Comscore Tracker

5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumah

Ada yang membawa keberuntungan

Tanaman hias tak selalu diletakkan di ruang tamu atau kamar tidur. Tapi, ada juga tanaman hias yang menambah nilai estetis di kamar mandi. Meletakkan tanaman tertentu pada kamar mandi, juga dipercaya membawa keberuntungan lho!

Selain itu, menaruh tanaman hias di kamar mandi juga bisa menambah kesegaran. Berikut IDN Times rekomendasikan beberapa tanaman berdaun indah yang bisa digunakan untuk menghiasi kamar mandi.

1. Bambu rezeki

5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumahfeng-shui.lovetoknow.com

Bambu rezeki bisa ditempatkan sebagai interior dan ruangan jenis apa pun. Bentuknya memanjang dengan batang-batang melingkar dan daun panjang. Konon, jumlah batang tanaman ini menentukan berkah apa yang ingin didapatkan pemiliknya. 

Tanaman ini berasal dari Kamerun di Benua Afrika. Media tanam bambu rezeki bisa pada air, tempat yang dialiri air, atau tanah dalam pot. Asal menjaga kelembapan dan temperatur suhu antara 18,3 hingga 32,2 derajat selcius, tanaman yang biasa disebut bambu hoki ini bakal tumbuh subur. 

Baca Juga: 7 Jenis Anthurium Ini Cocok Menghiasi Rumah, Cantik dan Eksotis!

2. Lidah buaya

5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumahalmanac.com

Tumbuhan yang memiliki daun berdaging tebal dari genus aloe ini, berasal dari Arab. Tanaman liarnya telah menyebar di negara-negara tropis kering, termasuk Indonesia. Lidah buaya pun menjadi tanaman yang populer dan mudah ditemui dan sudah dimanfaatkan sebagai tanaman obat serta budidaya pertanian. 

Selain itu, kandungan baik seperti antioksidan, membuat tanaman ini kerap digunakan sebagai perawatan kulit. Aloe mengandung kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, Vitamin A, B, C, dan E. 

Aloe vera tidak memiliki batang. Tingginya berkisar antara 60-100 sentimeter dan dapat berkembang biak dengan tunas. Media tanah yang dibutuhkan aloe harus bersifat kering dan berpasir. Tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak. 

3. Aspidistra (cast-iron plant)

5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumahthespruce.com

Aspidistra atau tanaman besi cor merupakan tanaman hias yang kuat. Meski ringan, ia justru bisa bertahan hidup dengan membunuh tanaman yang lebih rendah. Tanaman berdaun oval ini tumbuh di tempat yang teduh, sehingga cocok untuk area kamar mandi.

Berasal dari Kepulauan Osumi, Jepang, spesies ini masih merupakan anggota keluarga lily. Tanaman besi cor punya kelopak bunga warna ungu kecil, yang tampak di dekat permukaan tanah serta sembunyi di bagian daun.  

Untuk merawatnya, Aspidistra membutuhkan cahaya semi teduh dengan kelembapan tanah sepanjang musim panas. Temperatur yang dibutuhkan adalah pada suhu 60- 80 derajat Fahrenheit. Kamu dapat menambahkan pupuk cair untuk mengontrol kesuburan. 

Baca Juga: Tak Hanya Indah, 6 Tanaman Ini Berguna Banget untuk Disimpan di Dapur

4. English ivy

5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumahamazon.co.uk

Tanaman ini merupakan perenial yang tumbuh merambat. Pertumbuhannya tergolong cukup cepat. Masih bagian dari famili Araliaceae, English ivy berasal dari Eropa dan Asia Barat. Daunnya indah menyerupai daun maple dan tumbuh dengan cara digantung. 

English ivy tumbuh subur pada dataran rendah dengan suhu antara 30-35 derajat selcius. Apabila ditanam di pot, diameter daunnya bisa mencapai 20-30 sentimeter. Media tanam yang digunakan adalah humus dan tanah kompos. Kamu dapat menyiramnya dua kali dalam sehari. 

5. Lily Paris

5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumahthespruce.com

Lily Paris atau dikenal sebagai spider plant bisa tumbuh setinggi 60 sentimeter. Tanaman dengan daun meruncing berwarna hijau kombinasi putih ini bisa ditanam dalam pot.

Bermanfaat sebagai pembersih udara, Lily Paris mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena. Tak hanya itu, tanaman yang mudah ditanam ini, bisa menyerap bahan kimia pada industri kulit, karet, atau percetakan lho!

Bagi kamu yang tak memiliki bakat berkebun pun bisa merawatnya. Cukup memilih tanah atau media tanam dengan drainase baik. Pilih media tanam vermiculite apabila menempatkannya pada ruangan.

Itulah beberapa pilihan tanaman hias berdaun indah yang diletakkan di kamar mandi. Selain menambah nilai estetis karena indah dipandang, tanaman ini memberi ketenangan dan kesejukan alami.

Baca Juga: Seperti Aromaterapi, 6 Tanaman Ini Berkhasiat untuk Hilangkan Stres  

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya