Comscore Tracker

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Orang Lain Sakit Hati

Apa kamu sering mengucapkannya?

"Pikir dulu sebelum bicara." Ungkapan seperti itu mendorong kita agar berhati-hati sebelum mengucapkan sesuatu. Sebab jika salah, ucapan yang keluar bisa menyakiti orang lain.

Namun tak jarang kita merespon beberapa hal dengan mengucapkan beberapa kalimat kepada orang lain. Ketidaksengajaan itu juga berlalu begitu saja, tapi ternyata tidak bagi lawan bicara kita yang sudah mendengarnya. Kalimat itu bisa saja menyakiti lawan bicara.

1. "Masa gitu aja gak bisa?"

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Orang Lain Sakit Hatihancinema.net

Kalimat "Masa gitu aja gak bisa?" sering kali keluar spontan saat menilai usaha orang lain. Ketika kita merasa yang ia kerjakan mudah tapi justru sulit dilakukan olehnya, tak karang kalimat semacam itu keluar.

Mungkin, kita berkata demikian untuk memicu semangatnya agar lebih berusaha lagi. Alih-alih makin terpicu, orang tersebut bisa merasa semakin down. Ia merasa gagal dan payah, atau bahkan meninggalkan pekerjaan itu karena merasakan kekecewaan.

Ada baiknya kita menyemangati seseorang dengan kata-kata yang lebih positif. Misalnya, "Ayo sedikit lagi, kamu pasti bisa!" atau "Ini sudah hebat, tapi ada koreksi tambahan..."

Baca Juga: Dear Orangtua, Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini ke Anak 

2. "Gitu aja, baper"

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Orang Lain Sakit Hatihancinema.net

Saat orang lain merasa down, tanpa sadar kita bisa mengatakan "Gitu aja, baper" kepadanya. Kita bisa latah mengatakan hal tersebut sebagai candaan, karena tidak merasa relate dengan apa yang ia alami.

Tapi perlu diIngat, setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Mereka yang sensitif bakal merasa seolah-olah dijatuhkan karena kalimat tersebut. Akhirnya, ia tambah sakit hati.

Sebaiknya kita harus intropeksi diri. Apabila dia down karena kita, renungkan tindakan apa yang sudah dilakukan hingga membuatnya sakit hati? Kalau iya, segera minta maaf karena telah menyakiti perasaannya.

3. "Kamu masih mending, aku..."

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Orang Lain Sakit Hatiimdb.com

Ketika orang lain bercerita, siapa yang sering membandingkan ceritanya dengan pengalaman sendiri? Tentu kita tanpa sadar pernah mengatakan, "Kamu masih mending, aku...."

Kalimat tersebut ternyata bersifat menjatuhkan. Kita seolah-olah menganggap apa yang ia alami tak berarti jika dibandingkan dengan kita. Secara kasar,kita sesungguhnya menganggap dia lebih payah.

Kalau memang ingin menghubungkan ceritanya dengan pengalaman kita sendiri, ubah kebiasaan perkataan menjadi "Aku dulu pernah mengalami hal yang sama" dan mulai bercerita. Kalimat ini lebih terdengar sejuk dan tak terkesan menjatuhkan.

Baca Juga: 5 Kalimat Terlarang yang Tidak Boleh Diucapkan Orangtua pada Anaknya 

4. "Kamu sih...."

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Orang Lain Sakit Hatiimdb.com

Siapa yang sering mengatakan "Kamu sih, lemah", "Kamu sih, telat", "Kamu sih, gak sabaran" dan sebagainya. Ternyata kalimat semacam ini bisa terkesan menjatuhkan orang lain.

Biasanya kita mengucapkan kalimat ini ketika merasa kesal dengan seseorang. Kekesalan itu membuat kita mencari kambing hitam untuk disalahkan. Akhirnya, kalimat tersebut keluar dari mulut kita sendiri.

Tak sekadar itu saja, kalimat ini juga sering kita ucapkan sebagai candaan. Padahal tidak semua orang bisa menerima candaan yang terkesan judgmental semacam itu.

5. "Kamu gak bakal ngerti!"

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Orang Lain Sakit Hatihancinema.net

Ketika merasa sedih atau tertimpa masalah, kalimat "kamu gak bakal ngerti" tanpa disadar kita ucapkan ke mereka yang peduli. Mungkin, kita mengatakannya karena tidak ingin dia ikut campur masalah kita. Tapi perlu diketahui, kalimat tersebut bisa bermakna kasar dan menjatuhkan.

Ada seseorang yang tulus dan peduli denganmu, namun kamu malah terkesan mengusirnya. Siapa sih yang gak bakal sakit hati? Bahkan, mereka yang tadinya berniat membantu malah bisa berubah menjadi tak peduli lagi setelahnya.

Itulah beberapa kalimat yang tanpa disadari sering kita ucapkan, tapi justru berujung menyakitkan orang lain atau terkesan menjatuhkan. Ada baiknya, segera berlatih untuk berpikir lagi sebelum mengucapkan sesuatu.

Baca Juga: 6 Kalimat yang Bikin Kamu Gak Bisa Sukses, Kurangi Mulai Sekarang!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya