Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Tokoh Millennial Tervokal di Media 

Nadiem di peringkat 2, Gibran duduk di posisi ketiga

Jakarta, IDN Times - Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah terpilih menjadi tokoh millennial nomor satu paling vokal di media daring di Indonesia. Data itu disampaikan dari Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan perangkat lunak Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan. 

Berdasarkan keterangan tertulis yang dibuat I2, ada 10 tokoh millennial yang mendapatkan sorotan dan pemberitaan sepanjang tahun 2019. Mereka menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisa data dari 4.019 media daring di Indonesia. 

"10 tokoh millennial terpegah (top person) yang paling mendapat sorotan media dalam riset media ini adalah mereka yang lahir pada tahun 1983 atau setelahnya dan bukan berasal dari kalangan artis atau dunia hiburan," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang dalam keterangan tertulis dan dikutip kantor berita Antara pada Sabtu (28/12).

Berdasarkan data yang dimiliki oleh I2, total pemberitaan mengenai Febri di media daring mencapai 67.272 berita. Selain itu, pernyataan Febri yang dikutip oleh media mencapai 206.369 pernyataan. 

Lalu, pernyataan mengenai apa saja yang banyak dikutip dari pria yang kini bertugas sebagai Kepala Biro Humas KPK itu di media daring?

1. Febri banyak beri pernyataan terkait kinerja KPK dan kasus teror yang dialami Novel Baswedan

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Tokoh Millennial Tervokal di Media IDN Times/Denisa Tristianty

Berdasarkan data dari I2, Febri terpilih menjadi tokoh millennial paling vokal pada 2019. Mantan jubir berusia 36 tahun itu rutin memberikan keterangan kepada awak media terkait dengan segala kinerja dan isu yang menyangkut KPK. 

Selain membahas tentang kinerja KPK, Febri juga sering banyak muncul di media dengan membicarakan sejumlah isu lainnya.

"Antara lain polemik revisi UU KPK, pemilihan pimpinan KPK periode 2019—2023, dan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan," ujar Rustika.

I2 mencatat, total pemberitaan tentang Febri di media daring mencapai 67.272 berita. Selain itu, pernyataan Febri yang dikutip media mencapai 206.369 pernyataan.

Baca Juga: Lika-Liku Karier Febri Diansyah di KPK Hingga Mundur dari Posisi Jubir

2. Posisi kedua ditempati oleh Mendikbud Nadiem Makarim

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Tokoh Millennial Tervokal di Media Temu media bersama Mendikbud Nadiem Anwar Makarim (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sementara, di posisi kedua, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, berada di posisi kedua sebagai tokoh millennial paling vokal 2019. 

Media banyak mengutip pernyataan Nadiem ketika ia dipilih masuk kabinet Jokowi. Jumlahnya mencapai 25.989 pernyataan.

3. Gibran beri 17 ribu pernyataan terkait pencalonannya di Pilkada 2020

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Tokoh Millennial Tervokal di Media (Instagram/@gibran_rakabuming)

Sedangkan, di posisi ketiga dihuni oleh putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Ia banyak dikutip oleh media lantaran maju mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo tahun 2020. 

"Adapun putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka (32 tahun), ada di posisi ke-10 Tokoh Millennial Terpegah," kata Rustika. 

Rustika menjelaskan, pemberitaan tentang Gibran mencapai 12.721 berita. Sebagian besar membahas  hal-hal yang berhubungan dengan rencananya maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta.

Lalu, komentar Gibran yang berkaitan dengan rencananya maju dalam pemilihan Wali Kota Surakarta telah dikutip oleh media daring sebanyak 17.605 pernyataan.

4. Millennial tervokal selanjutnya diisi peneliti, pengamat politik hingga pimpinan daerah

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Tokoh Millennial Tervokal di Media Peneliti ICW Kurnia Ramadhana (antarafoto)

Peneliti INDEF Bhima Yudhistira (30 tahun) dan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago (33 tahun) bertengger di posisi ke-4 dan ke-5 Tokoh Millennial Tervokal.

Pernyataan Bhima Yudistira dikutip media daring sebanyak 17.195 kali, sedangkan Pangi Syarwi Chaniago 17.012 pernyataan.

Lima nama lain yang melengkapi daftar 10 besar tokoh millennial paling vokal pada tahun 2019 adalah Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (33 tahun) dengan 15.479 pernyataan dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (35 tahun) dengan 14.990 pernyataan.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (36 tahun) dengan 13.015 pernyataan, peneliti ICW Kurnia Ramadhana (27 tahun) dengan 12.719 pernyataan, dan Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta Eva Chairunisa (35 tahun) dengan 9.560 pernyataan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 10 Gaya Gibran Rakabuming Blusukan Temui Warga dan Relawan

Topik:

Berita Terkini Lainnya