Gunung Marapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu 800 Meter

Gunung Marapi erupsi, tinggi kolom abu 800 meter

Padang, IDN Times - Pos Pengamatan Gunung Marapi Sumatra Barat merilis pukul 08.25 WIB, Rabu (11/1/2023) terjadi lagi letusan. Bupati Tanah Datar siapkan skenario terburuk.

"Erupsi yang baru saja terjadi ini, terekam merupakan erupsi terbesar sejak erupsi terjadi pertama kali pada Sabtu kemarin," kata petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi pada Rabu (11/1/2023).

Baca Juga: Aktivitas Gunung Marapi Cenderung Meningkat, Erupsi 57 Kali

1. Tinggi kolom abu mencapai 800 meter

Gunung Marapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu 800 MeterErupsi Marapi.IDN Times/PVMBG

Berdasarkan catatan data yang terekam, kata Ahmad Rifandi, letusan ini memunculkan kolom abu setinggi 800 meter dari atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan tenggara. "Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8 mm dan durasi sementara ini sekitar 2 menit lebih," kata dia.

2. Status Gunung Marapi masih level Waspada

Gunung Marapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu 800 MeterErupsi Gunung Marapi Sumbar, 7 januari 2023. IDN Times/PVMBG

Meski terjadi peningkatan, namun Ahmad Rifandi memastikan, status Gunung Marapi sampai saat ini masih berada pada level II atau Waspada dengan rekomendasi yang masih sama. 

"Masyarakat di sekitar Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan melakukan pendakian dan mendekati radius 3 kilometer dari kawah atau puncak," kata dia. 

3. Bupati Tanah Datar siapkan skenario terburuk

Gunung Marapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu 800 MeterErupsi Marapi, Selasa (10/1/2023). IDN Times/PVMBG

Terpisah, Bupati Tanah Datar Eka Putra sudah memerintahkan seluruh OPD terkait untuk mengkaji dan mempersiapkan segala kemungkinan terburuk. Salah satunya, mengecek persiapan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) dan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Nagari dan mengecek kembali jalur-jalur evakuasi.

"Kalau diperlukan, lakukan ronda. Sehingga kalau ada kondisi yang buruk, bisa segera diinformasikan ke masyarakat. Nanti siang saya akan memimpin rapat dengan OPD terkait untuk mengantisipasi segala kemungkinan akibat erupsi Marapi ini,” kata Eka Putra.

Baca Juga: Belasan Pendaki Dipastikan Sudah Turun dari Puncak Gunung Marapi  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya