Comscore Tracker

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!

Sudah mengucap syukur hari ini?

Kamu gak harus menunggu kejutan atau hal ajaib datang untuk bersyukur. Banyak hal sederhana yang bisa kamu syukuri dalam hidup. Kamu justru lebih menerima segala hal yang terjadi ketika tahu keberuntungan yang kamu miliki.

Melalui bersyukur, beban yang kamu hadapi akan terasa lebih ringan. Dilansir happierhuman.com dan positivepsychology.com, ini beberapa manfaat tak terduga saat kamu mau mengucapkan syukur tiap hari. 

1. Buat kamu lebih bahagia

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Brooke Cagle

Menurut Emmons dan McCullough (2003) yang dilansir positivepsychology.com, menjurnal sederhana selama lima menit setiap hari tentang apa yang bisa kamu syukuri akan meningkatkan kebahagiaan sebesar 10 persen. Mereka yang memberi perhatian pada hal yang baik daripada hal buruk akan lebih positif dalam memandang hidup. Kamu sudah menerapkannya? 

2. Secara psikologis akan meningkatkan kepercayaan diri

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Alejandro Escamilla

Peneliti Chih-Che Lin pada tahun (2017) menemukan bahwa bersyukur akan berimbas pada kesejahteraan psikologis, meningkatnya kepercayaan diri, dan mengurangi depresi. Kamu akan mendapat manfaat secara psikologis sehingga hari-hari yang kamu jalani akan terasa lebih tenang. Segala tantangan yang kamu hadapi dapat kamu terima dengan penuh antusias. 

3. Bersyukur akan membuat orang lebih menyukaimu

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Franciele Cunha

Dilansir happierhuman.com, orang yang mau bersyukur akan memengaruhi interaksi sosialnya. Dalam penelitian terhadap total 243 partisipan, 10 persen orang yang bersyukur rata-rata memiliki 17, 5 persen interaksi sosial yang lebih tinggi.

Dalam arti kata, bersyukur akan membuat orang lain lebih bersikap nicer, lebih percaya, dan bisa mengapresiasi orang lain. Itu akan membantu dalam hal berteman, bahkan menguatkan hubungan romantis bersama pasangan.

4. Bersyukur buat kamu lebih optimis

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Annie Spratt

Mengingat kembali apa yang sudah kamu dapat akan membuatmu lebih optimis dalam menjalani hari. Sementara ketika kamu optimis, itu akan membuatmu lebih bahagia. Perilaku yang kamu hasilkan akan lebih fokus pada hal baik dalam hidup, daripada hal-hal negatif seperti kesepian, kekecewaan, dan kecemasan. 

Baca Juga: 5 Kenyataan Pahit yang Akan Menyadarkanmu untuk Lebih Banyak Bersyukur

5. Saat bersyukur, kamu akan lebih mudah memberi

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Elevate

Keuntungan lain yang terjadi ketika kamu bersyukur adalah kamu bakal mengurangi buat berpusat pada diri sendiri. Kamu bakal lebih mudah berbagi pada orang lain, bahkan pada orang yang tidak kamu kenal. Rasa penuh syukur juga akan mengurangi sisi materialistis yang kamu punya, sehingga kamu lebih puas terhadap hidupmu tanpa ekspektasi terlalu tinggi.

6. Membantumu menemukan arti hidup

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Tim Woodson

Mereka yang menemukan arti dan tujuan dalam pekerjaannya akan lebih efektif dalam bekerja. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengucapkan syukur ketika mengawali dan menutup pekerjaan.

Bersyukur juga salah satu faktor yang dapat membantu seseorang menemukan alasan terhadap apa yang dia lakukan. Ketika ini terjadi, maka  emosi positif akan mengalir. Kamu akan menemukan harapan baik pada setiap hal yang kamu lakukan. 

7. Membuat tidur lebih pulas

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Kinga Cichewicz

Dilansir psychology.com, selain menormalkan tekanan darah, bersyukur membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Apabila kamu punya masalah tidur atau fatigue, cobalah menulis atau mengingat kembali apa yang sudah kamu lakukan hari ini.

Itu akan membuat badan dan pikiran kamu lebih rileks sehingga kamu bisa lebih tenang saat tidur. Ketenangan juga bakal kamu rasakan setelah bangun tidur. 

8. Beryukur akan mempanjang usia kamu

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Matias Difabio

Pada salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang optimis akan hidup beberapa tahun lebih lama daripada orang yang pesimis. Beberapa tahun barangkali bukan waktu yang banyak, namun itu sangat berarti bagi beberapa orang.

9. Orang yang bersyukur bakal lebih berempati terhadap orang lain

Ucapkan Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, Lihat Keajaibannya!unsplash/ Chandra Putra

Orang mengawali hari dengan penuh syukur akan lebih memiliki sosial yang baik menurut penelitian oleh University of Kentucky tahun (2012). Apabila kamu mau meningkatkan rasa syukur, kamu bekemungkinan kecil untuk bersikap kontradiktif terhadap orang lain, bahkan ketika kamu mendapat feedback yang negatif. Mereka yang bersyukur akan lebih sensitif dan berempati, mereka juga lebih pemaaf dan tak memiliki dendam. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan ketika seseorang mau bersyukur dalam keseharian. Sekalut apa pun harimu, akan selalu ada hal yang bisa kamu syukuri. Ini akan membantumu buat lebih berbesar hati menerima berbagai hal yang datang.

Baca Juga: 5 Pengingat Ini Ampuh Munculkan Rasa Bersyukur yang Sering Terlupakan

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya