Comscore Tracker

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan 

Dikonsumsi rutin juga bagus untuk kecantikan

Bentuk jeruk nipis yang tak terlalu menarik dan rasanya yang sepat, membuat jeruk jenis ini kerap dipandang sebelah mata.

Ya, jeruk nipis itu hanya menjadi teman dalam wadah pembersih tangan, atau sekadar pelengkap pada kuah soto atau yang lainnya. Dimana kehadirannya tak terlalu penting.

Tapi jangan salah lho, dibalik bentuk dan rasanya berbeda dari jeruk-jeruk kebanyak, si nipis ini punya khasiat dan manfaat besar untuk kesehatan. Bermanfaat pula bagi kecantikan kalau rutin dikonsumsi. Di antaranya seperti tujuh berikut ini!

1. Pencernaan makin lancar dan antisembelit

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan gentleyogahalifax.com

Jeruk nipis bisa membantu tubuh mencerna makanan lebih baik sejak pertama kali dikunyah hingga diolah dalam organ pencernaan. Sifat asamnya bisa merangsang air liur memecah makanan. Ditambah lagi kandungan flavonoid dalam jeruk nipis bisa merangsang enzim-enzim pencernaan.

2. Membantu menurunkan berat badan saat diet

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Unsplash.com/Gesina Kunkel

Kalau kamu lagi menjalani program diet, konsumsi air jeruk nipis ternyata bisa banget membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena metabolisme tubuh bisa meningkat akibat rangsangan asam sitrat dan vitamin C dalam jeruk nipis.

Jadi, kalori dalam tubuh akan lebih banyak terbakar dan menyimpan makin sedikit timbunan lemak. Meski begitu, harus tetap diimbangi dengan olahraga teratur dan pola makan sehat agar hasilnya maksimal ya!

3. Menyeimbangkan gula darah

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan shethepeople.tv

Konsumsi air jeruk nipis seara rutin ternyata bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh agar tidak melonjak. Dengan begini, risiko terkena diabetes juga bakal menurun, deh. 

4. Gak perlu suplemen aneh-aneh, jeruk nipis bisa menjaga sistem kekebalan tubuhmu

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Unsplash.com/Gesina Kunkel

Seperti yang umum diketahui, buah bersifat asam mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. Jeruk nipis salah satunya.

Kedua kandungan tersebut bekerja untuk membantu tubuh melawan infeksi virus, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Kalau pun pada akhirnya terserang penyakit, seperti flu dan demam, jeruk nipis membantu merangsang produksi limosit dalam limpa dan memersingkat durasi kamu sakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pinang untuk Tubuh, Bisa Jadi Obat Kuat buat Pria Lho!

5. Menurunkan risiko terkena kanker

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan India.com

Kanker memang penyakit yang tidak pernah kita prediksi datangnya dan bisa menyerang siapa saja. Namun, kita bisa memerkecil persentase terjangkitnya dengan pola hidup sehat. Jeruk nipis dipercaya bisa menurunkan risiko terkena kanker, karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya.

6. Mencegah asam urat dan penyakit peradangan lainnya

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Unsplash.com/Gesina Kunkel

Mengonsumsi air dengan campuran jeruk nipis berguna untuk mengurangi penyakit asam urat. Penyakit ini biasanya muncul karena adanya pemecahan makanan berpurin tinggi, seperti daging dan kacang-kacangan.

Selain itu, jeruk nipis juga menurunkan risiko radang sendi atau arthritisn dan penyakit peradangan lainnya. Jurnal Annals of the Rheumatic Disease membuktikan kalau orang yang kurang mengonsumsi vitamin C punya risiko tiga kali lebih besar terserang arthritis daripada mereka yang asupan vitaminnya terpenuhi. 

7. Say good bye to kulit kusam dan kerut!

Kerap Diabaikan, Ini Lho 7 Manfaat Besar Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Unsplash.com/Bin Thiều

Percaya gak, kalau hasil dari perawatan alami seperti jeruk nipis bisa setara dengan produk skincare mahal, lho! Alasannya, karena kolagen kulit jadi makin kuat dengan adanya vitamin C serta flavonoid dalam jeruk nipis. Hasilnya, wajahmu akan makin cerah, kencang, sehat, dan bebas komedo.

Meski bermanfaat, kamu perlu memerhatikan beberapa hal sebelum rutin minum air jeruk nipis. Pastikan keadaan lambungmu sehat dan tidak ada riwayat penyakit maag atau asam lambung. Bukannya sehat, perutmu justru bisa sakit jika dipaksa.

Minum air hangat yang dicampur perasan jeruk nipis setiap bangun tidur saat perut masih kosong. Pastikan rasanya tak terlalu asam, tapi cukup segar. Sebaiknya diminum tanpa gula untuk menghindari kalori berlebihan dan hilangnya nutrisi dalam jeruk nipis. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You