Comscore Tracker

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Quarter Life Crisis

Jangan cemas dengan kualitas hidupmu ke depan

Quarter life crisis atau fase kamu merasa cemas dengan kualitas hidup di masa depan. Fase ini kerap datang saat kamu memasuki usia 25 tahun. Bukan langkah yang tepat ketika kamu membandingkan diri dengan orang lain. Nah, 5 cari di bawah ini bisa membantu kamu mengatasi quarter life crisis.

1. Cari sebab untuk menghasilkan solusi tepat

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Quarter Life Crisispexels.com/ledakan

Pasti ada sebuah alasan yang membuat kamu berada di fase ini. Coba berpikiran positif dengan mencari apa yang kamu takutkan atau khawatirkan di masa depan. Ddengan begitu kamu bisa tahu bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

2. Setop bandingkan dirimu dengan orang lain!

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Quarter Life Crisissmilehappy.ru

Biasanya penyebab yang memicu quarter life crisis adalah membandingkan dirimu dengan orang lain. Apalagi orang-orang tersebut terlihat bahagia. Padahal perlu diketahui, belum tentu apa yang kamu lihat kehidupannya di media sosial sudah sesuai dengan kenyataan.

Alih-alih membandingkan diri dan merasa terpuruk, lebih baik kamu jadikan semua itu sebagai motivasi dan pemicu untuk berusaha lebih keras agar menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Yakinkan diri jika kamu dapat merupakan hal terbaik bagimu

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Quarter Life CrisisPexels/Stephan Seeber

Setelah berhenti membandingkan diri dan mengubahnya menjadi motivasi, kamu harus lebih bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki saat ini. Anggap semua itu merupakan suatu hal yang sudah ditetapkan dan menjadi yang terbaik bagi dirimu.

Ingat, apa yang kamu inginkan belum tentu apa yang benar-benar kamu butuhkan.

Baca Juga: 9 Kenyataan Pahit Quarter Life Crisis yang Justru Bakal Menguatkanmu

4. Berhenti memikirkannya secara berlebihan dan mulai menerimanya

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Quarter Life Crisisunsplash.com/Paola Aguilar

Ketika mengalami quarter life crisis, kamu pasti merasa bahwa dirimu tidak sempurna seperti orang lain. Pemikiran ini justru dapat membuatmu semakin terpuruk.

Cobalah untuk berhenti memikirkannya secara berlebihan dan mulai menerima kondisi sekarang. Jangan sampai usaha untuk membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik, malah membuatmu tidak nyaman karena menjadi bukan versi dirimu sendiri. Be yourself!

5. Konsultasi dengan orang yang sudah mengalaminya

Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Quarter Life CrisisPexels/Christina Marillo

Ketika kamu mulai mengalami fase quarter life crisis, pasti kamu tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Atau bahkan kamu tidak memahami apa yang sedang kamu rasakan.

Oleh karena itu, coba menceritakan masalah yang kamu hadapi dengan orang yang pernah mengalami hal serupa. Mereka pasti bisa memberi saran-saran terbaik agar kamu bisa mengatasi fase quarter life crisis ini.

Demikian langkah yang bisa kamu ikuti ketika menghadapi quarter life crisis. Selamat mencoba dan menjadi lebih baik ya!

Baca Juga: 9 Tanda Quarter Life Crisis, Sering Menimpa Usia 25 Tahunan Nih!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya