Comscore Tracker

Pemerintah Putuskan SKB CPNS 2019 Dilaksanakan September-Oktober

Sempat ada penundaan seleksi CPNS 2019 karena COVID-19

Jakarta, IDN Times - Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kembali berlanjut. Setelah sempat terhenti karena pandemik COVID-19, tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilaksanakan pada September hingga Oktober 2020.

Menurut MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo, pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dalam pelaksanaan SKB CPNS 2019.

“Kementerian PAN-RB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB atau Gugus Tugas COVID-19, dan Kemenkes, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” kata Tjahnjo melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (8/7/2020)..

1. Penerimaan CPNS 2020 ditiadakan

Pemerintah Putuskan SKB CPNS 2019 Dilaksanakan September-OktoberPelaksanaan tes SKD CPNS Pemprov Jatim, Rabu (12/2). Dok Humas BKD Jatim

Tjahjo menjelaskan, ppemerintah memutuskan untuk meniadakan rekrutmen CPNS tahun 2020. Alasannya, pelaksanaan tahapan CPNS 2019 masih bergulirnya.

“Penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap SKB. Pelaksanaan SKB ini tertunda karena pandemik COVID-19,” ujar Tjahjo.

Baca Juga: Setahun Menunggu, 766 CPNS Palembang Akhirnya Dilantik

2. CPNS 2021 rencananya akan tetap dilaksanakan

Pemerintah Putuskan SKB CPNS 2019 Dilaksanakan September-OktoberIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia mengatakan, CPNS 2021 rencananya akan tetap dilaksanakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

“Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemik COVID-19,” ujarnya.

3. Penerimaan mahasiswa kedinasan tetap dibuka dan berlangsung sesuai jadwal

Pemerintah Putuskan SKB CPNS 2019 Dilaksanakan September-OktoberMenpan RB Tjahjo Kumolo memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 19 Novembet 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selanjutnya, ia menjelaskan terkait penerimaan mahasiswa kedinasan seperti sekolah kepolisian dan militer, akan tetap dibuka dan berlangsung sesuai jadwal yang ditentukan.

"Kedinasan yang memang sudah terprogram seperti Akpol, Akmil itu ada, yang lain tetap (dilaksanakan) di 2021," kata Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Nelangsa CPNS Palembang, Setahun Belum Dilantik dan Gaji di Bawah UMK 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya