Menteri Tjahjo: Tahap SKB CPNS 2019 Berlangsung September-Oktober 2020

Sempat ada penundaan seleksi CPNS 2019 karena COVID-19

Jakarta, IDN Times – Pemerintah melalui Kementeri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memutuskan untuk meniadakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020. MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan, keputusan tersebut berkaitan dengan masih bergulirnya proses penerimaan CPNS 2019.

“Penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Pelaksanaan SKB ini tertunda karena pandemik COVID-19,” ujar Tjahjo melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Ditunda! 

1. SKB CPNS 2019 akan dilaksanakan pada September-Oktober 2020

Menteri Tjahjo: Tahap SKB CPNS 2019 Berlangsung September-Oktober 2020Pelaksanaan tes SKD CPNS Pemprov Jatim, Rabu (12/2). Dok Humas BKD Jatim

Menurut Tjahjo, SKB CPNS 2019 akan dilaksanakan pada September-Oktober 2020. Ia menjelaskan, kementeriannya terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan dalam kegiatan tersebut.

“Kementerian PAN-RB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB atau Gugus Tugas COVID-19 dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” jelasnya.

2. CPNS 2021 rencananya akan tetap dilaksanakan

Menteri Tjahjo: Tahap SKB CPNS 2019 Berlangsung September-Oktober 2020Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia mengatakan, CPNS 2021 rencananya akan tetap dilaksanakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

“Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemik COVID-19,” ujarnya.

3. Penerimaan mahasiswa kedinasan akan tetap dibuka dan berlangsung sesuai jadwal

Menteri Tjahjo: Tahap SKB CPNS 2019 Berlangsung September-Oktober 2020Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 19 Novembet 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa kedinasan seperti sekolah kepolisian dan militer akan tetap dibuka dan berlangsung sesuai jadwal yang ada.

"Kedinasan yang memang sudah terprogram seperti Akpol, Akmil itu ada, yang lain tetap (dilaksanakan) di 2021," kata Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Nelangsa CPNS Palembang, Setahun Belum Dilantik dan Gaji di Bawah UMK 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya