Comscore Tracker

5 Jenis Tanaman Cocok untuk Rumah Minimalis, Bisa Datangkan Rezeki Lho

Cek daftarnya di bawah!

Menghuni rumah minimalis dengan lahan terbatas, membuatmu harus pintar-pintar menyiasati setiap elemen di dalam rumah, termasuk memanfaatkan ruang minim untuk taman.

Meski terkesan "seadanya", namun sebenarnya rumah bisa dijadikan lebih indah dengan tanaman hias. Berikut IDN Times rekomendasikan lima jenis tanaman hias yang cocok untuk mempermanis ruangan rumah minimalis.

1. Sansevieria

5 Jenis Tanaman Cocok untuk Rumah Minimalis, Bisa Datangkan Rezeki Lhocrocus.co.uk

Sansevieria dikenal sebagai tanaman Lidah Mertua, dan cukup populer di era 1950-an. Belakangan, tanaman ini kembali diminati dengan bentuk daunnya yang unik menyerupai bentuk ular.

Sansevieria terdiri dari 70 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Tidak membutuhkan banyak perawatan, kamu bisa menaruhnya di tempat yang tidak terlalu panas atau dingin serta menyiram dengan sedikit air. 

Termasuk jenis sukulen dengan daun tegak dan meruncing, Sansevieria punya manfaat untuk menyuburkan rambut hingga dijadikan obat herbal. Tanaman ini bahkan menjadi tanaman untuk menghilangan bau perabotan di Jepang lho!  

Baca Juga: 7 Sayuran Ini Tak Cuma Bergizi, Tapi Bakal Indah Jika di Perkarangan

2. Dracaena Tricolor

5 Jenis Tanaman Cocok untuk Rumah Minimalis, Bisa Datangkan Rezeki Lhothespruce.com

Bagi yang menyukai tanaman dengan warna cerah, Dracaena Marginata Tricolor bisa menjadi alternatif tepat. Tanaman yang dikenal sebagai Dragon Tree ini memiliki bentuk daun panjang kecil bertekstur kaku dengan sedikit sentuhan hijau. Perawatannya mudah, dan Dracaena Tricolor juga cantik ditempatkan di dalam ruangan lho! 

Tanaman ini mampu tumbuh di dataran rendah hingga tinggi dengan suhu panas maupun dingin. Dracaena Tricolor membutuhkan sinar matahari sepanjang hari dengan intensitas penyiraman satu kali dalam sehari. Daun indahnya yang jatuh membuat tanaman ini punya pesonanya sendiri. Kamu juga bisa meletakkannya di halaman atau gerbang taman. 

Baca Juga: Tak Cuma Aglonema, 5 Tanaman Indoor Ini Juga Punya Umur Panjang

3. Spider Plant

5 Jenis Tanaman Cocok untuk Rumah Minimalis, Bisa Datangkan Rezeki Lhothespruce.com

Spider Plant memiliki bentuk memanjang kecil dengan warna hijau muda, sehingga sangat cocok untuk mempermanis rumah mungilmu. Tanaman ini memiliki nama biologis Chlorophytum Comosum dan masih satu famili dengan Liliaceae.

Mulai dibudidayakan di sepanjang Afrika Selatan, daun dari Spider Plant bisa mencapai 30-35 cm dengan lebar 2-3 cm dengan ujung runcing. Bunga kecil biasanya tumbuh di bagian atas dengan warna putih. Agar Spider Plant dapat tumbuh subur, kamu bisa tempatkan pada tempat teduh yang terlindungi dari sinar matahari langsung. 

Baca Juga: Beri Kesan Epic, 6 Tanaman Kering Ini Cocok buat Dekorasi Pernikahan

4. Umbrella Tree

5 Jenis Tanaman Cocok untuk Rumah Minimalis, Bisa Datangkan Rezeki Lhoindoorplantsworld.com

Umbrella Tree dikenal sebagai tanaman hias dengan ciri daun rindang. Tanaman bernama lain Hawaiian Scheferra ini juga dikenal dengan jenis Australia Umbrella Tree. Pohon Payung punya adaptasi yang baik terhadap iklim dataran rendah.

Mudah cara perawatannya, kamu hanya perlu menggunting bagian ujung atau depan daun yang tumbuh secara berkala. Umbrella Tree punya banyak kultivar yang dipilih untuk variasi dalam warna dan daun, mulai dari tepi yang berwarna putih ke kuning, atau pusat dengan bentuk kerdil. Jenis yang pernah mendapatkan penghargaan yaitu Kultivar 'Gold Capella' sebagai Royal Horticultural Society of Garden Merit.

5. Pachira (Money Tree)

5 Jenis Tanaman Cocok untuk Rumah Minimalis, Bisa Datangkan Rezeki Lhogardeningknowhow.com

Tanaman dengan nama lain Pachira Aquatica adalah tanaman rumah yang berasal dari Mexico dan Amerika Selatan. Pohon ini bisa tumbuh hingga 8 meter dalam habitat asli. Tanaman dengan nama lain Money Tree memiliki bentuk daun hijau yang menyerupai palem. Dalam habitat asli, pohon ini menghasilkan buah seperti kacang. 

Money Tree dinamai karena menurut kepercayaan Feng Shui bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Tanaman ini juga termasuk tanaman yang gampang dirawat, hanya perlu menempatkan pada ruangan dengan kelembapan yang cukup dengan penyiraman sehari sekali. Money Tree tidak menyukai jika dipindah-pindah, karena hal itu akan memengaruhi pertumbuhan daunnya.

Nah, itu dia beberapa jenis tamanan yang cocok dirawat di dalam rumah nan mungil. Sudah gak bingung lagi memilih jenis tanaman mana untuk rumah minimalismu kan? Selamat bercocok tanam!

Baca Juga: 5 Tanaman Berdaun Indah Ini Cocok Menghiasi Kamar Mandi Rumah

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya