembacokan terjadi di Jalan Kresek, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Lokasi tersebut tak jauh dari kawasan Green Lake City, Kota Tangerang. 

Kapolsek Cengkareng Kompol Khoiri mengatakan, pembacokan diduga terjadi Minggu sekitar pukul 13.00 WIB. Korban bernama Yustus Corwin. "Awalnya dugaan penganiayaan," ujar dia, melalui pesan suara. 

Dalam video yang beredar, korban yang berjenis kelamin laki-laki itu tampak terkapar bersimbah darah. Meski kondisinya tak berdaya, korban masih bergerak.

Namun, Khoiri mengatakan, Yustus dinyatakan meninggal dunia setelah dibawa ke Rumah Sakit Puri Kembangan. Pelaku pembacokan diduga berjumlah lima orang, yang juga diduga kelompok John Kei.

Baca Juga: Terpidana Kasus Pembunuhan John Kei Dapat Bebas Bersyarat 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya