Comscore Tracker

Ini Alasan Utang Bisa Menambah Beban Hidup Seseorang

Kita bisa dijauhi orang dan bikin hidup tak tenang

Masalah keuangan bisa dialami dialami siapa saja. Beberapa mengatasinya dengan bekerja lebih ekstra, tapi ada juga yang mencari pinjaman uang.

Jika dipikir lebih lama, utang tak selamanya membantu bahkan lebih sering menambah masalah. Beberapa hal ini memastikan alasannya.

1. Rutin membayar setiap waktu perjanjian

Ini Alasan Utang Bisa Menambah Beban Hidup SeseorangPexels.com/Karolina Grabowska

Berutang kepada seseorang tidak mudah. Kamu harus membayar utang sesuai tanggal kesepakatan, bahkan menyicilnya hingga lunas.

Seseorang yang harusnya bisa menggunakan uangnya untuk hal lain, kini harus membayar utang. Beban bakal bertambah jika utangnya berbunga.

Baca Juga: Begini Strategi Sumsel Jaga Inflasi Daerah Jelang Ramadan

2. Hari-hari yang tak tenang karena selalu memikirkan utang

Ini Alasan Utang Bisa Menambah Beban Hidup SeseorangPexels.com/Yan Krukov

Alasan selanjutnya tentang utang yang memperberat beban hidup ialah bikin tak tenang. Seseorang yang berutang akan membuat hari-harinya gak tenang karena selalu memikirkan utang.

Bekerja keras untuk membayar utang, pokoknya gak bisa sepenuhnya lega dalam menjalani hidup selama masih ada utang yang ditanggung. Bahkan selain membebani diri sendiri, utang juga membuatmu tertekan.

Baca Juga: Pertimbangkan dan Ketahui Bedanya: Utang Baik dan Utang Buruk

3. Gak bebas jika utang belum lunas

Ini Alasan Utang Bisa Menambah Beban Hidup SeseorangPexels.com/Austin Guevara

Berutang membuat seseorang tak bisa bebas dan berbahagia karena menjadi beban hidup. Selama masih ada utang, pola pikir berubah untuk melunasinya segera.

Sehingga kebahagiaan dan momen liburan pun menjadi terhalangi gara-gara harus melunasi utang.

4. Dililit utang membuatmu jadi sulit menabung 

Ini Alasan Utang Bisa Menambah Beban Hidup SeseorangPexels.com/Andrea Piacquadio

Dililit utang sudah pasti menunda menabung. Meminjam uang mungkin bisa melegakan sesaat, tapi tidak untuk di masa depan jika utangnya belum lunas.

Bahkan sulit untuk menabung karena harus memenuhi kebutuhan dan melunasi utang. Dari sini saja, jelas terlihat kalau utang justru mempersulit hidup.

5. Dijauhi orang karena tak mau jadi tempat berutang

Ini Alasan Utang Bisa Menambah Beban Hidup SeseorangPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Alasan lainnya adalah dijauhi orang-orang. Mereka tak ingin dekat denganmu karena khawatir menjadi tempat berutang. Tindakan berutang malah menyusahkan hidup sendiri, akibatnya kamu tidak punya siapa-siapa untuk dimintai tolong lagi.

Meminjam uang mungkin bisa melegakan hidupmu sementara, namun percayalah bahwa ke depannya justru bakal mempersulit hidupmu sendiri. Bahkan menambah-nambah beban hidup yang mestinya tak ada.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Utang Pinjaman Online Tak Membengkak

Artikel ini pertama kali ditulis oleh afifah hanim di IDN Times Community dengan judul Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban Hidupmu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya