Comscore Tracker

Alami Lho! Ini 5 Cara Meluruskan Rambut dan Bukan Pakai Catok

Gampang banget, lho!

Catokan merupakan salah satu alat penata rambut yang memanfaatkan suhu tinggi untuk menjaga rambut agar tetap lurus dan teratur. Sayangnya, hal tersebut mampu mengakibatkan kerusakan pada rambut. Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk meluruskan rambut secara alami tanpa catokan.

1. Menggunakan minyak esensial

Alami Lho! Ini 5 Cara Meluruskan Rambut dan Bukan Pakai Catokunsplash/Priscilla Du Preez

Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak esensial dapat meluruskan rambut, akan tetapi dengan kandungannya yang beragam jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Untuk menggunakannya, coba campurkan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak serai, lavender, atau peppermint pada sampo atau kondisioner. Kemudian, gunakan produk tersebut seperti biasanya.

2. Memakai kondisioner setelah keramas

Alami Lho! Ini 5 Cara Meluruskan Rambut dan Bukan Pakai Catokfreepik/freepik

Kamu mungkin sudah mengetahui cara yang satu ini. Ya, menggunakan kondisioner merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk meluruskan rambut tanpa catokan. Sebab, kondisioner mengandung minyak, zat pelembap, serta kandungan lain yang mampu menjaga kelembutan dan kelenturan rambut. 

Agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, gunakanlah kondisioner setelah keramas secara rutin.

3. Menggunakan masker telur dan minyak zaitun

Alami Lho! Ini 5 Cara Meluruskan Rambut dan Bukan Pakai Catokpexels/Pixabay

Kandungan yang terdapat dalam telur dan minyak zaitun ternyata dapat mengembalikan protein pada rambut sehingga rambut menjadi lebih lurus dan mudah diatur. Untuk membuat masker dari kedua bahan ini, campur 2 butir telur dan 3 sendok makan minyak zaitun hingga rata. Kemudian, oleskan pada rambut dan biarkan selama 1 jam.

Lalu, bilas rambut menggunakan sampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker ini setiap satu minggu sekali.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat Badan

4. Menggunakan masker susu dan madu

Alami Lho! Ini 5 Cara Meluruskan Rambut dan Bukan Pakai Catokunsplash/HeatherBarnes

Kandungan protein pada susu dapat bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi rambut. Sedangkan, kandungan madu dapat mengunci kelembapan rambut dan membuatnya lebih berkilau. Oleh karena itu, jika kedua bahan ini dicampur, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa bagi rambutmu.

5. Menggunakan hairdryer

Alami Lho! Ini 5 Cara Meluruskan Rambut dan Bukan Pakai Catokunsplash/Element5 Digital

Meski sama-sama memanfaatkan suhu tinggi untuk meluruskan rambut, akan tetapi hairdryer terkenal lebih baik daripada catokan. Sayangnya, beberapa orang ternyata salah menggunakan alat yang satu ini, sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan patah. Nah, cara yang benar adalah dengan menggunakannya dalam mode cool blow dan dimulai dari akar hingga ujung rambut secara perlahan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meluruskan rambut secara alami tanpa catokan. Oleh karena itu, kurangi penggunaan catokan agar rambutmu dapat tumbuh lebih sehat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Manfaatkan Serbuk Teh untuk Perawatan Kulit, Murah dan Mudah!

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya