Comscore Tracker

Ahok Blak-blakan Sebut Direksi Pertamina Sering Melobi Menteri

Banyak direksi titipan dari kementerian?

Jakarta, IDN Times - Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, blak-blakan menyebut beberapa Direksi sering melobi menteri. Ia mengatakan, lobian Direksi PT Pertamina untuk 'bermain' aman.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, sempat marah-marah juga. Direksi-direksi gitu, semua lobinya ke menteri," kata Ahok seperti dikutip melalui video yang diunggah POIN, Selasa (15/9/2020).

1. Ahok bungkam saat ditanya menteri siapa saja yang dilobi

Ahok Blak-blakan Sebut Direksi Pertamina Sering Melobi MenteriLaunching buku Basuki Tjahaja Poernama (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Saat dikonfirmasi IDN Times siapa Direksi yang dimaksud, dan menteri siapa saja yang dilobi oleh jajaran Direksi Pertamina, Ahok malah enggan berkomentar. Namun perlu diketahui, selain Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) namun PT Pertamina yang aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas sering diberi mandat oleh Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM).

"No comment," kata Ahok kepada IDN Times, Selasa. Tak hanya itu, menurut Ahok juga banyak komisaris yang merupakan titipan dari kementerian-kementerian.

Baca Juga: Pertamina Rugi Rp11,4 T, Ahok: Banyak Kerugian yang 'Ditutupi'

2. Ahok melakukan lelang jabatan terbuka

Ahok Blak-blakan Sebut Direksi Pertamina Sering Melobi MenteriBasuki Tjahaja Purnama atau Ahok (ANTARA/Tatan Syuflana)

Ahok pun mengaku memiliki strategi agar kejadian itu tak terulang. Caranya, melakukan lelang terbuka dan memangkas birokrasi yang ada di Pertamina, agar bisa mendapat kesempatan yang sama untuk dapat menduduki jabatan Senior Vice President atau SVP.

"Saya potong jalur birokrasi mereka, Pertamina itu dulu naik pangkat harus ada reference level. Jadi orang meski bekerja untuk SPV dua puluh tahunan ke atas," ujar dia.

3. Sistem gaji di Pertamina dinilai ganjil

Ahok Blak-blakan Sebut Direksi Pertamina Sering Melobi MenteriKomisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok) datang ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 9 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyoroti keanehan sistem gaji di Pertamina. Sebab jika ada yang dicopot dari jabatannya, gajinya akan mengikuti gaji sebelumnya, bukan gaji yang baru.

"Orang dicopot misalnya dari jabatan direktur utama anak perusahaan, gajinya Rp100 juta lebih, masak dicopot gajinya masih tetap sama, alasan orang lama. Harusnya ya gaji mengikuti jabatan," tutur dia.

IDN Times mencoba mengonfirmasi pernyataan Ahok ke Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga. Namun hingga berita ini diturunkan, Arya tak kunjung menanggapi.

Baca Juga: Pertamina Rugi Triliunan, Ahok Disentil Warganet!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya