Comscore Tracker

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara Ini

Tenang dan redam amarahmu!

Sebagai manusia, kamu pasti pernah merasa amarah menyelimuti diri. Lantas, kamu sulit mengendalikan diri dan kurang fokus dalam beraktivitas. Pemicunya bisa karena stres, konflik, dan lainnya. Pasti semuanya membuatmu sulit berpikir secara jernih dan dengan kepala dingin. 

Sebenarnya, sangat mudah untuk meluapkan amarah di tempat kerja. Namun, lebih baik ini dihindari demi mempertahankan nama baik dan masa depan. Berikut ini adalah cara tangani emosi yang meninggi supaya kamu tetap profesional di kantor.

1. Ketika emosi negatif mulai menjalar di ubun-ubun, carilah udara segar di luar kantor terlebih dahulu

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara Iniunsplash.com/jp_photography

Ketika amarah mulai sulit dikendalikan dan kantormu belum kondusif untuk menenangkan diri, carilah udara segar di luar kantor. Lakukan segera sebelum rasa marah memuncak dan berujung pada reputasimu. Kamu bisa memilih kafe, rumah makan, atau sekadar jalan-jalan di luar kantor untuk mengatasinya.

2. Yang paling sering dilakukan orang-orang adalah curhat pada rekan kerja yang bisa dipercaya. Daripada dipendam, kenapa kamu tak berbagi?

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara IniPixabay.com/Free-Photos

Jika kamu tak kuasa memendam kekesalan sendirian serta tak kunjung mendapatkan solusi apa pun, jangan lupa bercerita pada rekan kerjamu. Jangan salah! Kegiatan ini membantumu untuk mendapatkan sudut pandang lain serta pemikiran yang lebih objektif.

Namun, jangan salah pilih orang ya! Pastikan ia atau mereka tidak terpengaruh secara pribadi akan masalahmu. Juga, ia/mereka dapat dipercaya sehingga tidak menggunakan momen itu untuk menjatuhkanmu kelak.

3. Sebelum melanjutkan pekerjaan lain, cobalah menarik napas dan tenangkan diri terlebih dulu. Jika perlu, pejamkan mata sejenak

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara IniUnsplash/Fernando Brasil

Walau terdengar sederhana, menarik napas dan membuangnya secara perlahan adalah cara yang cukup efektif untuk memperlambat detak jantung. Bahkan, ini akan memberikanmu kesempatan untuk meredakan emosi dan berpikir secara jernih. Setelah itu, lanjutkan pekerjaanmu dengan tenang. 

Baca Juga: 5 Cara Simple yang Justru Membuatmu Tambah Fokus Kerja, Sudah Coba?

4. Terapkan juga cara unik ini: menghitung dari angka satu sampai sepuluh agar keinginan marah teralihkan

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara Inipexels/Moose Photos

Menghitung angka satu hingga sepuluh akan memberikanmu kesempatan untuk diam sejenak, menenangkan diri, dan fokus. Pikiranmu pun akan dikeluarkan dari situasi stres yang membuatmu bereaksi secara emosional.

5. Jangan cuma fokuskan pikiranmu pada masalah sepele. Ingat selalu kalau masih banyak pekerjaan lain yang harus dituntaskan

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara Iniunsplash.com/Miguelangel Miquelena

Alihkan pikiranmu dengan hal yang lebih penting, seperti deadline atau ide baru untuk mengembangkan kualitas kerja. Jangan biarkan perhatianmu hanya fokus pada masalah yang sepele demi mengulik siapa yang salah. 

Terus-terusan mencari celah akan siapa yang bersalah, justru membuat amarahmu memuncak dan sulit diredakan. Fokuslah pada target yang akan dituju dan carilah solusinya! Jangan terlalu mengambil pusing hal-hal sepele atau kamu cuma buang-buang waktu!

6. Jika amarahmu terpendam karena atasan atau rekan kerja, cobalah mengalah namun tetap mencari solusinya

Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara IniUnsplash.com / LinkedIn Sales Navigator

Kalau rasa murkamu terpicu akibat permasalahan dengan rekan kerja yang sulit diselesaikan, hal itu pasti sulit untuk membuatmu fokus dan nyaman dalam bekerja. Namun, kamu bisa mencoba untuk mengalah dan menjadi pihak yang lebih bijak dalam menanggapi suatu permasalahan. 

Itu dia cara tangani emosi yang meninggi supaya tetap profesional di kantor. Hal-hal di atas juga dapat kamu terapkan untuk belajar bekerja di bawah tekanan, lho! Yuk, lakukan semuanya agar pekerjaanmu lebih baik dan lingkungan kerja terasa semakin nyaman. 

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Konflik di Tempat Kerja

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You