Comscore Tracker

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja Salman

Barack Obama salah satu di antaranya, lho!

Jakarta, IDN Times - Masjid Istiqlal adalah Masjid Nasional Republik Indonesia (RI) yang juga tercatat sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. Dengan status tersebut, kegiatan sampai kunjungan penting pun sering dilakukan di masjid kebanggaan masyarakat Indonesia itu. Masjid ini diresmikan pada 22 Februari 1978. Tanggal tersebut diperingati setiap tahunnya sebagai hari jadi Masjid Istiqlal.

Mengutip dari situs Pesona Indonesia milik Kementerian Pariwisata RI, Rabu (19/2), Masjid Istiqlal juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Selain itu, masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata dan landmark kota Jakarta.

Maka, tidak heran banyak tokoh dunia yang mengunjungi masjid ini saat mereka di Jakarta. Berikut ini beberapa tokoh dunia yang pernah mengunjungi Masjid Istiqlal:

1. Raja Salman

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanDok.IDN Times

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud berkunjung ke Masjid Istiqlal pada Maret 2017 lalu. Bahkan, pada saat kunjungannya, Raja Salman menghadiahkan kaligrafi ayat-ayat suci Alquran yang terbentuk dari helaian-helaian benang emas untuk Masjid Istiqlal.

Raja Salman berkunjung ke Masjid Istiqlal kurang lebih selama 15 menit. Bukan hanya ke Masjid Istiqlal, Raja Salman juga sempat mengunjungi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan.

2. Barack Obama

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanObama Berkunjung ke Istiqlal (Dok. Masjid Istiqlal)

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah mengunjungi Masjid Istiqlal sepuluh tahun lalu, atau tepatnya November 2010. Saat kunjungan itu, Obama tidak sendiri. Ia didampingi sang istri Michelle Obama. Bahkan, saat mendampingi Obama, Michelle terlihat menggunakan penutup kepala bercorak macam tutul.

Saat kunjungan itu, Obama sempat menuliskan pesan tentang kerukunan umat beragama di Indonesia yang patut dicontoh oleh negara lain. Ia juga menulis, kerukunan umat beragama yang terjadi di Indonesia dapat menjadi jembatan bagi perbedaan antara Muslim dengan dunia Barat.

3. Pangeran Charles

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanMasjid Istiqlal (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Putra mahkota Britania Raya Pangeran Charles adalah salah satu tokoh dunia yang pernah mengunjungi Masjid Istiqlal. Ia berkunjung tepatnya pada 1 November 2008.  

Pada saat kedatangannya, karpet merah pun lengkap menghiasi untuk menyambut di depan gerbang utama, Al Fattah. Sebelum masuk ke dalam Masjid Istiqlal, Pangeran Charles melepaskan sepatu dan hanya menggunakan kaos kaki berwarna hitam saat berkunjung. 

4. Bill Clinton

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanIDN Times/Kevin Handoko

Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton juga pernah mengunjungi Masjid Istiqlal pada 1994. Kunjungan tersebut adalah bagian dari rangkaian pertemuan para pemimpin Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

Pada kunjungannya, Clinton sempat melihat maket masjid dan beberapa sudut lantai dasar yang pernah menjadi ajang Festival Istiqlal. Lalu, Clinton juga mengamati proses pembuatan mushaf (jilid) Alquran yang dikenal dengan sebutan Mushaf Istiqlal.

5. Mahmoud Ahmadinejad

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanIDN Times/Ashari Arief

Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad adalah salah satu tokoh dunia yang pernah menginjakkan kakinya di Masjid Istiqlal. Ia datang berkunjung pada 2006 lalu. Bukan hanya sekedar berkunjung, Ahmadinejad juga menyempatkan diri untuk melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal kala itu.

6. Angela Merkel

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanDok.IDN Times/Istimewa

Kanselir Jerman Angela Dorothea Merkel berkunjung ke Masjid Istiqlal pada Juli 2012 lalu. Walaupun tidak seperti menggunakan kain penutup kepada seperti Michelle Obama, tetapi Merkel tetap melepas sepatunya sebagai bentuk toleransi.

Baca Juga: 3 Rahasia Sukses untuk Millennials Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal

7. Mike Pence

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanIDN Times/ Dini suciatiningrum

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence, saat kunjungannya ke Indonesia pada April 2017 lalu, menyiapkan agenda kunjungan ke Masjid Istiqlal. Saat itu, ia berkunjung ke Istiqlal bersama dengan sang istri dan kedua putrinya.  

Sama seperti tamu lainnya, keluarga Pence pun mencopot sepatu mereka sebelum masuk ke masjid yang memiliki daya tampung 200 ribu jemaah itu. Sang istri, Karen Pence beserta kedua putrinya juga terlihat menggunakan kerudung sebagai tanda toleransi.

8. Heinz Fischer

Tokoh-tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Istiqlal, Sebelum Raja SalmanMasjid Istiqlal (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mantan Presiden Austria Heinz Fischer datang mengunjungi Masjid Istiqlal saat kunjungannya ke Indonesia pada 10 November 2017. Fischer datang sekitar pukul 09.30 WIB dengan berjalan kaki menyeberangi jalan dari Gereja Katedral.

Tidak sendirian, Fischer didampingi oleh sang istri dengan dipandu oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Ali Mustafa pada saat itu. Sang istri pun terlihat mengenakan kerudung berwarna merah.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pemerintah Bangun Terowongan Istiqlal-Katedral, Ini Penjelasan Menag

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya