Ratusan Tamu Allah Asal Sumbar Tiba di Asrama Haji 

Sumbar juga berangkatkan CJH asal Bengkulu 

Padang, IDN Times - Ratusan tamu Allah asal Sumatra Barat (Sumbar) sudah tiba di asrama haji Tabing, Jumat (3/6/2022). Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar, memastikan total 385 Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter pertama akan diterbangkan ke Tanah Suci, Sabtu (4/6/2022).

“Kloter pertama ini berjumlah 385 orang, seluruhnya berasal dari Kota Padang. Kita berangkatkan esok siang melalui Bandara Internasional Minangkabau,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi, Jumat (3/6/2022).

1. Tim asesor sudah menyatakan layak

Ratusan Tamu Allah Asal Sumbar Tiba di Asrama Haji CJH kloter pertama tiba di asrama haji, Tabing. Doc. IDN Times

Menurut Helmi, seluruh persiapan yang dilakukan di asrama haji Tabing, sudah dinyatakan layak oleh tim asesor dari Kemenag. 
 
“Kloter pertama ini akan didampingi dua orang pembimbing kelompok ibadah haji dan umrah, dua petugas haji daerah, dan empat orang petugas kloter,” ujar Helmi.

Baca Juga: 1.447 Orang Warga Palembang Berangkat Haji Tahun 2022

2. Hanya lima kloter yang membawa CJH Sumbar

Ratusan Tamu Allah Asal Sumbar Tiba di Asrama Haji CJH kloter pertama tiba di asrama haji, Tabing. Doc. IDN Times

Helmi melanjutkan, dari total delapan kloter yang berangkat melalui embarkasi Padang, lima di antaranya merupakan kloter khusus. Sedangkan kloter keenam dan ketujuh merupakan CJH asal Provinsi Bengkulu.
 
“Total CJH kita ada 2.093 orang. Lima kloter CJH asal Sumbar. Dua kloter untuk Provinsi Bengkulu, dan satu kolter lagi untuk mengangkut CJH dari berapa wilayah. Nama kloternya Nusantara,” ungkapnya.

3. PCR negatif

Ratusan Tamu Allah Asal Sumbar Tiba di Asrama Haji Panitia haji Padang jalani tes pcr. Doc. IDN Times

Helmi menyebutkan, pihaknya memastikan baik CJH maupun panitia yang berjumlah 70 orang semuanya dalam keadaan negatif COVID-19.
 
“Setiap hari panitia rapid test. Sedangkan CJH sesuai aturan 72 jam sebelumnya sudah PCR dan dinyatakan negatif,” tutup Helmi.

Baca Juga: Jemaah Haji Ranah Minang Terbang Perdana Awal Juni 2022  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya