Comscore Tracker

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbunga

Bisa jadi tambahan dekorasi indoor di rumah, nih!

Merawat tanaman di dalam rumah mendatangkan keuntungan bagi penghuninya. Tak hanya menambah nilai estetika, tapi memajang tanaman bisa dijadikan sebagai distraction. Beragam jenis tanaman bisa dihadirkan ke dalam rumah, salah satunya tanaman hias seperti kaktus.

Selain perawatannya yang terbilang cukup mudah, kaktus juga punya berbagai spesies yang unik dan cantik. Dikutip dari berbagai situs, di bawah ini merupakan daftar beberapa jenis tumbuhan kaktus yang cocok ditaruh di dalam ruangan. Yuk, disimak ulasannya!

1. Kaktus Centong (Nopal Cactus)

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbungapinterest/Dreamstime Stock Photos

Orang Indonesia sering menyebutnya sebagai Kaktus Centong, karena bentuk daunnya yang pipih dan lebar seperti centong nasi dan tidak memiliki duri panjang. Kaktus Centong atau Nopal Cactus sebenarnya berasal dari wilayah barat daya Amerika Serikat dan Meksiko. Tempatkan kaktus ini di dalam pot, lalu taruh di ambang jendela yang terkena sinar matahari langsung.

Tak perlu sering-sering menyirami Nopal Cactus dengan air, biarkan media tanam mengering di antara waktu penyiraman. Pastikan juga media tanam dapat menyalurkan air dengan baik, serta memiliki campuran bahan organik maupun anorganik yang cukup.

Baca Juga: Bikin Rumah Tambah Cantik, 5 Tanaman Liar Ini Bisa Dijadikan Bonsai 

2. Angel Wings Cactus

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbungapinterest/The Spruce

Jika Nopal Cactus tak memiliki duri panjang, Angel Wings Cactus ini memunvulkan duri seperti rambut yang lebat namun tak tajam. Kaktus asal Meksiko ini biasanya tumbuh dengan tinggi yang tak lebih dari 61cm. Tapi kaktus ini punya kemungkinan untuk terus tumbuh hingga sekitar 152cm sepanjang waktu.

Angel Wings Cactus membutuhkan lokasi pencahayaan yang baik karena perlu mendapat sinar matahari penuh. Jangan disiram hingga media tanam terlalu basah atau terendam air, yang penting sekadar cukup untuk melembapkan saja.

3. Old Lady Cactus

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbungaunsplash/Stephanie Harvey

Mammillaria hahniana atau disebut Old Lady Cactus memiliki serabut putih halus yang menyerupai rambut orang tua. Serabut putih ini berguna untuk menutupi duri-duri kaktus yang tajam. Tak seperti tumbuhan kaktus lainnya, Old Lady Cactus ini hanya tumbuh berbentuk seperti bola setinggi 10 inci.

Jika dirawat dengan baik, kaktus ini bisa menghasilkan bunga berwarna merah muda cantik yang membentuk seperti mahkota di atasnya. Tanam kaktus ini bisa ditanam ke dalam pot dengan campuran pasir, lalu siram setiap minggu. Pada musim hujan, hanya perlu disiram setiap bulan saja.

4. Golden Barrel Cactus

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbungaunsplash/timJ

Sebagai bagian dari genus Ferocactus, tak heran kalau Golden Barrel Cactus ini dipenuhi dengan duri yang panjang dan kaku sebagai bentuk pertahanan diri. Tumbuhan kaktus ini bisa hidup selama beberapa dekade, bahkan bisa mencapai ketinggian hingga 2,4 meter hingga 3 meter di luar ruangan.

Sebagai tanaman hias yang ditaruh di dalam ruangan, Golden Barrel Cactus membutuhkan sinar matahari sebanyak mungkin. Untuk media tanamnya, kaktus ini hanya membutuhkan sedikit irigasi, oleh karena itu baiknya ditanam di dalam pot bercampur pasir yang agak longgar.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Tanaman Sukulen dan Kaktus untuk Pemula, Mudah Kok!

5. Kaktus Asteria

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbungapinterest/Succulent City

Digemari oleh kolektor kaktus, Kaktus Asteria yang juga merupakan keluarga dari kaktus bintang (Astrophytum) yang tidak memiliki duri, berbentuk bundar dengan sedikit lekukan membentuk pola susunan yang membujur dari pangkal ke ujung. Bintik-bintik putihnya membuat tampilan kaktus ini lebih menarik.

Kaktus Asteria bisa ditanam di dalam pot dengan media tanam campur. Seperti pasir, serbuk sabut kelapa, dan cacahan pakis. Taruh kaktus di dekat jendela yang mendapat pencahayaan matahari cukup baik. Siram tumbuhan kaktus ini 1 hingga 2 minggu sekali pada musim kemarau, sedangkan cukup satu kali sebulan selama musim hujan.

6. Rat Tail Cactus

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang BerbungaPinterest/succulentcity

Aporocactus flagelliformis atau Rat Tail Cactus ini merupakan jenis kaktus yang banyak digemari karena bentuk batang yang unik, dan dapat ditempatkan di dalam pot gantung. Tanaman asal Meksiko ini juga bisa menghasilkan bunga warna pink magenta, yang terkenal karena digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah jantung.

Tempatkan kaktus ini di dekat jendela atau daerah yang terpapar sinar matahari langsung, dan siram Rat Tail Cactus secara berkala. Pilih pot atau keranjang gantung yang cukup besar, karena batangnya yang tebal dapat tumbuh hingga sepanjang 91 sentimeter.

7. African Milk Tree Cactus

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang BerbungaPinterest/archify

African Milk Tree Cactus sangat mudah untuk dirawat, hingga membuat setiap pencinta tanaman merasa seperti seorang ahli. Kaktus ini dikenal juga sebagai tumbuhan katedral dan bisa tumbuh hingga 2,4 meter. Namun proses tumbuhnya sangat lamban. Jika ditaruh di dalam ruangan, African Milk Tree Cactus tak akan tumbuh lebih dari 120an sentimeter.

Kaktus ini memiliki daun di antara duri pada batangnya, dan jika menanam varietas Rubra maka daunnya akan berwarna ungu kemerahan. African Milk Tree Cactus bisa ditempatkan dengan pencahayaan penuh oleh matahari atau hanya sebagian saja. Penyiramannya pun hanya dua kali setiap bulan.

8. Christmas Cactus

Rekomendasi 8 Jenis Kaktus Indoor, Mudah Dirawat dan Ada yang Berbungapinterest/Hunker

Christmas Cactus berasal dari hutan hujan Brazil yang memiliki wajah unik, serta berbeda dari varietas tumbuhan kaktus pada umumnya. Dengan potongan daun yang halus, dan duri bulat yang tak terlalu tajam, tanaman ini cukup aman ditaruh di rumah yang ditinggali oleh anak-anak.

Christmas Cactus membutuhkan pencahayaan matahari tak langsung dan irigasi sedang yang baik. Tumbuhan ini juga bisa menghasilkan bunga berbentuk tabung dengan aneka warna seperti merah, pink, oranye, atau putih.

Letakkan kaktus ini di area cahaya matahari menyebar dan tak terlalu menyorot langsung. Selain itu, siram secara berkala dan biarkan media tanam mengering di antara waktu penyiraman.

Itulah delapan tumbuhan kaktus yang bisa dijadikan referensi tanaman di dalam rumah. Selain mempercantik ruangan, memelihara tanaman seperti kaktus bisa dijadikan distraction dari beberapa hal. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 DIY Hiasan Ruangan Berbentuk Kaktus, Bikin Kamar Kos Estetis Nih!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya