Comscore Tracker

IMS 2020: Ini Cara Presdir Unilever, Hemant Bakshi Cintai Keberagaman

Ini juga jadi kunci suksesnya, lho!

Di balik merek perawatan dan kebersihan rumah yang kita pakai setiap hari, pasti ada peranan Hemant Bakshi. Bagaimana tidak? Ia adalah Presiden Direktur Unilever Indonesia, yang produknya telah merajai pasar Indonesia.

Hemant Bakshi menjadi pembicara dalam sesi “The Future of Consumption in Fast-Growth Consumer Markets" di acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media. Hemant akan tampil di panggung “Visionary Leaders” by IDN Times, pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

1. Saat ini, Hemant Bakshi menjabat sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia. Siapa sangka kepemimpinannya di sini berawal dari magang?

IMS 2020: Ini Cara Presdir Unilever, Hemant Bakshi Cintai KeberagamanHemant Bakshi dalam acara BCA Young Community Conference 2019 di Hotel Kempinski, Jakarta. 3 September 2019. IDN Times/Hana Adi Perdana

Hemant adalah pria kelahiran India dan merupakan lulusan Teknik Kimia dari Indian Institute of Technology, Mumbai pada tahun 1986. Tiga tahun setelahnya, ia mendapat gelar MBA dari Indian Institute of Management di Ahmedabad.

Karier panjang Hemant yang sudah lebih dari 25 tahun ini, diawali dari posisi magang di Hindustan Unilever Limited (HUL). Saat itu, ia tak pernah terbesit berkarier selamanya di perusahaan consumer goods Unilever. Konon, ia berencana bekerja di sana hanya untuk 2-2,5 tahun saja, lho!

2. Pengalaman magang yang mengantarnya jadi pemimpin itu, membuat Hemant sangat bersyukur lantaran tidak semua orang bisa demikian

IMS 2020: Ini Cara Presdir Unilever, Hemant Bakshi Cintai KeberagamanBCA Young Community

Meski begitu, kini ia bersyukur dan merasa beruntung bisa terus memimpin di perusahaan itu. Baginya, tidak semua orang bisa berada di posisinya. Kedua, ada beberapa nilai perusahaan yang ia sukai. Nilai itu adalah integritas, kejujuran, dan rasa saling menghormati.

Selama bekerja di HUL, ia sempat memegang beberapa jabatan senior. Pada tahun 2008, ia menjadi Direktur untuk Customer Development. Sementara pada tahun 2012, ia diangkat menjadi Direktur Eksekutif untuk Home and Personal Care Business.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014, ia menjadi Presiden Direktur Unilever Indonesia. Pengangkatannya melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 27 November 2014 dan efektif per 1 Desember 2014.

Baca Juga: IMS 2020: Kendra Hanif, Sang Ilustrator di Balik Cover Majalah Tempo 

3. Bekerja di Unilever membuatnya punya kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang di seluruh dunia & tahu tujuannya

IMS 2020: Ini Cara Presdir Unilever, Hemant Bakshi Cintai Keberagamanunilever.co.id

Banyak kesempatan yang Hemant dapatkan setelah bergabung di Unilever. Ia bisa masuk ke berbagai kategori, pasar, dan fungsi dalam masyarakat.

"Yang paling saya hargai adalah kesempatan untuk bertemu dengan konsumen dan pelanggan di seluruh dunia. Untuk melayani kebutuhan mereka dan membuat dampak positif dalam kehidupan mereka adalah tujuan saya," sebut Hemant dalam LinkedIn.

4. Dalam memimpin sebuah perusahaan besar yang menyangkut kepentingan konsumen luas, ia percaya keberagaman tim memberi hasil yang baik

IMS 2020: Ini Cara Presdir Unilever, Hemant Bakshi Cintai Keberagamanunilever.co.id

Pernah bekerja di India lalu ke Indonesia, Hemant menikmati betul berada di lingkungan yang penuh diversitas. Terlebih, lingkungan itu tidak membeda-bedakan orang dari jenis kelamin, etnis, latar belakang, atau kepercayaannya.

"Saya benar-benar percaya bahwa tim yang beragam memberikan hasil yang lebih baik dan lebih memuaskan daripada yang lain," ia beberkan kunci suksesnya dalam LinkedIn.

Indonesia Millennial Summit 2020 adalah pertemuan independen para pemimpin millennial mengusung tema “Shaping Indonesia’s Future”. IMS 2020 digelar di Gedung Tribrata, Dharmawangsa Jakarta Selatan selama dua hari, 17 dan 18 Januari 2020. Acara ini menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten yang memiliki visi membangun Indonesia di masa depan. Dalam IMS 2020 diluncurkan pula Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Research Institute.

Saksikan perkembangan acara di saluran media sosial @idntimes.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: IMS 2020: Fakta-fakta Menteri BUMN Erick Thohir

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You