Comscore Tracker

Tanpa Fadli Zon, Ini Lima Nama Jubir Gerindra yang Ditunjuk Prabowo

Untuk menghindari adanya kesalahan informasi partai 

Jakarta, IDN Times -Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjuk lima kader partainya sebagai juru bicara (jubir) Gerindra. Lima orang yang ditunjuk adalah Ahmad Muzani, Sufmi Dasco Ahmad, Sugiono, Habiburokhman, dan Ahmad Riza Patria.

Ketua DPP Gerindra, Habiburokhman mengatakan, tujuan Prabowo menunjuk lima orang sebagai jubir untuk menghindari adanya kesalahan informasi atau pernyataan partai ke publik.

"Sebetulnya ini mekanisme biasa saja di setiap parpol, tentu ada mekanisme komunikasi resmi. Kita menginginkan sikap-sikap politik Gerindra bisa benar-benar diserap oleh publik," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12).

Baca Juga: PKB dan Gerindra Gelar Pertemuan, Cak Imin: Gerindra Makmum Masbuk

1. Saat disinggung tidak ada nama Fadli Zon, Habiburokhman menekankan itu kewenangan ketum

Tanpa Fadli Zon, Ini Lima Nama Jubir Gerindra yang Ditunjuk PrabowoWakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon menghadiri Reuni 212 di Monas, Senin (2/12). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Saat disinggung mengenai tidak adanya nama Fadli Zon dalam daftar jubir, Habiburokhman mengatakan, hal itu merupakan kewenangan mutlak dari Prabowo sebagai ketua umum (ketum) partai.

"Saya gak tahu ya, itu kewenangan bos (Prabowo), saya salah satu yang ditunjuk. Ya saya menjalankan saja," tutur Habiburokhman.

Habiburokhman mengatakan, selalu ada kemungkinan penambahan jumlah jubir Gerindra. Walaupun, semua itu tentunya tetap kewenangan Prabowo.

2. Penunjukan jubir merupakan hasil masukkan dari masyarakat

Tanpa Fadli Zon, Ini Lima Nama Jubir Gerindra yang Ditunjuk PrabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 22 November (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ia juga mengatakan, penunjukan jubir partai muncul karena banyaknya pertanyaan dari masyarakat mengenai sikap Gerindra terhadap suatu hal. Sehingga, tambah Habiburokhman, ditunjuklah secara resmi lima orang tersebut demi ketepatan informasi.

"Di antaranya mempertanyakan Pak Arief Poyuono, beliau kawan baik saya, beliau orang baik. Tetapi memang kadang-kadang terjadi miss komunikasi," kata Habiburokhman.

3. Tiap kader tetap miliki hak bersuara, tapi tidak otomatis jadi pernyataan partai

Tanpa Fadli Zon, Ini Lima Nama Jubir Gerindra yang Ditunjuk PrabowoIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Habiburokhman menjelaskan, walaupun Prabowo telah menunjuk lima orang sebagai jubir, tapi setiap kader tetap memiliki hak untuk berbicara ke publik. Namun, hal tersebut tidak dapat disimpulkan sebagai pernyataan partai.

"Tentu ya, semua kader, semua pengurus punya hak bicara tetapi tidak otomatis mengatasnamakan partai. Jadi, ditunjuk beberapa orang menjadi juru bicara kalau teman-teman ingin konfirmasi sikap Partai Gerindra," jelas Habiburokhman.

Baca Juga: Gerindra Bantul: Akar Rumput dan Kader Ingin Gerindra Jadi Oposisi

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya