Comscore Tracker

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Ini

Gak akan bersin-bersin, deh!

Menyukai kucing tapi memiliki alergi bulu merupakan sebuah dilema. Kita jadi tak bisa memegang, mengelus, apalagi menggendong hewan tersebut. Jika tetap saja mencoba, dipastikan kita akan bersin-bersin, mata menjadi berair, batuk, bahkan sesak napas.

Namun seseorang yang alergi bulu kucing, ternyata masih bisa memelihara hewan tersebut. Ada sejumlah ras kucing yang ramah untuk orang-orang dengan alergi. Mereka disebut sebagai hypoallergenic cat, artinya kucing yang minim menimbulkan alergi. 

1. Balinese

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inithesprucepets.com

Balinese merupakan ras kucing yang tergolong berbulu medium hingga panjang. Ia memiliki bulu yang cukup kokoh sehingga tidak mudah meninggalkan banyak rontokan. Kamu pun hanya perlu menyikatnya seminggu sekali sehingga tak merepotkan. 

Alasan lain kenapa Balinese ramah untuk orang yang alergi, ia memiliki tingkat protein Fel d1 yang rendah. Zat yang terkandung dalam saliva dan bulu kucing inilah yang sering kali memicu reaksi alergi pada manusia.

2. Sphynx

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inibravoanimals.com

Memiliki bulu yang sangat tipis tak hanya membuat Sphynx terlihat eksotis. Karakteristik ini ternyata juga membuat mereka cocok dipelihara oleh orang-orang yang memiliki alergi. 

Bulunya yang tipis tidak akan mengganggu saat rontok. Mengutip Omlet, protein Fel d1 juga jarang ditemukan pada kulitnya karena tidak ada rambut yang menahan.

3. Russian Blue

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inithesprucepets.com

Berikutnya adalah Russian Blue. Kucing yang satu ini memiliki bulu pendek tapi sangat lebat. Walau sebenarnya hal itu bukanlah alasan kenapa mereka cocok dipelihara oleh orang yang punya alergi.

Dilansir dari Spruce Pets, Russian Blue memproduksi protein Fel d1 dalam jumlah sedikit sehingga mereka jarang memicu alergi. 

4. Siamese

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inifreepik.com

Ras kucing yang satu ini sering kali menjadi pilihan orang karena mereka sangat ramah, playful, dan tak merepotkan. Siamese juga cocok dipelihara oleh orang dengan alergi. 

Kucing ras ini merupakan salah satu induk dari Balinese. Alasan utama kenapa kucing ini tidak memicu alergi adalah bulunya sangat jarang rontok. Kamu hanya perlu menyikatnya seminggu sekali.

5. Cornish Rex

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inithesprucepets.com

Meski tak sepopuler ras lain, bulu Cornish Rex ternyata cukup ramah untuk dipelihara, terutama bagi keluarga dengan anak kecil yang alergi bulu. Mereka memiliki tekstur bulu yang lembut walaupun ikal. Itulah alasan kenapa kerontokan yang ditimbulkannya sedikit, meski kamu sering mengelus-elusnya. 

Baca Juga: 7 Kucing Imut Ini Diam-diam Berbahaya, Bak Serigala Berbulu Domba

6. Siberian

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inipinimg.com

Siberian menjadi kucing yang anggun dengan bulu ekstra panjang. Sekilas kamu mungkin berasumsi bahwa kucing ini akan sangat merepotkan karena bulunya yang rontok ke mana-mana. 

Siberian adalah kucing yang ramah untuk orang-orang dengan alergi. Bulunya memang rontok, namun ia tidak memproduksi banyak Fel d1 sehingga sangat jarang menimbulkan alergi.

7. Oriental

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inishopify.com

Oriental adalah kucing yang dihasilkan dari persilangan antara American Shorthair, Abyssinian, dan Siamese. Kucing dengan telinga lebar ini memiliki bulu yang pendek nan mengilap yang jarang rontok.

Namun untuk mencegah reaksi alergi, kamu sebaiknya menggosok mereka dengan handuk yang sedikit basah seminggu sekali. Dengan begitu, bulu yang rontok tidak akan menyebar ke mana-mana. 

8. Selkirk Rex

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Iniltkcdn.net

Selkirk Rex memiliki wajah menggemaskan. Bulunya yang lebat dan fluffy menambah keimutannya. Namun sebagian orang takut memeliharanya, karena ras kucing ini dicurigai akan memicu alergi. 

Anggapan tersebut juga tidak benar. Bulunya yang lembut dan bergelombang memiliki akar yang kokoh sehingga tak akan menimbulkan banyak rontokan. 

9. Devon Rex

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inifreepik.com

Devon Rex sekilas terlihat seperti Sphynx, namun dengan bulu tipis dan bergelombang. Mereka merupakan kucing yang jarang memicu reaksi alergi. Seperti ras "Rex" lainnya, bulu Devon Rex jarang rontok dan minim Fel d1 sehingga tidak akan menyebarkan alergen. 

10. Bengal

Mau Pelihara Kucing Tapi Alergi Bulu? Coba 10 Ras Inishopify.com

Lalu ada si kucing eksotis, Bengal. Mengutip Omlet, tak ada penjelasan ilmiah kenapa kucing ini tidak memicu alergi. Namun diduga karena bulunya yang tidak banyak rontok dan mereka lebih suka beraktivitas di luar ruangan.

Itulah deretan kucing ras ramah bagi pecinta yang alergi terhadap bulu. Ternyata banyak juga, ya. Tak perlu khawatir alergi lagi, deh!

Baca Juga: Kucing 101: Ini Nama dan Asal-usul "Kucing Kampung" Indonesia!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya