Comscore Tracker

BUMN Butuh Relawan untuk Uji Klinis Vaksin COVID-19, Berminat?

Staf Khusus Kementerian BUMN sudah mendaftar menjadi relawan

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Kementerian BUMN membutuhkan relawan untuk mendukung uji klinis tahap III vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech. Uji klinis terhadap manusia itu dilakukan oleh PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

"Jadi uji klinis tahap III dilakukan BUMN Bio Farma, sedang mencari relawan yang bersiap untuk uji klinis," tegasnya kepada awak media, Selasa (28/7/2020).

Uji klinis vaksin tahap satu dan dua sudah dilakukan di Tiongkok, basis perusahaan bioteknologi Sinovac. Selain di Indonesia, vaksin Sinovac juga diujicoba di Brasil.

1. Staf Khusus Kementerian BUMN mendaftar menjadi relawan

BUMN Butuh Relawan untuk Uji Klinis Vaksin COVID-19, Berminat?IDN Times / Auriga Agustina

Arya mengungkapkan, dirinya sudah mendaftar sebagai relawan vaksin COVID-19 tersebut. Namun diriinya tengah menunggu hasil administrasi, apakah sesuai dengan kriteria yang dicari atau tidak.

"Saya kemarin sudah kirimkan KTP saya, dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran," ujar dia. Menurut dia, orang yang bisa ikut menjadi relawan harus berusia 18-59 tahun. 

Baca Juga: BUMN Bocorkan Alasan Sinovac Tunjuk Bio Farma untuk Uji Klinis Vaksin 

2. Arya optimis bisa lolos menjadi relawan

BUMN Butuh Relawan untuk Uji Klinis Vaksin COVID-19, Berminat?IDN Times / Auriga Agustina

Arya mengaku optimis bisa lolos dalam proses administrasi, lantaran selama ini dia tidak memiliki riwayat terinfeksi virus corona maupun riwayat penyakit lain. Arya menilai, menjadi relawan merupakan langkah tepat baginya.

"Menguji apa produknya Bio Farma yang merupakan BUMN," ujarnya.

3. Berikut beberapa tahapan yang akan dilalui setelah administrasi

BUMN Butuh Relawan untuk Uji Klinis Vaksin COVID-19, Berminat?Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika calon relawan lolos administrasi, pendaftar seperti Arya akan mengikuti sejumlah tahapan lanjutan. Tahapan pertama ialah pengambilan sampel darah, setelah 14 hari akan disuntik vaksin.

"Ini vaksinnya ada dua dosis ya yang diberikan pada saya, setiap kunjungan. Kunjungan kedua nanti setelah 14 hari. Setelah itu, saya akan diambil sampel lagi beberapa tahapan. Jadi ada empat kunjungan penelitian yang dilakukan terhadap saya," ujarnya.

Arya berharap, masyarakat luas juga mau berkontribusi untuk meniadi relawan uji klinis tahap III ini. "Mudah-mudahan vaksin ini bisa digunakan untuk bangsa kita dan bangsa lain. Semoga ini sukses," tutupnya.

Baca Juga: Uji Coba Vaksin Sinovac, Relawan Dipastikan Dicover Asuransi!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya