Comscore Tracker

Atasi Minder Bicara di Depan Umum, Lakukan 5 Hal Ini

Apakah kamu masih minder jika berbicara di depan umum?

Tak setiap orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apalagi dalam hal kemampuan berbicara di depan khalayak. Berbicara di depan umum sebenarnya bisa dilatih, dan lambat laun meningkatkan percaya diri tanpa harus mengalami kendala.

Beberapa hal simpel ini bisa dilakukan. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan berikut agar kalian bisa makin pede berbicara di depan orang banyak.

1. Sering membaca buku untuk menambah kosakata

Atasi Minder Bicara di Depan Umum, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/andrew le

Membaca buku tak hanya memperluas wawasan, tapi juga meningkatkan perbendaharaan kata. Ketika merasa minder untuk menyampaikan pendapat di depan umum, coba membiasakan diri dan lebih sering membaca buku.

Jika kamu memiliki perbendaharaan kata yang cukup banyak, maka tidak dapat dimungkiri bahwa perkataan yang keluar dari mulutmu itu berkualitas pula. Kamu tidak akan kebingungan lagi untuk mengutarakan isi kepala dengan kata yang tepat.

2. Berhentilah mendewakan orang lain

Atasi Minder Bicara di Depan Umum, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/mimi thian

Rasa minder di dalam diri biasanya muncul ketika sikap insecure menguasai diri. Kamu akan menganggap bahwa orang lain memiliki intelegensi yang lebih tinggi, sehingga perkataanmu itu tidak layak untuk disampaikan. Setop berpikiran seperti itu, karena tidak akan ada yang menghujatmu karena sebuah pendapat.

Perlu diingat, setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda saat melihat sebuah permasalahan. Jika sebelum mengutarakan pendapat saja kamu sudah minder, lantas bagaimana ide cemerlangmu itu bisa diketahui orang lain?

3. Melatih rasa percaya diri

Atasi Minder Bicara di Depan Umum, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/evan dvorkin

Memang tak semua orang punya kepercayaan diri yang tinggi. Tapi kepercayaan diri bisa diasah dengan sebuah konsistensi. Jangan pernah lelah untuk berkenalan dengan orang baru.

Agar bisa berani menyuarakan pendapat di depan umum, kamu bisa mencoba untuk memulai pembicaraan. Ajaklah teman untuk berdiskusi, karena hal tersebut bisa membantu mengembangkan kepercayaan diri.

Baca Juga: 5 Penyebab Dasar Kemampuan Public Speaking Tidak Akan Bagus

4. Biasakan bersikap kritis terhadap sebuah fenomena

Atasi Minder Bicara di Depan Umum, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/bruce mars

Bersikap kritis terhadap segala fenomena yang terjadi dapat memantik ide-ide brilian di dalam pikiran. Ketika terbiasa berpikir kritis, kamu akan lebih serius dalam melakukan riset untuk menemukan fakta yang sebenarnya. Alhasil banyak susunan ide memenuhi pikiranmu sehingga harus disuarakan.

Ketika sudah menguasai materinya, rasa kepercayaan dirimu pasti akan bertambah karena kamu gak takut salah omong. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk senantiasa menganalisis sebuah fenomena yang sedamg ada. Kamu akan mudah menyuarakan pendapat di depan forum jika ada pembahasan mengenai hal tersebut.

5. Berteman dengan banyak bisa memudahkan beradaptasi

Atasi Minder Bicara di Depan Umum, Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/brooke cagle

Manusia ditakdirkan menjadi makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Bersosialisasi bisa berdampak baik bagi keberlangsungan hidupmu, serta berpengaruh untuk peningkatan kepercayaan diri seseorang. Semakin banyak relasi, maka kebiasaan minder akan berangsur hilang.

Hal itu terjadi karena kamu sudah terbiasa bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang beda-beda. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk membuka relasi sebanyak-banyaknya agar kamu tidak minder lagi ketika ingin menyuarakan pendapat.

Kepercayaan diri tak serta merta muncul sendiri, pengalaman dan kebiasaan berpengaruh besar pada peningkatan pede. Mulai dari sekarang, tak ada salahnya menerapkan hal-hal di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tanpa Kursus! 7 Tips Ini Mampu Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Hamas Nurhan di IDN Times Community dengan judul Jika Masih Minder saat Berbicara di Depan Umum, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya