Comscore Tracker

Cerita Briptu Husein Wakili Sumsel Ajang PTQ Nasional, Syiarkan Islam

Briptu Husein ingin syiarkan Islam dari Polri

Palembang, IDN Times - Petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Talang Kelapa Banyuasin bernama Briptu Muhammad Husein (27) menjadi satu-satunya peserta terpilih dari kepolisian pada ajang Pekan Tilawatil Quran (PTQ). Husein mewakili provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada PTQ nasional ke-52 di Takengon, Provinsi Aceh.

"Ini kesempatan ketiga saya mewakili daerah setelah sebelumnya di tahun 2012 dan 2015 gagal juara. Di tahun ini, saya harap dengan bertambahnya pengalaman dan ilmu, saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, dengan target juara," kata Husein, Sabtu (16/4/2022).

1. Cerita Husein gabung Polri karena Quran

Cerita Briptu Husein Wakili Sumsel Ajang PTQ Nasional, Syiarkan IslamBriptu M Husein mewakili Sumsel dalam acara PTQ Nasional ke-52 di Aceh (Dok: Humas Polda Sumsel)

Briptu Husein menjelaskan, dirinya bergabung dengan Polri bukan tanpa alasan. Saat itu dirinya masih kuliah semester dua di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri). Namun tawaran untuk menjadi anggota polisi datang melalui tes bakat.

Dirinya lantas memilih meninggalkan bangku kuliah untuk masuk menjadi anggota Polri. Menurutnya, Polri merupakan ladang dakwah yang bisa dimanfaatkan untuk mensyiarkan Islam.

"Saya pun lulus, dan memutuskan untuk berhenti kuliah karena ada motivasi sendiri untuk menyiarkan Islam di lingkungan Polri," jelas dia.

2. Cerita Husein perdalam ilmu agama keliling

Cerita Briptu Husein Wakili Sumsel Ajang PTQ Nasional, Syiarkan IslamWisata Religi Museum Al Quran Al Akbar Gandus Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Husein terpilih mewakili Sumsel dalam acara PTQ Nasional 2022, berkat bakatnya membaca Al Quran usai juara pada kegiatan PTQ RRI di Palembang 4-5 April lalu. Tidak butuh waktu lama dirinya pun ditunjuk mewakili bumi Sriwijaya.

Untuk memperlancar ilmu pembacaan Al Quran, Husein kerap belajar mendatangi ustaz, yang ada di Sumsel. Tak hanya itu, ia pun rutin berlatih sendiri, biasanya dilakukan setelah salat subuh.

"Latihan ini bertujuan agar suara tinggi dan napas panjang. Misalnya saya berlatih membaca surat Al Fatiha dengan satu tarikan napas. Atau dengan olahraga seperti lari dan berenang untuk memperlancar pernapasan," jelas dia.

3. Kapolda Sumsel apresiasi bakat Briptu Husein

Cerita Briptu Husein Wakili Sumsel Ajang PTQ Nasional, Syiarkan IslamKapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kegigihan Husein menyalurkan bakatnya di lingkungan Polri dan masyarakat luas, diapresiasi oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto. Menurut Toni, anak buahnya tersebut merupakan salah satu anggota polisi berprestasi di bumi Sriwijaya.

Selain aktif melayani masyarakat, Briptu Husein juga turut mengajar di Taman Pendidikan Quran Polsek Talang Kelapa. Husein saat ini membimbing sekitar 27 orang dengan beragam latar pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi.

"Kita berharap dengan keikutsertaan personel Polri tersebut diajang PTQ tingkat nasional tersebut menjadi motivasi dan dapat ditiru personel Polri untuk mempelajari Alquran serta mengamalkan Alquran," kata dia.

Baca Juga: Pertamina Apresiasi POLDA Sumsel Ungkap Oknum

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya