Comscore Tracker

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistik

Alternatif tanaman dengan lahan sempit

Keterbatasan lahan di halaman rumah memang membuat kita harus jeli dan pintar mencari alternatif media tanam. Tapi, sistem tanam vertikal bisa dijadikan alternatif untuk tetap berkebun. Apalagi sistem satu ini hanya memakai metode vertikal yang biasanya melekat pada dinding interior atau eksterior bangunan. 

Sistem penanaman yang mengacu pada hidroponik ini mulai dikenal luas oleh ahli botani Prancis, Patrick Blanc pada tahun 90-an. Selain digunakan sebagai pembersih udara, berikut beberapa jenis tanaman untuk taman vertikal yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Lily Paris (Chlorophytum comosum)

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistikpinterest.com/crocuscouk

Lily Paris cocok dijadikan tanaman vertikal karena bentuknya yang memanjang dengan daun kecil. Sifatnya yang tahan terhadap sinar matahari, membuat Lily Paris tepat ditanam di area outdoor.

Bentuknya yang kecil memanjang pun terlihat indah dengan warna hijau muda kombinasi putih. Selain dapat menyaring udara yang masuk, Lily Paris juga termasuk tanaman yang mudah ditemui dan cukup populer di Indonesia.

2. Sirih gading (Epipremnum aureum)

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistiktheselfsufficientliving.com

Tanaman ini bukan hanya cocok untuk ditaruh di meja dalam ruangan, namun juga sebagai taman vertikal. Sirih gading yang juga punya nama lain Devil's Ivy merupakan tanaman merambat yang semi-epifit, cara tumbuhnya menjalar pada dinding. 

Selain mudah didapat, tanaman sirih gading bisa tumbuh setinggi 6 meter dengan akar gantung yang melilit di batang pohon. Perawatannya juga terbilang mudah. Cukup menyiram sekitar seminggu sekali saat permukaan tanah sudah kering. 

Baca Juga: Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbunga

3. Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistikmywalkaboutplants.com

Tanaman satu ini cukup eksotis yang berjenis paku-pakuan. Permukaan daunnya menyerupai tanduk binatang rusa yang terbalik 

Tanduk rusa dikembangbiakkan dengan spora dan sebagai tanaman epifit, di mana cara tanamnya menempel pada pohon atau tumbuhan lain yang menjadi inang. Tanaman ini cocok diaplikasikan di tempat teduh dengan media tanam sistem vertikal.  

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Akan Membuat Pagar Hunianmu Indah, Tetangga Pasti Kagum!

4. Air mata pengantin (Coral Vine)

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistikgardeningknowhow.com/Photo by Karimitsu

Namanya sangat tidak biasa, Coral Vine atau dikenal sebagai air mata pengantin di Indonesia. Tanaman ini termasuk dalam suku Polygonaceae yang berasal dari Amerika Tengah, khususnya Meksiko.

Tanaman ini biasa diaplikasikan di pagar atau dinding. Hal yang menarik dari tanaman ini adalah bunganya berwarna merah muda, dan memiliki banyak nektar. Beberapa serangga penyerbuk seperti kupu-kupu atau lebah, menjadi ekosistem di sekitar tanaman. 

5. Lee kwan yew (Curtain Creeper)

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistikarchdaily.com

Berbicara tanaman vertikal, memang kurang lengkap jika tak memasukkan Curtain Creeper ke dalam daftar. Tanaman ini cukup tren dan menjadi favorit pencinta tanaman hias, karena cara penerapannya yang hemat ruang. 

Tanaman rambat ini berasal dari Burma dan bisa tumbuh sepanjang tahun. Cocok ditempatkan di area outdoor dengan sinar matahari yang cukup, perawatannya pun cukup mudah. Pesonanya yang menawan, terletak dari bunga berwarna putih kombinasi pink.   

Baca Juga: Mengenal Tanaman Monstera Berdaun Unik, Ada yang Dijual Rp2 Juta

6. Tillandsia (Air Plant)

6 Tanaman Vertical Garden Ini Bikin Rumah Makin Sejuk dan Artistikhomesteadandchill.com

Tanaman satu ini tidak memerlukan tanah untuk bertahan hidup. Tillandsia tumbuh secara alami di media, atau tanaman lain sebagai epifit. Masuk dalam nanas-nanasan, tanaman ini punya penampilan indah jika diletakkan di teras rumah atau dinding balkon. 

Bulu-bulu halus di sekujur tubuh Tillandsia bermanfaat sebagai penangkap uap air dan debu yang mengandung zat hara. Tak perlu menggunakan tanah, Air Plant bisa ditanam secara vertikal atau ditempelkan pada pohon. 

Itulah daftar tanaman vertikal yang bisa digunakan sebagai penghias dan menambah sejuk rumah. Tanaman mana yang menjadi favorit kalian? 

Baca Juga: Pas Jadi Tanaman Gantung! Cantiknya 5 Bunga Ini, Jadi Bikin Happy Deh

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya