Comscore Tracker

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awet

Percaya dan memaafkan adalah kuncinya

Beberapa pasangan pasti pernah berpikir tentang seberapa kuat dan lama hubungan akan bertahan. Apalagi ketika menemui masalah, baik kecil hingga masalah besar. Rasa pesimis pun muncul ketika menemui pasangan yang sudah bertahun-tahun dan berbagi hal bersama, tetap kandas di tengah jalan.

Tapi sebelum keraguan itu muncul dan mengendap lama di pikiran, diperlukan komitmen kuat oleh pasangan agar bisa bertahan. Beberapa tanda di bawah ini bisa mengindikasikan seberapa kuat hubungan dan bertahan lama

1. Saling percaya dan mencintai bagaimanapun keadaannya

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awetunsplash/ Brendan Church

Jika cintamu atas dasar ketulusan, berjuang adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Saling percaya bahwa masalah yang dihadapi akan menemukan jalan tengah. Meski ada kalanya keraguan terbesit, namun kalian mau tetap saling mencintai dan menguatkan.

2. Saling memaafkan saat ada kesalahan, ada kelapangan hati dan penerimaan tanpa syarat meski pernah dikecewakan

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awetunsplash/ Amanda Sixsmith

Bukan berarti cinta itu membutakan, namun ketika sudah menjatuhkan hatimu pada seseorang; saat itu kamu harus siap dengan segala konsekuensinya. Sekecewa apa pun kamu dengan pasanganmu, kamu akan memaafkannya karena dia adalah pasanganmu.

Begitu pula dengan bagaimana pasanganmu menolerir kesalahan yang kamu lakukan. Menjalani hubungan dengannya membuatmu menjadi pribadi yang lebih dewasa.

3. Hubunganmu adalah tantangan, maka bosan bukanlah alasan untuk saling meninggalkan

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awetunsplash/ Jared Sluyter

Bosan menjadi hal yang wajar ketika menjalani hubungan selama bertahun-tahun. Namun kebosanan tidak bisa dijadikan alasan untuk meninggalkan atau berpisah. Sebuah pasangan, antara kamu dan dia, seharusnya menjadikannya sebagai tantangan.

Bikin hubungan menjali lebih berwarna. Lakukan beberapa hal menyenangkan yang dulu pernah dilakukan, atau cari ide atau alternatif untuk menyingkirkan kebosanan. Lagi-lagi, komitmen untuk terus bersama menjadi penting.

Baca Juga: 7 Tanda Cowok Akan Bertahan di Pernikahan sampai Maut Memisahkan

4. Bukan hanya komitmen, kalian mau saling menjaga keintiman dan passion

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awetunsplash/ Roberto Nickson

Bukan hanya komitmen yang terus dibangun, namun keintiman dan passion yang selalu dijaga akan mempererat hubungan. Semakin ketiga hal ini seimbang, semakin kalian merasakan kebahagiaan. Pasangan yang memiliki keseimbangan ini lebih mudah mengeluarkan hormon bahagia seperti oksitosin. Untuk pasangan yang sudah sah, melalui hubungan seks yang cukup, chemistry di antara kamu dan dia juga akan menguat. 

5. Mau membangun masa depan berdua adalah salah satunya tanda hubungan yang awet

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awetunsplash/Priscilla Du Preez

Apakah kamu pernah membicarakan tentang kapan kalian akan menikah? Atau hal-hal seperti berapa anak yang akan kalian punya nanti? Pasangan yang langgeng akan bersedia membagikan hal-hal yang berkaitan masa depan seperti ini. Jika kamu dan pasanganmu memiliki tujuan sama, maka itu secara tidak langsung akan menguatkan hubungan kalian.

6. Berbagi suka duka bersama akan membuat kalian lebih berani, berjuang dalam hubungan yang sebenarnya tinggal dijalani

6 Tanda Hubungan Ini Bikin Pasangan Awetunsplash/ Toa Heftiba

Bukan hanya ada ketika bahagia, namun salah satunya dari pasangan harus saling berbagi suka maupun duka. Kalian bukan orang yang menghindari hubungan hanya karena tidak ingin terabaikan. Sebab, hubungan yang sebenarnya adalah tentang berani berbagi luka.

Banyak orang menginginkan hubungan, namun takut akan penolakan. Jika kalian sudah melewati tahap ini, tinggal berjuang bersama pada hubungan yang sudah dijalani. 

Gimana, sudah menemukan enam tanda di atas dalam hubungan kalian? Selalu ingat tujuan awal menjalin hubungan dan mempertahankannya.

Baca Juga: Hubungan Kamu Akan Bertahan Lama Jika Sudah Lewati 7 Ujian Ini

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya