Comscore Tracker

Masih Yakin Mau Melanjutkan? Kenali Ciri-Ciri Toxic Relationship Ini

Jadi berpikir dua kali, nih!

“Jatuh cinta berjuta rasanya”, begitulah potongan lirik lagu Titiek Puspa. Tak bisa dipungkiri, jatuh cinta memang menyenangkan namun juga kompleks. Setiap orang pasti ingin memiliki pasangan yang ‘sempurna’ dan menjalani hubungan yang bahagia.

Tapi, apakah setiap hubungan yang terlihat bahagia selalu sehat? Berikut merupakan ciri-ciri toxic relationship yang bisa membuat hubunganmu tidak sehat.

1. Saling menyalahkan

Masih Yakin Mau Melanjutkan? Kenali Ciri-Ciri Toxic Relationship IniPinterest/Mai Abdel

Seiring berjalannya sebuah hubungan, pasti ada permasalahan yang muncul. Jika kalian menyikapi permasalahan ini dengan saling menyalahkan dan bukannya mencari solusi, bisa jadi kalian sudah masuk lingkaran toxic relationship.

Saling menyalahkan tanpa adanya jalan keluar ataupun solusi, hanya akan membuat kesalahan itu berulang.

2. Cemburu berlebih

Masih Yakin Mau Melanjutkan? Kenali Ciri-Ciri Toxic Relationship IniPinterest/Couch Kimchi

Cemburu bisa jadi ungkapan rasa takut akan kehilangan. Namun, bagaimana dengan cemburu berlebih? Dalam hubungan, pasangan harus memupuk rasa percaya satu sama lain.

Jika pasanganmu selalu cemburu ketika kamu berkumpul dengan temanmu, atau cemburu saat kamu sedang chatting dengan orang lain, sudah dipastikan hubungan kalian tidak sehat. 

3. Sulit menjadi diri sendiri

Masih Yakin Mau Melanjutkan? Kenali Ciri-Ciri Toxic Relationship IniAsianwiki

Jika tidak bisa mengekspresikan diri sendiri di hadapan pasangan atau bahkan takut untuk menjadi diri sendiri, hati-hati! Kamu berada dalam hubungan tak sehat.

Kamu meninggalkan apa yang kamu suka karena pasanganmu melarang. Bahkan lebih buruk lagi, kamu tidak memiliki tujuan hidup karena terlalu fokus untuk menjadi sempurna baginya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang Tetap Bertahan dalam Hubungan yang Menyakitkan

4. Terlalu posesif dan mengatur hidupmu

Masih Yakin Mau Melanjutkan? Kenali Ciri-Ciri Toxic Relationship IniPinterest/Mai Abdel

Jika pasanganmu sudah terlalu sering menanyakan keseharianmu, bahkan cenderung berlebihan, kamu patut waspada! Jika sudah begini, mulai pertimbangkan deh tentang masa depan hubungan kalian!

Pasangan yang terlalu ikut campur kehidupan pribadi, bahkan hingga mengatur segala sesuatu di hidupmu, pasti membuatmu gerah juga. 

5. Sulit memiliki kehidupan sosial

Masih Yakin Mau Melanjutkan? Kenali Ciri-Ciri Toxic Relationship IniAsianwiki

Karena hidup selalu dipenuhi oleh pasangan, hal itu mempengaruhi kehidupan sosialmu. Tanpa disadari, kehidupan sosialmu perlahan menghilang.

Waktu bersosialisasi semakin berkurang. Lingkaran pertemanan semakin mengecil karena kamu tak bebas lagi untuk berteman, terutama dengan lawan jenis.

Dari ciri-ciri toxic relationship di atas, apa kamu mengalaminya? Jika iya, kamu sedang terjebak dalam hubungan yang tak sehat. Hubungan yang tak sehat dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Jika kamu berada dalam situasi ini, kemungkinan akan mengalami stres, depresi, dan peningkatan gangguan kecemasan. Yuk, segera bertindak sebelum hubunganmu semakin runyam!

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya