Comscore Tracker

Presiden Jokowi Prioritaskan Penanganan COVID-19, Ekonomi Kemudian

Kesehatan adalah kunci ekonomi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menegaskan jika kesehatan menjadi kunci penting pertumbuhan ekonomi di tengah pandemik COVID-19. Ia meminta jajarannya memprioritaskan penanganan COVID-19, sedangkan penanganan ekonomi bisa menyusul kemudian di belakangnya.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan arahan di Sidang Kabinet Paripurna tentang Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021, disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (7/9/2020).

1. Jokowi sebut kesehatan menjadi kunci ekonomi

Presiden Jokowi Prioritaskan Penanganan COVID-19, Ekonomi KemudianPetugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Di hadapan jajarannya, orang nomor satu di Indonesia itu mengingatkan tentang kesehatan yang menjadi kunci perekonomian Indonesia. Kesehatan katanya harus diatasi dengan baik, jika ingin pertumbuhan ekonomi baik juga.

"Yang perlu saya ingatkan, sekali lagi bahwa kunci dari ekonomi kita agar baik adalah kesehatan yang baik," kata Jokowi.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Diprediksi Lambat, Indonesia Semakin Dekat ke Resesi

2. Jokowi minta penanganan COVID sebagai prioritas

Presiden Jokowi Prioritaskan Penanganan COVID-19, Ekonomi KemudianDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi pun meminta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar fokus pada penanganan COVID-19. Penanganan ekonomi menyusul menjadi prioritas setelah itu.

"Saya ingin perintahkan jajaran Komite Penanganan COVID dan Pemulihan Ekonomi, Menkes, dan TNI-Polri, betul-betul agar yang berkaitan dengan urusan penanganan COVID betul-betul menjadi fokus kita. Ekonomi akan mengikuti," tutur Jokowi.

"Sekali lagi kalau penanganan COVID baik, kalau kesehatan baik, ekonominya juga akan membaik," tambahnya.

3. Kesehatan yang baik akan diikuti ekonomi yang baik juga

Presiden Jokowi Prioritaskan Penanganan COVID-19, Ekonomi KemudianIlustrasi perekonomian Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Jokowi, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi maka jajarannya harus fokus terhadap penanganan COVID-19. Ia meminta agar fokus terlebih dulu terhadap kesehatan.

"Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik. Artinya fokus kita tetap nomor satu adalah kesehatan adalah penanganan COVID. Karena memang kuncinya ada di sini," ujarnya.

Baca Juga: 100 Dokter Gugur, DPR Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan COVID-19

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya