Comscore Tracker

Doa Diberi Kemudahan Mendapat Rezeki dan Keberkahan Saat Berbisnis

Rezeki memang sudah diatur, tapi jangan berpaku tangan ya

Jakarta, IDN Times - Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya agar selalu berusaha dan tidak mengenal lelah, baik dalam hal mencari rezeki atau bertakwa kepada Allah SWT. Meski rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, namun bukan berarti kita hanya berdiam diri dan menunggu.

Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti berusaha dan dilanjutkan dengan berdoa. Tapi patut diingat, usaha yang dilakukan harus dengan cara yang halal dan tujuan baik.

1. Doa agar usaha maupun daganganmu berkah

Doa Diberi Kemudahan Mendapat Rezeki dan Keberkahan Saat BerbisnisIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Bagi kamu yang berprofesi sebagai pedagang, dagangan laris dan berkah adalah harapan terbesar. Bagi kamu yang sedang berusaha dengan cara lain, tentu juga menginginkan agar usahamu berkah dan mendapat hasil yang maksimal.

Lewat usahamu, Allah SWT tak mungkin diam. Ia menyuruh kepada umat-Nya agar berdoa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa yang bisa membantu usaha maupun dagangan laku keras hingga berkah.

"Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka 'alaa kulli syaiin qadiir."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

2. Doa bila kamu merasa rezekimu diperlambat

Doa Diberi Kemudahan Mendapat Rezeki dan Keberkahan Saat Berbisnisilustrasi doa (IDN Times/Sunariyah)

Dikutip dari buku doa-doa para nabi dan Auliya, di dalam kitab Al-Autsath, ath-Thabrani meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah r.a yang berkata, "Rasulullah saw bersabda, 'Siapa yang dianugerahi Allah suatu kenikmatan, hendaklah ia memperbanyak ucapan alhamdulillah',"

Sementara itu, siapa yang banyak dosa-nya, hendaklah memohon ampun kepada Allah SWT dengan membaca istighfar, dan siapa yang merasa diperlambat rezekinya, hendaklah banyak membaca "la haula wa la quwwata illa billah".

Ibnu Abi ad-Dunya meriwayatkan sebuah hadis marfu dari Asad bin Wada'ah, "Raasullah saw bersabda, "Barangsiapa mengucapkan la haula wa la quwwata illa billah sebanyak seratus kali setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya.".

3. Lakukan ikhtiar atau upaya semaksimal mungkin sebelum kenyataan tiba

Doa Diberi Kemudahan Mendapat Rezeki dan Keberkahan Saat BerbisnisIlustrasi Bekerja (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Ketimbang mengelu lalu marah tak jelas, lebih baik membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW tersebut setiap menghadapi kenyataan pahit atau berat. Yakinlah, doa yang dibarengi dengan ikhtiar pasti mendapatkan jalan terbaik.

Kalimat "Hasbiyallāhu wa ni'mal wakīl,” cukup terpuji bila seseorang mengerahkan upaya maksimal sebelum kenyataan tiba. Seseorang menjadi tercela menurut agama kalau hanya mengandalkan kalimat tersebut tanpa didahului oleh upaya maksimal atau ikhtiar.

Baca Juga: 5 Keutamaan Salat Tahajud, Hati Tenang Hingga Terkabulnya Doa-doa

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya