Comscore Tracker

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup Ini

Kesulitan bukanlah akhir segalanya

Hidup setiap orang bagaikan warna-warni krayon, beragam dan penuh dengan cerita. Di suatu masa, ada kalanya bahagia bermekaran. Pada waktu lain, kesulitan datang silih berganti.

Berada pada masa sulit, kerap membuat kita lelah. Rasanya, hidup yang tak adil memancing kita lari dari kenyataan. Padahal, fase tersebut bisa menjadikan kita sebagai pribadi tangguh. Berikut ini daftar kesulitan hidup yang justru membuatmu semakin kuat di masa depan.

1. Kehilangan sesuatu yang dicintai

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup IniPexels/Shvets Anna

Kehilangan sesuatu yang dicintai, sering memunculkan kesedihan teramat dalam. Apalagi, jika ada banyak kenangan yang tertinggal bersama mereka. Rasa haru tak dapat ditepis saat keluarga, teman, pasangan, atau bahkan hewan peliharaan pergi dari hidup kita.

Sedih karena kehilangan memang wajar. Namun di balik itu semua, kita diingatkan untuk ikhlas merelakan mereka pergi. Kita bisa belajar bahwa hidup itu bernilai. Bersyukurlah atas apa yang didapat dan manfaatkan waktu yang ada sebelum semuanya tak lagi ada untuk kita.

2. Mengalami kegagalan pada hal yang diperjuangkan

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup Inipexels/mastercowley

Saat sedang memperjuangkan sesuatu, acap kali kita menemui kegagalan. Entah berjuang untuk meraih prestasi di bidang akademik atau berupaya merebut hati si dia. Dihadapkan pada kegagalan, pasti membuat kita kesal dan kecewa.

Tapi, kita perlu ingat satu hal! Tidak ada satu pun di dunia, yang tak pernah mengalami kegagalan. Kuncinya, jadikan kegagalan sebagai sarana belajar agar kualitas diri kian meningkat. Utamakanlah aksi daripada meratapi nasib. Sukses itu perlu diupayakan.

3. Takut mencoba sesuatu yang baru dalam hidup

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup Iniunsplash/benwhitephotography

Ketika diminta mencoba sebuah hal baru, ada banyak sekali reaksi yang muncul pada seseorang. Beberapa orang berani mengambilnya meski berisiko. Namun, ada pula yang takut untuk terjun pada sebuah dunia yang baru.

Tak ada yang salah pada rasa takut seperti itu. Namun terkurung rasa takut karena mencoba hal baru, bukanlah hal yang baik. Kita bisa saja terkurung dalam rasa penasaran tak berkesudahan yang mengganggu pikiran. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mencoba. Siapa tahu kamu mendapat banyak ilmu baru dari sana dan berguna untuk hidup, bukan? 

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Dalam Menyikapi Masa-masa Sulit, Fight!

4. Memiliki jalan hidup yang sulit di masa lalu

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup IniPexels/Dương Nhân

Semua orang di dunia pasti memiliki masa lalu. Sebagian menjalani kehidupan yang begitu pelik di waktu silam. Namun, kelamnya masa lalu jangan dijadikan sebagai sebuah penyesalan. Jadikanlah suramnya masa lalu sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.

Ingatlah! Sukses itu milik semua orang, entah seberapa sulit hidup kita saat ini atau di waktu lalu. Semangat dan mau berusaha adalah faktor yang dapat mengantarkan kita jadi pribadi tangguh.

5. Kesepian meski dalam keramaian

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup Inipixabay/Graehawk

Pernahkah kamu merasa sepi meski dalam keramaian? Jika iya, maka kamu tak sendirian. Ada banyak orang di luar sana yang mengalami permasalahan serupa. Seperti ada yang kosong meski bersama banyak orang.

Kekosongan seperti ini memang terasa melelahkan. Namun, jangan sampai kita dikalahkan oleh perasaan seperti itu. Jadikan rasa sepi sebagai momen untuk menguatkan diri. Caranya? Hargai setiap pencapaian yang telah diraih dan kurangi membandingkan-bandingkan dengan orang lain. 

6. Memilih tujuan yang berbeda dari orang lain

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup Iniunsplash/derstudi

Tak selamanya semua orang punya tujuan yang sama. Namun, sering kali ada orang yang memandang remeh pilihan yang kita ambil. Alhasil, kita sering minder karenanya. Kondisi seperti itu tak bisa dielakkan karena orang hanya memandangnya dari satu sisi saja.

Oleh sebab itu, kita tak boleh terlalu termakan oleh penilaian orang lain. Salah satu cara terbaik untuk membungkam pandangan orang lain tanpa menyakiti adalah memberi bukti nyata bahwa kita bisa sukses di jalan yang dipandang remeh itu.

7. Terkurung dalam stigma yang disematkan orang di sekitar

Masa Depan Semakin Diperjuangkan karena 7 Faktor Kesulitan Hidup Inipixabay/Free-Photos

Manusia sering mengelompokkan manusia lain dalam beberapa kelompok. Tak jarang, ada stigma yang disematkan pada kelompok-kelompok tersebut dan belum tentu sepenuhnya benar. Namun, kita yang diberi stigma cenderung mentah-mentah menelannya.

Stigma yang melekat pada diri kita, tak jarang membuat semangat hidup jadi ciut. Padahal, sukses tidaknya hidup tak ditentukan oleh stigma kebanyakan orang. Lakukanlah hal terbaik yang bisa kita lakukan, sehingga orang lain akan lupa pada stigma yang sebelumnya.

Berbagai hal sulit dalam kehidupan bukanlah akhir dari segalanya. Sebaliknya, ada kesulitan hidup yang justru membuatmu semakin kuat di masa depan.

Baca Juga: 6 Pelajaran Berharga yang Kamu Dapat Usai Melewati Masa Sulit

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You