Comscore Tracker

Uang Rp75.000 Tak Beredar Bebas, Begini Cara Mendapatkannya

Hanya dicetak 75 juta lembar

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, uang Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pecahan Rp75.000 hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar. Ia juga mengatakan, uang ini bukan untuk diedarkan bebas kepada masyarakat.

"Bukan juga sebagai tambahan likuditas untuk tambahan pembiayaan atau pelaksanaan ekonomi," katanya melalui virtual, Senin (17/8/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, peluncuran uang khusus ini hanya untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus dalam hal ini peringatan ke-75 Republik Indonesia. Pemerintah memang kerap merilis uang rupiah edisi khusus saat menandai era baru.

Sebelumnya pemerintah dan BI pernah meluncurkan rupiah edisi khusus, yaitu edisi 25 tahun kemerdekaan RI, edisi perjuangan angkatan 45, edisi save the children, edisi cagar alam 1974 dan 1987, edisi 50 tahun kemerdekaan RI, edisi 100 tahun proklamator, serta edisi children of the world.

Menurut Gubernur BI, Perry Warjiyo, uang spesial ini bisa didapatkan masyarakat untuk dijadikan koleksi. Masyarakat bisa memperoleh uang ini dengan mekanisme penukaran uang senilai Rp75.000, atau dengan nominal uang edisi khusus ini. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penukaran uang tersebut.

  • Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR (Android dan iOS) atau https://pintar.bi.go.id
  • Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  • Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital
  • Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih yang tertera pada bukti pemesanan; dan Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.
  • Setiap satu KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000.

BI membuka dua periode pemesanan, yakni pada tahap pertama pada 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB sampai 30 September 2020, dengan tempat penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri di seluruh provinsi dan beberapa kota atau kabupaten.

Lalu tahap kedua pada 1 Oktober 2020 di tempat penukaran di Bank Indonesia Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BI dalam negeri dan bank umum yang ditunjuk. Setelah pemesanan dilakukan, penukaran dapat dilakukan paling cepat satu hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran uang itu masih tersedia di lokasi dan waktu yang dipilih.

Perry mengatakan uang spesial edisi Kemerdekaan Indonesia ke-75 sudah didistribusikan ke seluruh kantor cabang Bank Indonesia. "Kami telah mendistribusikan uang ini ke seluruh kantor BI dan masyarakat dapat segera melakukan penukaran," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Uang Rp75 Ribu Baru Resmi Diluncurkan, Begini Penampakannya

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya