Comscore Tracker

5 Karakter Ini Bikin Kamu Jadi Calon Menantu Idaman 

Kalau positif, kenapa gak coba luluhkan hatinya?

Menikah tak hanya perkara mencintai pasangan, tapi juga mengasihi mertua selayaknya orangtua kandung. Tapi ada kalanya setiap pasangan mengaku kesulitan untuk membaur dengan mereka.

Agas bisa hadir di tengah-tengah keluarga baru dan bisa diterima dengan baik, sangat penting untuk mengenal dan memahami karakter keluarga pasangan, khususnya calon mertua. Tentunya mereka juga mencoba mengenali sifat dan sikap calon menantunya. Seperti apa hal-hal yang umumnya diharapkan orangtua dari calon menantunya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Cekatan

5 Karakter Ini Bikin Kamu Jadi Calon Menantu Idaman IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Menyerahkan hidup anaknya kepada orang lain yang belum lama dikenal, sudah pasti berat bagi para orangtua. Waktu pertama kali bertemu, mereka akan mempertimbangkan calon mantunya dari berbagai aspek.

Ayah atau ibu pasanganmu mungkin akan menanyakan almamater, pekerjaan, kegiatan kamu sekarang, hingga hobi di akhir pekan. Setidaknya saat bersama mereka, kamu bisa responsif dan menunjukkan proaktif.

Kedua hal ini bisa menambah kualitas personalmu di pandangan mereka. Calon mertua akan menjadi lebih tenang ketika mereka tahu jika anaknya akan hidup bersama orang yang tepat. 

2. Tanggung jawab

5 Karakter Ini Bikin Kamu Jadi Calon Menantu Idaman IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Tanggung jawab yang harus dimiliki seseorang mencakup berbagai hal, bukan hanya tentang mencari nafkah atau merawat keluarganya kelak. Sebab pada aspek kecil itu, suami dan istri tentunya punya kewajiban yang untuk melakukannya.

Orang yang bertanggung jawab pada keluarga, memahami peran dirinya sebagai pasangan dan juga ayah atau ibu. Mereka mungkin akan menanyakan beberapa hal dasar dalam rumah tangga. Persiapkan jawaban sebelum membuka percakapan dengan mereka. 

3. Memahami tata kelola finansial

5 Karakter Ini Bikin Kamu Jadi Calon Menantu Idaman IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Calon mertua menyukai menantu yang memiliki skill manajemen yang bisa diandalkan. Tapi bagaimana meyakinkan mereka dan diri sendiri soal kemampuan mengelola finansial rumah tangga dengan benar? 

Ada baiknya memeriksa pemasukan dan pengeluaran per bulan. Kalau kamu bisa mengaturnya sedemikian rupa, mulai dari tabungan hingga investasi, hal ini bisa menjadi modal yang baik untuk hidup serumah bersama pasangan.

Kamu bisa berbincang tentang hal ini pada calon mertuamu. Membahas topik yang ringan bisa diselingi dengan topik agak berat, lho! Sebab dengan begini, mereka menjadi mengenal kemampuanmu dalam mengelola finansial.

Baca Juga: 6 Tips Tetap Tenang Ketemu Orangtua Pacar, Biar Dilirik Jadi Mantu!

4. Hormat pada orangtua

5 Karakter Ini Bikin Kamu Jadi Calon Menantu Idaman IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Sebelum menunjukkan manner yang baik pada calon mertua, perlu ditanyakan sudah sejauh mana perlakuan terhadap orangtua sendiri. Jika sudah terbiasa menghormati orang yang lebih tua, secara otomatis kamu tahu bagaimana menghormati mertuamu juga.

Hal ini memang tak bisa diukur dari sekali atau dua kali pertemuan. Namun setidaknya kamu bisa memperbanyak obrolan dan mendengarkan mereka. Sikap itu akan membuat mereka senang karena merasa dihargai. Selain kamu berusaha mengenal mereka lebih dalam, mereka juga bisa belajar mengenal. 

5. Bersikap dewasa saat menyelesaikan masalah

5 Karakter Ini Bikin Kamu Jadi Calon Menantu Idaman IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kemampuan calon menantu yang paling dicari pasangan anaknya adalah kemampuan dalam menyelesaikan masalahKamu mungkin adalah calon mantu yang berprestasi, punya bisnis besar, good looking, atau karakter dambaan lain yang diinginkan calon mertua.

Namun jika kamu masih bersikap kekanak-kanakan dan egois, bisa jadi calon mertua berpikir ulang untuk memercayai anakknya hidup bersamamu. Kedewasaan seseorang bisa tercermin dari bagaimana ia membawa diri, serta bagaimana mereka bekerja sama saat menyelesaikan masalah. Setidaknya, kamu mampu membaca lawan bicara.

Ketika seseorang berbicara, kamu harus tahu apa yang mereka inginkan dan memadukannya dengan apa yang kamu mau. Hal ini semacam trik simpel untuk mengambil hati calon mertua. 

Itu tadi karakter yang konon jadi idaman orangtua untuk calon mantu. Poin berapa yang belum ada di kamu? 

Itulah deretan karakter, sifat, dan sikap yang diidamkan orangtua kepada calon menantu pada umumnya. Jika ada beberapa hal yang kurang sesuai, segera belajar menjadi lebih baik.

Menikahi pasanganmu tak cukup hanya mencintainya saja, tapi ada keluarga besar di belakangnya. Belajar memiliki karakter-karakter di atas bisa berimbas positif dalam berumah tangga ke depannya.  

Baca Juga: 5 Aturan yang Harus Dipatuhi Jika Berkunjung ke Rumah Calon Mertua

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya