Comscore Tracker

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   

Bisa pakai bahan-bahan yang ada di dapur lho

Siapa, sih yang gak pengin punya rambut sehat berkilau? Namun padatnya aktivitas, polusi udara, dan pola hidup yang kurang sehat berpotensi merusak rambut. Masalah pun mulai bermunculan seperti kerontokan, kusam, hingga ketombe.

Dari sederet masalah yang mengancam kesehatan rambut, kerontokan jadi momok yang paling ditakuti. Gak, kebayang kan rambut menipis di usia muda dan terancam mengalami kebotakan dini. Jika kamu mulai mengalami kerontokan rambut ringan, gak usah khawatir lagi.

IDN Times akan kasih beberapa rekomendasi cara menumbuhkan rambut secara cepat dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman tuk kamu coba terapkan sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak yuk ulasannya di bawah ini!

1. Lidah buaya

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/tontoey2531

Banyak produk perawatan rambut yang beredar di pasaran diperkaya dengan ekstrak lidah buaya. Penggunaan gel lidah buaya asli juga banyak direkomendasikan untuk menjaga kesehatan rambut, melebatkan dan menutrisi.

Kandungan protein dan mineral tinggi dalam gel lidah buaya mampu menutrisi rambut secara alami. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker rambut sebelum mandi, usapkan pada kulit kepala dan batang rambut sambil dipijat lembut hingga merata.

Biarkan sampai rambut terasa agak kaku lalu bilas dengan air bersih. Gunakan masker lidah buaya alami ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Minyak zaitun

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/Freepik

Minyak zaitun mengandung vitamin E tinggi dan asam lemak tak jenuh yang bisa difungsikan sebagai kondisioner alami untuk rambut. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala sambil dipijat lembut untuk memperkuat akar.

Lalu oleskan juga pada batang rambut sabil disisir dengan jari. Gunakan minyak zaitun sebelum mandi, lalu bilas dengan sampo dan air saat mencuci rambut.

3. Minyak kemiri

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/natalystep

Untuk urusan mengatasi rambut rontok, minyak biji kemiri adalah bahan alami yang paling banyak dicari. Kandungan vitamin di dalamnya cukup tinggi, terutama B1 (vitamin) dan B9 (folat). Vitamin B punya peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Selain itu, minyak kemiri juga kaya akan mineral seperti fosfor dan kalsium yang baik untuk menutrisi rambut.

Cara pakainya sama seperti minyak zaitun, gunakan minyak kemiri sebagai masker dengan mengoleskannya pada kulit kepala dan batang rambut sambil dipijat lembut.

4. Cuka apel

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/yanadjana

Gak hanya ampuh untuk mengatasi kulit wajah berjerawat, ternyata cuka apel juga banyak digunakan untuk memperbaiki rambut kusam dan rontok.

Kandungan asam dalam cuka apel mampu menjaga kestabilan pH kulit kepala, serta menetralkan sisa produk perawatan rambut yang rata-rata cenderung bersifat basa.

5. Masker telur

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/Freepik

Enak dikonsumsi dan bergizi tinggi, telur juga bisa digunakan untuk merawat tubuh luar seperti kesehatan kulit dan rambut. Apalagi bagian kuning telurnya yang kaya vitamin A, E, biotin, folat, dan beberapa mineral penting.

Masker telur untuk rambut bisa dibuat dengan cara yang sangat mudah, cukup kocok sebutir telur atau boleh ambil bagian kuningnya saja. Jika kamu gak tahan dengan bau amisnya bisa campurkan masker telur dengan sedikit perasan jeruk nipis atau madu.

Gunakan masker telur sebelum mandi. Usapkan secara merata utamanya pada bagian batang rambut, dan cukup tipis saja di permukaan kulit kepala. Diamkan hingga terasa kaku lalu bilas dengan sampo saat mencuci rambut.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa, Bikin Gak Pede!

6. Menambah asupan omega 3 dan omega 6

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/julijadm

Selain perawatan langsung, menambah asupan nutrisi dari makanan juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya omega 3 dan 6 untuk memperkuat akar rambut dan membuatnya tampak lebih sehat.

7. Perbanyak asupan biotin

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/alexgrec

Biotin merupakan zat gizi penting yang berperan menjaga kesehatan rambut. Biotin adalah vitamin larut air yang masuk dalam kelompok B kompleks. Kandungan biotin tinggi bisa didapatkan dari kuning telur, kacang-kacangan, daging ayam tanpa kulit, dan ubi jalar.

8. Konsumsi sayur dan buah tinggi vitamin E

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   unsplash/noahbuscher

Selain biotin, jenis vitamin lain yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut adalah vitamin E. Menambah porsi sayur dan buah yang kaya vitamin E bagus untuk rambutmu, seperti alpukat dan wortel.

9. Tingkatkan asupan protein

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   unsplash/Foodiesfeed

Ada satu protein yang berperan penting dalam penyusunan rambut yaitu keratin. Protein ini termasuk kelompok skleroprotein, yang juga menjadi materi dasar penyusun kuku dan lapisan kulit.

Memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi protein, terutama keratin, akan membantu menjaga kesehatan rambut. Kandungan keratin tinggi bisa didapat dari kacang almond, blueberry, kerang, telur, susu, dan daging merah.

10. Potong ujung rambut yang rusak

Rambut Tumbuh Cepat & Kuat hingga ke Akar! Yuk Coba, Ini Caranya   freepik/Freepik

Ternyata ada cara yang sangat sederhana untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Potong bagian ujung rambut yang rusak, nampak kusam dan bercabang. Cukup buang bagian yang rusak saja untuk merangsang pertumbuhan rambut jadi lebih cepat.

Demikianlah informasi mengenai metode perawatan rambut bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat.

Gak sulit, kan merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhannya secara alami? Jangan lupa imbangi juga dengan pola hidup sehat, ya.

Jaga asupan air putih serta lindungi rambut dari paparan polusi dan sinar matahari langsung.

Baca Juga: 10 Trik Agar Gaya Rambut Pendekmu Lebih Chic & Menarik

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You