Comscore Tracker

Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalis

Nomor 5 udah punya belum?

Memilih tanaman untuk diletakkan di dalam ruangan haruslah sesuai. Mulai dari ukuran dan karakteristik tanaman. Sebab penempatan tanaman di area indoor, setidaknya perlu memahami apakah tanaman tersebut memiliki karakter bisa bertahan dengan cahaya sedikit hingga sedang. 

Sebagai contoh, lima tanaman di bawah ini memiliki karakter yang bisa hidup di dalam ruangan. Tak cuma Monstera, berikut kelima tanaman tersebut.

1. Pohon Ara Biola (Fiddle Leaf Fig)

Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalisleonandgeorge.com

Ruangan dengan gaya interior minimalis akan lebih hidup jika ditambahkan beberapa tanaman dengan daun berwarna hijau. Dikenal sebagai pohon Ara Biola atau Ketapang Biola di Indonesia, Fiddle Leaf Fig bisa dijadikan alternatif tepat dengan bentuk daun kaku lebar seperti biola. 

Uniknya, tanaman yang juga disebut ficus lyrata ini tidak mudah mengalami kerontokan meski daunnya sudah menguning. Pohon Ara Biola berasal dari Afrika dan cukup mudah dalam hal perawatan. Tempatkan Ara Biola di sudut rumah yang masih terkena sinar matahari namun tidak secara langsung.

2. Kaktus Anggur (Sedum Morganianum)

Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalisgreenandvibrant.com

Kaktus Anggur atau yang biasa dikenal sebagai Ekor Keledai termasuk jenis tanaman sukulen dan biasa digantung. Kaktus jenis ini bisa menghasilkan biji seperti air mata dan tumbuh turun ke bawah. 

Batangnya dapat tumbuh hingga dua meter berwarna kehijauan, berbaris seperti tetesan air. Sedangkan bunganya berwarna merah muda, kuning, serta putih, dan muncul di akhir musim panas. 

Baca Juga: 5 Tanaman Sukulen Terbaik di 2020, Selain Unik Juga Mudah Dirawat 

3. Pohon Karet Merah (Ficus Elastica)

Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalisproflowers.com

Pohon Karet Merah juga dikenal di Indonesia sebagai Karet Kebo yang berasal dari genus ficus. Tumbuhan ini bisa mencapai tinggi batang 25-30 meter dengan diameter batang sampai 2 meter. Tanaman ini cukup populer untuk ditempatkan di rumah karena penampakan indah dari daunnya yang lebar.

Ficus Elastica membutuhkan cahaya sedang dengan kisaran 3 dari 5 dan sebaiknya tidak terkena matahari langsung. Kamu dapat meletakkan di area jendela atau pintu dengan terang cahaya sedang.

Sementara untuk perawatan, tanaman ini lebih membutuhkan air di waktu musim panas. Kamu bisa menyeka daun dengan air agar tanaman mampu menyerap cahaya lebih baik. 

Untuk temperatur yang dianjurkan dari Karet Merah antara 60 derajat F- 70 derajat F. Keseimbangan temperatur udara membantu tanaman tumbuh subur. Tanaman Karet cukup sensitif pada suhu dan kelembapan, sehingga dianjurkan untuk menempatkan secara konsisten. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Terbaik yang Cocok Diberikan sebagai Hadiah, Cantik!

4. Daun Tradescantia (Inch Plant)

Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalismodernplantlife.com

Daun Tradescantia biasa disebut Inch Plant dan Wandering Jew yang berasal dari Meksiko, Kolombia, dan Amerika Tengah. Tanaman satu ini cukup unik karena daun yang memiliki pola seperti zebra dan menjuntai ke bawah. 

Untuk kebutuhan sinar matahari berada di partial shade atau teduh. Apabila ditanam di dalam pot, kamu dapat menyiapkan pot dengan ukuran 20-30 cm dengan media tanam humus atau tanaman kompos dengan intensitas penyiraman satu kali dalam sehari. 

Baca Juga: Mau Bikin Kamar Makin Estetis? Coba 5 Jenis Tanaman Berdaun Lebar Ini 

5. Peperomia Semangka (Watermelon Begonia)

Tak Cuma Monstera, 5 Tanaman Ini Juga Cocok untuk Interior Minimalisbalconygardenweb.com

Watermelon Begonia berasal dari Amerika Selatan, termasuk Bolivia, Brazil, Ekuador, dan Venezuela. Peperomia Semangka bisa tumbuh hingga 20 cm dengan bentuk daun oval asimetris. Seperti namanya, daun tanaman ini bercorak seperti kulit semangka.

Watermelon Peperomia tumbuh subur jika disandingkan dengan tanaman yang memiliki karakteristik sama. Tanaman ini cocok di taruh secara indoor karena hanya membutuhkan cahaya sedang dan punya toleransi dengan tanah kering. Tanaman ini juga ramah terhadap hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. 

Itulah deretan tanaman yang bisa dijadikan inspirasi untuk menghiasi rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulas

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya