10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin Adem

Lagu romantisnya selalu merasuk sampai ke jiwa

Tingginya tingkat pembajakan musik di Indonesia gak menyurutkan semangat berkarya para musisi Tanah Air. Terbukti dengan banyaknya lagu yang dirilis sepanjang 2019 ini. Gak cuma genre yang beragam, dari pilihan musisi pun mulai semakin luas. Misalnya saja musisi solo pria yang banyak diisi oleh penyanyi muda yang baru dua atau tiga tahun terakhir memulai debut namun telah mendapatkan perhatian yang luar biasa dari masyarakat.  

Sebelum 2019 ini berakhir, berikut ini IDN Times sajikan 10 musisi solo pria yang paling bersinar kurang lebih 330 hari belakangan ini. Satu di antaranya pasti favorit kamu deh. 

1. Tulus

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin AdemDok. Spotify

Tulus tahun ini menyelesaikan beberapa tur konsernya ke beberapa kota besar di Indonesia. Kendati tak mengeluarkan album baru, namun nyatakan Tulus masih menjadi penyanyi Indonesia yang paling banyak didengarkan di Spotify.

Pria asal Bukittinggi ini sempat merilis lagu kolaborasi bersama Yovie Widianto dan Glenn Fredly yang berjudul Adu Rayu dan berhasil mendapatkan perhatian lebih dari satu juta penonton di pekan pertama perilisan musik video di YouTube. 

https://www.youtube.com/embed/rfWRkrhN2bA

2. Andmesh

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin Ademinstagram.com/andmeshkamaleng_

Pesona Andmesh sepanjang tahun ini memang tak terbantahkan. Di mana pun kamu pergi mulai dari pusat perbelanjaan hingga kafe-kafe atau restoran cepat saji, maka kamu pasti akan mendengarkan lagu-lagu hitsnya seperti Nyaman, Hanya Rindu dan Kumau Dia. Lagu-lagunya pun meraih rekor pendengar streaming yang tinggi mencapai puluhan juta di Spotify dan YouTube. Lagu berjudul Cinta Luar Biasa bahkan populer di kalangan idola KPop, salah satunya grup NCT yang sempat mengcover karya milik pria 22 tahun ini. 

https://www.youtube.com/embed/FcOctsNXyjk

3. Pamungkas

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin AdemIDN Times/ Nadia Umara

Pamungkas merilis debut albumnya bertajuk Walk The Talk pada 2018 silam. Album ini berisi 16 lagu dan hits yang paling populer dan kemudian semakin melambungkan namanya adalah I Love You But I'm Letting Go.

Ia telah mengenal musik sejak usia 8 tahun, dari ruang les hingga belajar autodidak. Dua tahun terakhir ia terbilang sangat produktif mengeluarkan album, terakhir pada pertengahan 2019 ini ada Flying Solo yang berisi 11 lagu termasuk Intro dan Outro. Pamungkas menjalani tur yang panjang ke berbagai kota dan membuat karyanya semakin banyak didengarkan dan dicintai pencinta musik dalam negeri. 

https://www.youtube.com/embed/NO_cVedXdmM

4. Ardhito Pramono

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin AdemInstagram/ardhitopramono

Pencinta musik pop jazz pasti sudah tak asing dengan sosok Ardhito Pramono. Pria 24 tahun ini telah merilis tiga mini album selama tiga tahun terakhir yaitu Playlist, Vol. 2, A Letter to My 17 Year Old dan Ardhito Pramono. Penampilannya khas dengan permainan piano yang memikat. Selain bermusik, ia juga dikenal sebagai seorang creative planner. Bahkan Ardhito siap menjajal dunia akting, lho. 

https://www.youtube.com/embed/lbYc76YluJQ

5. Sal Priadi

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin Ademinstagram.com/__________saldi

Salmantyo Ashrizky Priadi atau yang populer dikenal dengan nama Sal Priadi merupakan musisi kelahiran Malang, Jawa Timur. Ia memulai kariernya melalui SoundCloud dengan mengunggah beberapa lagu cover pada 2015 lalu.

Kemudian ia merilis single perdananya bertajuk Kultusan pada 2017. Kerja keras disambut manis, lagu ini banyak didengarkan secara digital. Setahun berselang lahirlah lagu Ikat Aku di Tulang Belikatmu. Namanya semakin dikenal bahkan menjadi salah satu nominasi AMI Awards 2018. Karya terbaru, ia hadir dengan Amin Paling Serius dengan manggaet rekan duet Nadin Amizah. 

https://www.youtube.com/embed/ZRMDxjRdJV8

Baca Juga: 10 Penyanyi Dangdut Paling Laris Selama Tahun 2019, Ada Idolamu?

6. Rizky Febian

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin Ademinstagram.com/rizkyfbian

Di usia yang masih sangat muda, Rizky Febian semakin memantapkan langkahnya berkarier di dunia tarik suara. 2014 hingga 2016, ia merilis dua album kompilasi. Baru pada 2018 ia merilis album solo pertamanya berjudul Jejak. Melalui lagu Menari, ia masuk sebagai satu dari enam nominasi solo pria terbaik Anugerah Musik Indonesia 2019. 

Selain memiliki suara merdu, Rizky nampaknya juga mendapatkan pelajaran akting dari orangtuanya. Tercatat ia telah membintangi empat film sejak 2011 lalu dan lima judul serial televisi. Multitalenta deh!

https://www.youtube.com/embed/i9o_-d8BiG8

7. Rendy Pandugo

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin AdemInstagram.com/rendypandugo

Rendy Pandugo merupakan salah satu solois pria Indonesia yang lagu-lagunya menemani masa-masa sulit dan bahagiamu. Pria 34 tahun ini telah tiga tahun berkarya di industri musik dalam negeri. Ia mulai mencuri perhatian publik saat berhasil membawakan Sebuah Kisah Klasik milik Sheila On 7 dengan gaya khasnya. 

Rendy kemudian merilis I Don't Care pada 2016 yang merupakan bagian dari album pertamanya The Journey yang rampung setahun kemudian. Ia juga banyak melakukan aktivitas kolaborasi, salah satunya membentuk tim bersama Afgan Syahreza dan Isyana Sarasvati. 

https://www.youtube.com/embed/N4o9HfDu7wQ

8. Kunto Aji

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin AdemIDN Times/Ramadani Barus

Mengawali karier dari ajang pencarian bakat di televisi, Kunto Aji sukses mendapatkan kepercayaan masyarakat. Ia konsisten merilis karya-karya terbaru selama lima tahun terakhir. Single Terlalu Lama Sendiri  meraih sukses dan banyak didengarkan oleh pencinta musik Indonesia. Ia kemudian merilis album Generation Y pada 2015 yang berisikan delapan lagu. Tiga tahun kemudian disusul dengan album Mantra Mantra dan berhasil menjadi salah satu nominasi penyanyi solo pria terbaik AMI 2019. 

Pada November lalu, ayah satu anak ini merilis musik video lagu Pilu Membiru yang menjadi trending pertama YouTube Indonesia. Hanya dalam waktu 24 jam, jutaan penonton menyaksikan karya penuh dedikasi dari Kunto Aji dan tim. 

https://www.youtube.com/embed/1JskEYFuUpA

9. Judika

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin Ademinstagram.com/jud1ka

Membahas perihal solo pria populer, tentu kita tak dapat melewatkan Judika Nalon Abadi Sihotang alias Judika. Sejak 2015, ia konsisten mengeluarkan album dari tahun ke tahun, seperti Seri Cinta bersama para kontestan Indonesian Idol, One, Setengah Mati Merindu, Mencari Cinta, Hati & Cinta, The Best of Judika dan Judika. Tahun ini, single hitsnya Cinta Karena Cinta menjadi salah satu lagu yang viral dan didengarkan puluhan juta orang di platform musik. 

https://www.youtube.com/embed/FZjk56FfdJY

10. Afgan Syahreza

10 Penyanyi Pria Indonesia Paling Populer di 2019, Suaranya Bikin Ademtrinityproduction.com

Terakhir, siapa lagi kalau bukan Afgan Syahreza. Pria yang khas dengan lesung pipinya memulai debut solo pada 2008. Lebih dari satu dekade berkarya, ia telah menghadirkan lima buah album.

Pria 31 tahun ini sempat terjun ke dunia akting. Yups, beberapa film berhasil dibintanginya dengan baik. Afgan melebarkan sayap ke luar negeri hingga mengadakan fanmeeting di Korea Selatan, nih. 

https://www.youtube.com/embed/U7xYq31QyzM

Itulah tadi deretan penyanyi solo pria terbaik yang menghiasi tangga lagu selama setahun terakhir. Sukses selalu untuk ke-10 musisi pria di atas, ditunggu karya-karya kerennya di masa depan. 

Baca Juga: 10 Penyanyi Dangdut Muda yang Diprediksi Laris Manis di Tahun 2020

Topik:

  • Erina Wardoyo
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya