Comscore Tracker

Kasih Ojol Diskon 50 Persen, Pertamina Bantah Pilih Kasih

Pertamina klaim cashback 50 persen untuk bantu ojek online

Jakarta, IDN Times - Insentif PT Pertamina untuk driver online atau ojol dikecam warganet di media sosial. Sebab diskon sebesar 50 persen bagi ojol yang mengisi Bahan Bakar MInyak (BBM) di SPBU milik pertamina, dianggap pilih kasih terhadap kelompok usaha tertentu.

Padahal jenis usaha dan golongan mayarakat yang terdampak pandemi COVID-19 bukan hanya dirasakan oleh ojol, melainkan seluruh lapisan. Namun Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman, membantah tuduhan tersebut. Ia menjelaskan jika diskon 50 persen oleh melalui aplikasi MyPertamina oleh ojol, merupakan bantuan perusahaan plat merah tersebut.

1. Diskon sebagai bentuk apresiasi jasa ojol

Kasih Ojol Diskon 50 Persen, Pertamina Bantah Pilih KasihIDN Times/Arifin Al Alamudi

Baca Juga: Pertamina Beri Cashback 50 Persen untuk Ojol saat Isi Bensin

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati lantas menjelaskan, pengemudi ojol menjadi salah satu profesi yang sangat bermanfaat dan diandalkan untuk membantu memberikan pelayanan pengantaran kebutuhan sehari-hari, terutama pada masa COVID-19. Sehingga program ini bertujuan meringankan beban hidup para pengemudi yang sepi orderan sejak kampanye psychical distancing.

“Sebagai apresiasi atas jasa yang diberikan ojek online, Pertamina memberikan program khusus dalam pembelian BBM yang menggunakan aplikasi. Diharapkan program yang berjalan 3 bulan ke depan ini bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan ojek online dalam menjalankan pekerjaannya,” ujarnya.

Baca Juga: 572 Restoran di Palembang Bebas Pajak, Omzet Maksimal Rp10 Juta 

2. Ombudsman belum berencana memanggil Pertamina

Kasih Ojol Diskon 50 Persen, Pertamina Bantah Pilih KasihIDN Times / Istimewa

Soal kebijakan diskon pengisian BBM oleh Pertamina ini, Komisioner Ombudsman Alvin Lie mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan resmi yang diterima oleh Ombudsman.

Bahkan Alvin menyebut jika belum ada rencana Ombudsman untuk memanggil Pertamina. "Kami akan memantau dulu perkembangannya," ujarnya.

Baca Juga: PDAM Tirta Musi Palembang Gratiskan Tagihan Warga, Ini Syaratnya

3. Pertamina siapkan Rp13,5 miliar untuk program diskon ojol

Kasih Ojol Diskon 50 Persen, Pertamina Bantah Pilih KasihIDN Times / Auriga Agustina

Pertamina telah menyiapkan Rp13,5 miliar berbentuk cashback saldo untuk keseluruhan program. Bagi pengemudi ojol yang ingin memanfaatkan program tersebut, diharuskan mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja.

Nanti pengemudi bisa melakukan pembelian BBM non subsidi, Pertalite dan Pertamax Series, dengan pembayaran non tunai LinkAja melalui aplikasi MyPertamina. Selanjutnya pengemudi dapat melakukan screenshoot user profile mitra Ojek Online, dan mengunggah ke MyPertamina. Setelahnya unggah screenshoot bukti pembayaran BBM dengan LinkAja, dan masukkan reference number.

Pertamina memberlakukan program ini di SPBU yang telah menyediakan fitur transaksi non tunai dengan LinkAja. Daftar SPBU tersebut dapat dilihat di https://mypertamina.id/spbu/

Selain mendapatkan cashback, semua pengemudi ojol yang melakukan tahap-tahap tersebut juga bisa mendapatkan kupon ganda untuk mengkuti undian berbagi berkah MyPertamina 2020.

Baca Juga: Ringankan Beban Mitra Driver di Sumsel, Gojek Berbagi Voucher Sembako

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya