Ahok Bocorkan Ada Direksi Pertamina Sering Lobi Menteri, Siapa Ya?

Banyak direksi titipan dari kementerian?

Jakarta, IDN Times - Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan sejumlah fakta di Pertamina. Menurutnya, selama ini beberapa direksi sering melobi menteri untuk 'bermain' aman.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, sempat marah-marah juga. Direksi-direksi gitu, semua lobinya ke menteri," kata Ahok seperti dikutip melalui video yang diunggah POIN, Selasa, 15 September 2020.

1. Ahok bungkam saat ditanya menteri siapa saja yang dilobi

Ahok Bocorkan Ada Direksi Pertamina Sering Lobi Menteri, Siapa Ya?Launching buku Basuki Tjahaja Poernama (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Saat dikonfirmasi IDN Times perihal siapa direksi yang dimaksud dan menteri siapa saja yang dilobi oleh jajaran direksi di Pertamina, Ahok enggan berkomentar.

Perlu diketahui bahwa selain Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina yang aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas ini, juga sering mendapat mandat dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM).

"No comment," kata Ahok kepada IDN Times, Selasa.

Tak hanya itu, menurut Ahok juga banyak komisaris yang merupakan titipan dari kementerian-kementerian.

Baca Juga: Pertamina Rugi Rp11,4 T, Ahok: Banyak Kerugian yang 'Ditutupi'

2. Ahok melakukan lelang terbuka

Ahok Bocorkan Ada Direksi Pertamina Sering Lobi Menteri, Siapa Ya?Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (ANTARA/Tatan Syuflana)

Karena hal itu, Ahok mengaku mempunyai strategi agar hal itu tak terulang. Caranya dengan melakukan lelang terbuka dan memangkas birokrasi yang ada di Pertamina, agar bisa mendapat kesempatan yang sama untuk dapat menduduki jabatan Senior Vice President atau SVP.

"Saya potong jalur birokrasi mereka, Pertamina itu dulu naik pangkat harus ada reference level. Jadi orang meski bekerja untuk SPV dua puluh tahunan ke atas," ujar dia.

3. Sistem gaji di Pertamina dinilai ganjil

Ahok Bocorkan Ada Direksi Pertamina Sering Lobi Menteri, Siapa Ya?Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok) datang ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 9 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain itu, Ahok juga menyoroti keanehan sistem gaji di Pertamina, sebab apabila ada yang dicopot dari jabatannya, gajinya akan mengikuti gaji sebelumnya, bukan gaji yang baru.

"Orang dicopot misalnya dari jabatan direktur utama anak perusahaan, gajinya Rp100 juta lebih, masak dicopot gajinya masih tetap sama, alasan orang lama. Harusnya ya gaji mengikuti jabatan lama," tutur dia.

Sementara, IDN Times mencoba mengonfirmasi pernyataan Ahok ke Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga. Namun, hingga berita ini diturunkan, dia belum juga merespons.

Baca Juga: Pertamina Rugi Triliunan, Ahok Disentil Warganet!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya