Comscore Tracker

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulas

Bikin mata segar juga

Menaruh tanaman di dalam rumah tak sekedar mengenai fungsinya sebagai penambah nilai estetis. Lebih dari itu, tanaman bisa memurnikan udara di dalam ruangan dan membantu penghuninya bernapas lebih baik.

Tanaman memiliki kemampuan membersihkan udara, ditambah dengan beberapa sifat lainnya yang sebenarnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Beberapa tanaman memiliki kemampuan menyerap karbon dioksia dan melepas oksigen di malam hari.

Tanaman apa sajakah yang memiliki kemampuan istimewa ini? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Lili paris (Chlorophytum comosum)

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulasunsplash.com/Lucian Alexe

Hasil studi jurnal Chemical Senses, Lili paris sangat bagus untuk menyerap racun di udara, seperti aroma tidak sedap, asap, dan formaldehida. Tanaman ini juga bisa meningkatkan oksigen di dalam ruangan dan menyaring racun untuk membantu pernapasan lebih mudah di malam hari. Selain itu, tumbuhan ini juga menyerap senyawa berbahaya, seperti benzena, karbon monoksida, dan xilena.

Baca Juga: 12 Inspirasi Breeze Block Sebagai Pagar dan Dinding, Rumah Makin Kece!

2. Anggrek (Orchidaceae)

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulasunsplash.com/Milada Vigerova

Bunga tropis ini membantu meningkatkan kualitas tidur dengan menghasilkan lebih banyak oksigen. Menurut laman Proflowers, Anggrek menyerap karbon dioksida di siang hari dan melepaskan oksigen di malam hari. Karenanya, taruh tanaman Anggrek di dekat tempat tidurmu agar kamu bisa bernapas lebih lega di malam hari dan menyegarkan mata saat kamu bangun di pagi hari.

Baca Juga: Mengenal Generasi Sandwich, Beban Moral dan Tanggung Jawab Keluarga

3. Bromeliad (Bromeliaceae)

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulasunsplash.com/Jonatan Lewczuk

Bromeliad adalah sejenis tanaman tropis yang memiliki kemampuan membersihkan udara sehingga membantu kamu tidur dengan nyenyak. Tanaman ini meningkatkan produksi oksigen di malam hari sambil menyerap karbon dioksida di siang hari. Sehingga, menaruh tanaman ini di rumah akan menjaga udara selalu bersih.

Selain itu, menaruh Bromeliad di dalam kamar bersama dengan tanaman lainnya akan memberikan kesan tropis di dalam kamar tidurmu.

Baca Juga: Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruangan

4. Lidah buaya (Aloe vera)

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulasunsplash.com/Galina N

Aloe vera atau Lidah Buaya merupakan tanaman multifungsi yang harus ada di setiap rumah. Dilansir dari laman Dreams, Aloe vera mampu menghasilkan oksigen di malam hari, sehingga akan meningkatkan udara di kamar tidur. Terlebih, tanaman ini dikenal sebagai sukulen yang hanya membutuhkan sedikit air dan dapat ditanam tanpa media tanah, sehingga perawatannya cukup mudah.

Tak hanya dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan ruangan, gel dari daun ini dapat digunakan untuk merawat luka dan luka bakar ringan, gigitan serangga, dan kulit kering. Karena itu, Aloe vera menjadi tanaman yang wajib dimiliki setiap rumah. Tapi, agar tanaman tumbuh sehat, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang terkena cahaya matahari, misalnya di jendela.

5. Gerbera Daisy (Gerbera jamesonii)

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulasunsplash.com/Nick Fewings

Bunga berukuran mungil ini sangat cocok ditaruh di dalam ruangan karena tidak membutuhkan banyak cahaya dan tampilannya yang cantik. Dikutip dari laman Proflowers, Gerbera Daisy juga merupakan tanaman yang sangat membantu kamu tidur nyenyak karena kemampuannya dalam meningkatkan oksigen di malam hari.

Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki kemampuan membersihkan udara sehingga kamu bisa menghirup udara segar dan bersih sepanjang malam.

6. Lavender (Lavandula)

6 Tanaman Hias Ini Menyerap CO2 di Malam Hari, Bikin Tidur Makin Pulaseverydayhealth.com

Lavender dikenal sebagai tanaman indoor yang karena bisa menciptakan lingkungan menenangkan dan menginduksi tidur lebih baik. Lavender memiliki minyak esensial yang bisa membuat lebih rileks di siang hari, tapi tertidur pulas di malam hari.

Hasil studi di jurnal Early Human Development menemukan bahwa aroma Lavender, bisa mengurangi stres dan tangisan pada bayi sambil membantu mereka lebih cepat tertidur. Aroma Lavender juga menurunkan tingkat stres ibu yang terlibat dalam penelitian ini.

Itulah tanaman yang mampu meneyrap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen pada malam hari. Dijamin kualitas tidur makin meningkat karena manfaat yang dikeluarkan tanaman tersebut.

Baca Juga: 5 Tanaman Bunga yang Bisa Jadi Dekorasi Ruangan, Kamar Auto Estetis

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul Bikin Tidur Nyenyak, 6 Tanaman Hias Ini Hasilkan Oksigen di Malam Hari

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya