Comscore Tracker

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita 

Wanita zaman sekarang harus tangguh dengan cara ini!

Dimulai dari 25 November hingga 10 Desember, sebuah kampanye internasional sedang melakukan usaha untuk menghapus adanya tindak kekerasan pada wanita. Menurut kajian Komnas Perempuan, setidaknya ada lebih dari 35 wanita menjadi tindak kekerasan.

Masih banyak yang menilai bahwa perempuan adalah kaum yang rendah dan tidak bisa apa-apa. Tapi, seiring berjalannya waktu, perempuan harus menunjukkan bahwa mereka bisa segalanya dengan 7 hal di bawah ini! 

1. Mendukung kemandirian dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay/langll

Untuk bisa melakukan segalanya, kamu butuh menjadi sosok yang mandiri. Tidak sedikit-sedikit meminta bantuan, apalagi menyerah dengan keadaan. Kamu bisa melakukannya dengan tanganmu sendiri, jangan terlihat lemah dan tidak mau mencoba sesuatu hal ya.

2. Pelajari banyak keterampilan dan asah skill untuk berbisnis

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay/StockSnap

Banyak sekali perempuan di luar sana yang masih belum sadar mengenai pentingnya keterampilan. Banyak juga dari perempuan yang masih belum ingin memulai bisnis. Rupanya, pemikiran jadul mengenai perempuan yang harus di rumah masih banyak membelenggu kebebasan kaum hawa.

Nah, ini saatnya kamu mengubah pola pikir itu. Ajarkan kepada sesamamu di luar sana untuk menambah keterampilan dan berani untuk memulai bisnis.

3. Tingkatkan tabungan dan penghasilan

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay/StartupStockPhotos

Sudah saatnya kamu mulai melek investasi, selain untuk berjaga-jaga di keadaan darurat, kamu juga perlu untuk menunjang kehidupanmu. Meningkatkan tabungan dapat dimulai dengan mengurangi belanja yang kurang penting, sedangkan meningkatkan penghasilan dapat kamu lakukan dengan bekerja keras.

Baca Juga: Tak Melulu Soal Skincare, Ini 5 Alasan Wanita Lebih Baik Bekerja!

4. Bangun percaya diri mulai dari sekarang

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay.com/Free-Photos

Ketika kamu sudah mengasah keterampilan dan memiliki penghasilan, secara tidak langsung rasa percaya diri dalam dirimu akan muncul. Cintai dirimu sendiri dan sadari bahwa kamu adalah perempuan yang berharga. Hal ini akan membuatmu menjadi wanita tangguh dan kuat.

5. Berani mengungkapkan opini dan berekspresi

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay.com/Free-Photos

Terlepas dari kamu sebagai seorang wanita, kamu adalah manusia seutuhnya yang memiliki hak penuh untuk menyampaikan opini dan pendapat. Kalau kamu merasa tidak nyaman, maka katakan 'tidak'. Selain itu, kamu juga bebas untuk mengekspresikan apa yang kamu mau, tingkatkan rasa percaya dirimu.

6. Berani melaporkan ketika mengalami pelecehan, sekalipun itu 'catcalling'

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay.com/Anemone123

"Halo cantik, mau ke mana nih?"

Perempuan sering menjadi objek pelecehan karena dianggap makhluk lemah. Pelecehan ada dua bentuk, yaitu fisik dan verbal. Pelecehan yang umum dialami perempuan adalah secara verbal, atau catcalling karena hal ini sering dianggap biasa dan diremehkan.

Yuk, mulai berani bersuara dan melaporkan. Pelecehan harus segera ditindaklanjuti agar tidak terulang terus-menerus. Harga diri wanita lebih berharga dari apa pun dan itu harus dilindungi. 

7. Beri dukungan kepada sesama perempuan, jangan saling menjatuhkan

Kamu Bisa Lakukan Ini, pada Peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita pixabay.com/StockSnap

Setiap wanita memiliki pilihan dalam hidupnya. Entah itu menjadi ibu rumah tangga, mahasiswa, wanita karier, hingga menjadi single parent sekalipun. Hal yang ia pilih sudah sepatutnya kita dukung penuh, jangan malah dinyinyiri atau dijadikan bahan gosip. Pasalnya, dukungan itulah yang membuat sesama wanita jadi semakin tangguh dan kuat dalam menjalani hidup.

Punya tips lainnya? Bagikan di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Prinsip Wanita Tangguh, Kamu Punya Gak?

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya