Baru dari Malaysia, Suspect Virus Corona Meninggal di RS Djamil Padang

Hasil tes apakah positif atau tidak belum keluar

Padang, IDN Times - Meski sempat dirawat di ruang isolasi RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat, seorang pasien suspect Corona dengan status pasien dalam Pengawasan (PDP), Senin malam (16/3) sekira pukul 21.10 WIB, dilaporkan meninggal dunia.

Pasien PDP itu, berjenis kelamin laki-laki. Ia baru saja mendarat pagi harinya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dari Malaysia menggunakan maskapai penerbangan Air Asia.

“Meninggal tadi sekitar pukul 21.10 WIB. Sekarang, jenazah sudah diserahkan ke pihak keluarga,”kata Pejabat Pemberi Informasi RSUP M Djamil Padang, Gustavianof, Senin (16/3).

1. Belum bisa disimpulkan positif atau negatif COVID-19

Baru dari Malaysia, Suspect Virus Corona Meninggal di RS Djamil PadangFoto hanya ilustrasi. (twitter.com/htTweets)

Meski demikian, Gustavianof belum bisa memastikan apakah pasien tersebut positif Coronavirus Disease-19 (COVID-19) atau negatif. Karena, hasil uji laboratorium yang bersangkutan belum keluar. Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter RSUP M Djamil Padang, yang bersangkutan juga memiliki riwayat penyakit ginjal.

“Hasilnya belum keluar. Mungkin tiga atau empat hari lagi baru keluar. Dia, juga punya riwayat sakit ginjal,” ujar Gustavianof.

2. Penyelenggaraan jenazah dilakukan sesuai standar prosedur

Baru dari Malaysia, Suspect Virus Corona Meninggal di RS Djamil PadangPetugas medis dengan pakaian pelindung mengangkat pasien isolasi dari sebuah ambulans saat seluruh negeri dilanda wabah virus korona tipe baru, di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok (ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS)

Gustavianof memastikan kalau, seluruh proses terkait dengan penyelenggaraan jenazah, sudah dilakukan sesuai dengan standar prosedur penanganan pasien yang meninggal dengan indikasi suspect corona. 

“Tadi jenazah dimandikan dan disalatkan di rumah sakit. Sesuai prosedur Penanganan yang sudah ditetapkan. Jenazah saat ini, sudah dibawa kerumah duka,”tutup Gustavianof.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya