Comscore Tracker

97 Persen Calon Jemaah Haji Sumbar Sudah Lunasi Bipih 

Tersisa puluhan jemaah belum konfirmasi pelunasan Bipih

Padang, IDN Times - Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatra Barat (PHU Kanwil Kemenag Sumbar), Joben, menyebutkan sudah ada 2.029 orang atau sekitar 97 persen calon Jemaah haji (CJH) yang sudah mengonfirmasi pelunasan Biaya Perjalanan Haji (Bipih) 1443 Hijriah.
 
“Tercatat sudah 92 persen CJH di Sumbar yang sudah melunasi Bipih. Tersisa ada sekitar 64 CJH lagi menurut catatan kami,” kata Joben, Selasa (17/5/2022).

1. Jumlah CJh sudah termasuk cadangan

97 Persen Calon Jemaah Haji Sumbar Sudah Lunasi Bipih Ilustrasi calon haji yang gagal berangkat (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Menurut Joben, jumlah jemaah yang mengonfirmasi pelunasan sebanyak 2.029 orang itu sudah termasuk CJH cadangan yang menandatangani surat pernyataan.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini semua CJH sudah mengonfirmasi pelunasan. Jika jemaah sudah melunasi Bipih, secara otomatis sudah vaksin COVID-19. Karena salah satu syarat pelunasan adalah vaksin dosis pertama," ujar Joben.

Baca Juga: 36,3 Persen Calon Jemaah Haji Sumbar Belum Lunasi Bipih 

2. Empat syarat mengonfirmasi pelunasan Bipih

97 Persen Calon Jemaah Haji Sumbar Sudah Lunasi Bipih Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Joben menjelaskan, konfirmasi pelunasan dan pembayaran biaya haji regular setidaknya ada empat syarat, yakni telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji. Lalu berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per 30 Juni 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi.

Kemudian belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan haji paling singkat 10 tahun sejak menunaikan haji terakhir. Serta berusia paling rendah 18 tahun hingga 4 Juni 2022 atau sudah menikah. Dan terakhir yaitu telah melakukan vaksin COVID-19 dosis pertama.

Baca Juga: 55,2 Persen Calon Jemaah Haji Sumsel Belum Lunasi BIPIH

3. CJH Sumbar memiliki semangat yang tinggi

97 Persen Calon Jemaah Haji Sumbar Sudah Lunasi Bipih Ilustrasi orang yang semangat

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi, secara terpisah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh CJH. Hal itu membuktikan tingginya semangat CJH untuk beribadah ke Tanah Suci.
 
“Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bagi jemaah, untuk kelancaran dan kesuksesan dalam menjalankan ibadah haji," ujarnya.
 
Agar proses keberangkatan lancar, Helmi meminta kepada seluruh CJH Sumbar segera melengkapi vaksin COVID-19. Sebab vaksin menjadi syarat yang tidak boleh tidak bagi jemaah haji. Ketentuan vaksin juga dikeluarkan langsung oleh Pemerintah Arab Saudi.
 
"Kita juga berharap dan berdoa CJH Sumbar tetap menjaga kesehatan dan mengurangi mobilitas sebelum berangkat ke Tanah Suci. Tetap mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker," pintanya.
 

Baca Juga: Kabupaten Muba Berangkatkan 91 Orang Calon Jemaah Haji Tahun Ini

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya